Alat teknologi transportasi berteknologi canggih

Semakin berjalannya waktu, teknologi yang dapat diciptakan manusia semakin berkembang, dengan menggunakan teknologi, manusia dapat menciptakan alat transportasi yang lebih cepat, lebih praktis, dan lebih ramah lingkungan. Contohnya dengan teknologi, manusia bisa membuat pesawat terbang yang bisa menghemat waktu (lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan pesawat yang lain). Manusia juga bisa menciptakan mobil listrik yang menggunakan listrik sehingga lebih ramah lingkungan. Berikut ini adalah alat transportasi berteknologi canggih yang sudah diciptakan oleh manusia dan akan semakin berkembang. 

1.      Double Round Skate

Pernahkah kamu menaiki skateboard? Skatebord biasanya hanya memiliki satu papan, tapi alat ini memiliki dua alat yang berbentuk bulat dan titaruh di kaki. Diameter dari alat ini adalah 25 cm dan memiliki 2 roda. Menurut orang yang sudah menggunakan alat ini, alat ini nyaman untuk di pakai. 

2.      Hendo hoverboard

Pernahkan kamu melihat film fiksi tentang skateboard yang melayang-layang di udara. Ternyata hal ini sudah diciptakan di dunia nyata. Hendo hoverboard adalah skateboard yang bisa melayang-layang di udara sekian centimeter. Kenapa bisa melayang? Karena ternyata di Hendo hoverboard terdapat medan magnet yang saling tolak menolak. Tapi sayangnya, lantai agar papan ini bisa digunakan harus terbuat dari tembaga, jika bukan tembaga maka hoverboard tidak bisa digunakan. 

3.      One Wheel Electrick Skateboard



Kendaraan ini memang bentuknya mirip dengan skateboard pada umumnya. Tapi skateboard ini memiliki roda satu di tengahnya. One Wheel ini berjalan dengan menggunakan tenaga listrik. Tentunya dengan hanya memiliki satu roda akan lebih sulit untuk mengendarai skateboard ini jika dibandingkan dengan menggunakan skateboard biasa yang memiliki roda banyak. Alat ini dapat berjalan secepat 19 km/jam. Alat ini bisa dicas seperti handphone.

4. Aeyo

Alat olah raga ini bukanlah sepeda, bukan skuter dan bukan sepatu roda, tapi ini adalah gabungan dari ketiganya. Bentuknya memang mirip dengan sepeda, tapi untuk menggunakan alat ini bukan dengan dikayuh, tapi dengan cara yang mirip dengan sepatu roda.


5. Half Bike

Ingin mencoba sepeda jenis baru? Cobalah untuk menggunakan Half Bike. Alat ini sama seperti sepeda pada umumnya (dikayuh) tapi sepeda ini tidak digunakan dengan duduk tapi dengan berdiri. Alat ini memiliki roda besar di depan dan dua roda kecil di belakang. Untuk dapat mengkontrol gerakannya kamu harus mengerakkan badan ke kanan dan ke kiri. Kelebihan alat ini adalah alat ini dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana saja. Harga dari Half Bike adalah sekitar 4 jutaan. Half bike tidak cocok digunakan untuk bersepeda dengan menempuh jarak yang jauh karena harus berdiri.


6. Suitcase Scooter

Sekarang tidak perlu lagi capek berjalan kaki ketika berada di bandara penerbangan. Dengan menggunakan koper ini anda bisa menaikinya dan kemudian mengendarinya layaknya skuter (dengan kecepatan rendah). Alat ini mempunyai tempat duduk yang empuk. Koper ini bisa masuk kebagasi karena sudah memenuhi syarat untuk masuk ke bagasi.

7. Segway

Segway adalah sebuah kendaraan yang menggunakan listrik yang digunakan dengan cara menyeimbangakan tubuh dengan alat beroda dua. Alat ini diciptakan oleh Dean Kamen dan di pamerkan pada tanggal 3 Desember 2001 di Bryant Park dalam acara Good Morning America. Alat ini sekarang sudah mempunyai banyak variasi, bahkan sudah ada Segway yang bentuknya seperti bom-bom car. Segway sudah ada yang memasarkan di Indonesia, jika anda mencari di google, maka anda akan menemukan website yang menjual alat ini. 

