Anda pencinta gaming? Berikut laptop gaming rekomendasi penulis


Apakah Anda suka bermain game? Jika jawabannya iya maka pernahkah Anda berfikir untuk membeli laptop khusus untuk gaming? Jika ya maka Anda harus mempertimbang banyak hal terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membeli leptop gaming.

Mengapa membeli laptop? Kenapa tidak membeli console saja? Itulah pikiran yang mungkin terlintas di pikiran beberapa orang. Jawabannya adalah bahwa console memiliki beberapa kekurangan yang tidak dimiliki oleh komputer ataupun​ leptop. Leptop gaming dapat digunakan untuk bekerja. Sedangkan console tidak bisa digunakan untuk bekerja dan melakukan pekerjaan lain. Itu adalah salah satu alasan mengapa para gamer lebih memilih laptop dari pada membeli console. Jika kalian ingin membeli laptop dengan tujuan hanya untuk bermain saja dan tidak peduli dengan pekerjaan lain, maka silahkan untuk membeli console. Selain itu menggunakan console juga harus memiliki televisi untuk dapat bermain, kalau tidak memiliki televisi maka console yang kita beli tidak bisa kita gunakan. Selain itu untuk bermain online, menggunakan laptop ataupun komputer lebih asik dibandingkan dengan menggunakan console.

Lalu pertanyaannya bagaimana caranya membeli laptop gaming yang bagus? Produsen banyak mengeluarkan laptop gaming dengan berbagai tipe dan juga seri. Menentukan leptop terbaik yang bisa Anda pilih, bisa dari game apa yang Anda ingin mainkan dan juga dari fungsi lain dari laptop yang sudah Anda beli. 

Pilihlah Graphic board terlebih dahulu dalam memilih laptop gaming. Graphic board merupakan bagian terpenting dari laptop gaming. Jika kalian membeli sebuah game lalu kalian menginstalnya sedangkan game yang kalian itu memiliki grafis yang tinggi, namun ternyata Graphic board Anda spesifikasinya kurang maka tampilan dari game yang Anda mainkan akan jelek. Sehingga akan mengurangi kenikmatan dalam bermain sebuah game. Ada beberapa Graphic board yang bisa Anda pilih, yaitu NVIDIA dan AMD. Pilihlah laptop gaming dengan Graphic board NVIDIA. Graphic board NVIDIA jarang mengalami malfungsi, selain itu Graphic board NVIDIA juga banyak direkomendasikan dibandingkan dengan Graphic board AMD. NVIDIA versi terbaru adalah NVIDIA GeForce GTX 10, tetapi hanya dengan menggunakan NVIDIA GeForce GTX 850 Anda bisa memainkan game​ dengan resolusi yang tinggi.

Jika kalian ingin memainkan game laptop dengan kwalitas grafis yang bagus, maka jangan melupakan resolusi pada LCD. Resolusi pada LCD juga berpengaruh kepada grafis game. Karena ukuran layar laptop yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer PC maka resolusi dari laptop otomatis lebih kecil pula, tapi seiring dengan perkembangan teknologi saat ini resolusi laptop semakin besar. Misalanya kita membeli sebuah game yang membutuhkan resolusi 1920 x 1080 HD, jika kita memiliki laptop dengan spesifikasi 2560 x 1440 tentunya grafis yang akan dihasilkan akan lebih tajam.

Kelebihan dari menggunakan komputer PC adalah anda bisa menambah hardware untuk meningkatkan kinerja dari sebuah komputer. Lalu jika kita menggunakan laptop gaming apakah kita bisa meningkatkan kemampuan dari laptop yang kita beli? Jawabannya sebenernya bisa, kalau bisa kita harus membeli laptop yang sudah memiliki porta yang banyak. Kalau porta sedikit kita harus menambah porta yang akan mengakibatkan banyaknya kabel yang berceceran. Belilah laptop gaming yang sudah memiliki porta HDMI.

1. Acer Aspire E5 475G
Laptop ini merupakan laptop gaming pilihan yang tepat untuk Anda jika Anda memiliki budget yang terbatas. Laptop ini bisa Anda dapatkan dengan harga hanya sekitar enam juta rupiah saja. Walaupun laptop ini merupakan laptop gaming yang ekonomis, laptop gaming ini merupakan laptop gaming yang bisa dibilang baik.