8.      Aero-x


Alat ini mempunyai dua buah baling-baling di sebelah kanan dan kirinya (mirip dengan drone). Alat ini bisa membuat penumpang melayang di atas udara. Penumpang yang bisa diangkut oleh alat ini sekitar 2 orang. Alat ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan diantaranya untuk bidang milter, bencana alam, bahkan untuk berternak. 

9.      Jetpack.


Pernah nonton film kick ass? Ada salah satu pemeran di sana, yang di akhir filmnya menggunakan Jetpack. Mungkin banyak film fiksi yang memasukkan Jetpack ke dalam naskahnya, hal tersebut wajar karena Jetpack memang terlihat keren. Tapi ternyata para ilmuwan berhasil membuat Jetpack sesungguhnya di dunia nyata. Setelah melakukan pengujian selama 35 tahun masa pengujian pengembangannya. Martin Jetpack akhirnya di jual ke masyarakat. Jetpack ini adalah Jetpack pertama yang dijual ke masyarakat. Jetpack ini dapat terbang selama 30 menit. Pada saat ini, Jetpack ini digunakan untuk pemadam kebakaran dan untuk aksi penyelamatan lainnya. Harga Jetpack ini adalah 2,6 miliar per Jetpack. 

10.  Mobil terbang.


Dulu mobil terbang dianggap fiksi oleh orang-orang, sekarang mobil terbang sudah mulai dikembangkan oleh para ilmuwan. Sebuah mobil diciptakan dengan sejarah yang panjang, puluhan tahun. Begitu juga dengan mobil terbang. Mobil terbang membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan mobil terbang yang mempunyai kwalitas yang bagus dan murah, mungkin sampai puluhan tahun.

Meski untuk dapat menciptakan mobil terbang yang murah untuk masyarakat membutuhkan waktu yang lama, mobil terbang sudah dikembangkan oleh Zhejiang Geely Holding Group dan diberi brand Terrafugia. Mobil terbang ini dapat dipakai oleh dua penumpang. Mobil ini menggunakan mesin bensin 4 silinder dengan turbocharger dan bisa membawa terbang dengan kecepatan setara 160 km/jam sejauh 640 km di ketinggian 10.000 kaki. Sekarang mobil terbang Terrafugia sudah bisa dibeli pada tahun 2019 dengan harga 279.000 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 4 miliar, harga ini masih sangat mahal untuk perorangan. 

11.  Mobil tanpa pengemudi


Mobil tanpa pengebudi sudah bisa kita saksikan di berbagai video YouTube. Banyak channel YouTube yang sudah meliput tentang mobil tanpa pengemudi ini. Mobil tanpa pengemudi ini akan sangat bermanfaat untuk orang yang malas menyetir atau orang yang tidak bisa menyetir. Dengan menggunakan mobil tanpa pengemudi ini, penumpang cukup duduk manis tanpa harus repot dengan urusan berkendara. Rencananya mobil ini akan digunakan secara komersial pada tahun 2020. Apalagi ketika teknologi pilot parking sudah terealisasi pada saat ini. Teknologi mobil tanpa pengemudi kemungkinan besar akan terealisasi.

Teknologi pilot parking (parkir tanpa menggunakan sopir atau tanpa memegang kemudi) sudah ada dan sudah diproduksi masal. Tapi teknologi ini masih menimbulkan pro dan kontra karena teknologi parkir secara otomatis ini dianggap berbahaya karena tidak menggunakan tenaga manusia.

12.  Mobil listrik

Mobil listrik sekarang sudah mulai digunakan oleh masayarakat Indonesia. Mobil ini sudah digunakan oleh salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia sebagai peralatan transportasi di dalam perumahan di lingkungan Perguruan Tinggi tersebut. Alat pembayarannya tidak menggunakan uang kertas dan uang koin, tapi menggunakan uang elektronik (berbentuk kartu). Mobil ini menjadi pro dan kontrak di lingkunan Perguruan Tinggi karena berbenturan dengan tukang ojek. Tukang ojek di daerah sana tidak terima jika semua ojek di lingkungan perguruan tinggi tersebut digantikan dengan angkutan mobil listrik. Tapi masalah tersebut sudah diselesaikan oleh pihak perguruan tinggi tersebut.





Scroll To Top