Acer Aspire E5 475G ini memiliki layar 14 inchi, selain untuk gaming, laptop ini juga cocok untuk bisnis dan untuk multimedia sederhana. Laptop ini memiliki desain yang menarik. Acer Aspire  E5 475G ini memiliki Graphic board GeForce 940MX yang dapat memainkan game dengan baik, namun untuk game keluaran sekarang, grafik yang akan dihasilkan oleh leptop ini akan kurang maksimal.

2. HP Pavilion Gaming 15-AK032TX

Laptop ini merupakan laptop keluaran dari vendor HP yang disukai masyarakat karena harga leptop keluarannya tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah, selain itu juga karena produknya bandel dan juga awet. Jika anda ingin membeli laptop HP yang berkualitas, maka laptop HP Pavilion Gaming 15-AK032TX bisa menjadi pilihan.

Spesifikasi laptop ini juga terbilang dewa. Dengan menggunakan laptop ini, kalian dapat memainkan game 3D dengan grafis yang lebih mulus. Hal ini dikarenakan HP Pavilion Gaming 15-AK032TX menggunakan Graphic board NVIDIA GeForce GTX 950M 4 GB DDR3 dan juga prosesor Intel Core i7-6700HQ berkecepatan 2.6 GHz up to 3.5 GHz. Produk ini memiliki RAM yang besar 8GB, dan juga 1 TB HDD. Dengan menggunakan laptop ini bermain game 3D akan lebih bebas dari yang namanya lag atau not responding.

Laptop ini sendiri bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar 11 juta rupiah. Namun, laptop ini adalah laptop keluaran lama yang menyebabkan laptop ini jarang di pasaran. Untuk yang tertarik membeli laptop ini bisa didapatkan di toko online ataupun dari marketplace. 

3. Lenovo Legion Y520

Lenovo Legion Y520 memiliki desain serba hitam dan memiliki sentuhan warna merah di belakang mesin. Berat dari laptop Lenovo Legion Y520 ini cukup bisa dikatakan ringan untuk ukuran laptop gaming high-end, yaitu 2,4 kg. Selain itu laptop ini bisa dikatakan laptop yang ramping, laptop ini mempunyai ketebalan 2,58 cm. Laptop ini mempunyai layar IPS Full HD 1920 x 1080, ukuran ini tidak terlalu besar untuk ukuran laptop dan tidak terlalu kecil untuk memainkan sebuah game. Suara yang dihasilkan oleh laptop ini sangat bagus dan menggelengar. Laptop ini menggunakan processor Intel Core i7-7700HQ, Graphic board NVIDIA GTX 1050 4GB VRAM, menjadikan​ laptop ini merupakan laptop dengan spesifikasi yang dewa.

4. Asus ROG Strix GL 753VD

Sebenernya dengan menggunakan RAM 4GB saja sudah bagus untuk memainkan game walaupun hasilnya kurang maximal, tetapi dengan menggunakan RAM diatas 4GB tentunya akan membuat kita bisa bermain semua permainan dengan sangat lancar. Asus ROG Strix GL 753VD mempunyai keunggulan kapasitas RAM yang sangat besar, kapasitas RAM nya sekitar 16GB, kapasitas RAM yang besar untuk sebuah leptop.  Laptop Asus ini menggunakan Intel® Core™ i7 7700HQ Processor, Intel® Core™ i5 7300HQ Processor, dan Graphic board NVIDIA GeForce GTX 1050 , with 2GB/4GB GDDR5 VRAM. Asus ROG Strix GL 753VD memiliki resolusi 1920×1080 piksel.

Asus ROG GL753VD memiliki banyak port, jadi kita tidak perlu menambahkan port lagi, meski begitu tidak ada highlights dan tata letak di depan sisi.

5. MSI GE62VR 7RF Camo Squad Limited Edition

Jika Anda menginginkan untuk memiliki desain yang menarik, maka leptop ini bisa Anda beli. Laptop ini memiliki corak yang berbeda dari pada laptop pada umumnya, laptop ini memiliki corak camouflage yang limited edition. Tanpa melihat spesifikasi dan hanya melihat corak dari leptop ini saja, laptop ini sudah terlihat keren.

Laptop ini memiliki prosesor Intel Core i7-7700HQ berkecepatan hingga 3.8 GHz. Selain itu Graphic board dari laptop ini adalah NVIDIA Geforce GTX 1050Ti DDR5, dengan Graphic board ini, kita bisa memainkan game-game dengan mulus tanpa lag. Selain itu teknologi ini menggunakan teknologi baru yaitu virtual reality.

Scroll To Top