Apakah sistem operasi Linux akan menjadi populer di masa akan datang?




Sudah sekitar 27 tahun sistem operasi Linux hadir ditengah kita. Sudah banyak distro yang sudah dikeluarkan dan dikembangkan oleh orang-orang. Namun untuk saat ini sistem operasi Linux masih tidak bisa menyayangi sistem operasi Windows. Apakah sistem operasi Linux di masa depan akan bisa sama, sejajar atau bahkan melebihi sistem operasi Windows? Sepertinya sulit.

Adakah di sini yang belum pernah mendengar sistem operasi Linux? Mungkin saja ada karena sistem operasi yang populer di dunia ini adalah Windows dan machintos (MacBook) tapi tahukah Anda jika sebenarnya sistem operasi Linux digunakan oleh 498 dari 500 super komputer tercepat di dunia?  Ini artinya sistem operasi Linux sangat bagus dalam beberapa hal. Meskipun demikian sistem operasi Linux masih tidak bisa mengalahkan sistem operasi Windows karena sistem operasi Windows sudah melekat dalam diri masyarakat orang Indonesia.

Sistem operasi Linux mempunyai kelebihan yaitu open source dimana sistem operasi ini gratis dan bisa atau boleh dikembangkan oleh siapa pun. Tentunya hal ini mempunyai kelebihan tersendiri khususnya untuk orang IT. Dengan menggunakan Linux komputer kita akan menjadi lebih kebal virus dan malware dibandingkan jika kita menggunakan sistem operasi Windows. Jadi dengan menggunakan Linux tidak perlu untuk menginstal lagi anti virus.

Sebenernya jika Linux menjadi sistem operasi yang populer (banyak digunakan oleh orang-orang) ini akan menjadikan kelebihan yang dimiliki oleh Linux akan berkurang. Contohnya​ adalah kekebalan virus yang dimiliki oleh sistem operasi Linux akan berkurang jika sistem operasi Linux populer. Penyebab sistem operasi Linux kebal dari virus adalah karena para pembuat virus merasa tidak perlu untuk membuat virus yang jarang digunakan oleh orang (kurang populer) dan karena sistem operasi Linux yang open source (sehingga mudah di modifikasi oleh orang lain).

Memang untuk menggunakan software asli membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena untuk membeli lisensi software harganya tidak murah atau bisa dibilang mahal, dan juga menggunakan lisensi software asli hanya bisa digunakan untuk satu PC saja dan tidak bisa diinstal PC lain jika sudah diinstal sudah digunakan. Hal ini yang mendorong orang-orang untuk mulai menggunakan sistem operasi Linux (walaupun sebenarnya banyak orang yang lebih memilih menggunakan Windows bajakan daripada harus menggunakan sistem operasi Linux).

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa menggunakan sistem operasi Linux bisa menjadi solusi untuk mengatasi sistem operasi Windows bajakan, tapi sistem operasi Linux mempunyai user experience dan tampilan yang berbeda dengan sistem operasi Windows. Sehingga banyak orang yang tidak familiar menggunakan sistem operasi Linux (tidak bisa menggunakan sistem operasi Linux) akhirnya mereka lebih memilih menggunakan sistem operasi Windows bajakan.

Untuk menggunakan sistem operasi Linux tidak mudah. Karena sistem operasi Linux memiliki banyak distro yang kesemuanya memiliki perbedaan dari sisi tampilan dan lain sebagainya. Software seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan yang lain sebagainya juga tidak ada di sistem operasi Linux (untuk mengetik menggunakan software mirip Microsoft Word tapi lebih sulit digunakan). Walaupun sebenarnya software-software yang berada di Windows bisa di install di Linux dengan menggunakan software tambahan seperti wine, tapi untuk bisa menggunakannya membutuhkan pengetahuan / harus belajar terlebih dahulu. 

Hal ini yang menyebabkan sistem operasi Linux kurang begitu populer untuk perkantoran. Bayangkan jika kita diberi deadline oleh Bos kita, tentunya kita harus mengerjakannya dengan cepat dan tepat. Bagaimana caranya kita mengerjakan pekerjaan itu dengan cepat jika kita harus mempelajari terlebih dahulu sistem operasi Linux. Oleh karena itu menggunakan sistem operasi Linux bagi orang yang awam tentang sistem operasi Linux bukanlah pilihan yang tepat. Menggunakan sistem operasi Linux tepat jika orang tersebut memang sudah mahir menggunakannya.

Ada distro Linux yang mempunyai kemiripan (hampir mirip) dengan Windows. Contohnya adalah linuxmint. Linux mint lebih mudah digunakan daripada Linux Ubuntu. Karena linuxmint mempunyai kemiripan dengan Windows (Walaupun ada beberapa hal yang berbeda). Hal ini yang menyebabkan Distro Linux mint menjadi distro yang direkomendasikan untuk pemula yang ingin mendalami sistem operasi Linux. Walaupun linux mint merupakan Linux yang termudah dibandingkan dengan distro yang lain, tapi ada beberapa hal yang sulit untuk orang awam diantaranya adalah untuk melakukan upgrade Linux mint tidak sederhana. Anda diharuskan menginstal ulang Keseluruhan sistem operasi linux mint daripada melakukan update.

Di dalam suatu ajaran agama, kita diharuskan untuk tidak merugikan orang lain. Pembajakan adalah suatu hal yang merugikan orang lain. Sehingga diwajibkan untuk tidak melakukan pembajakan. Hal ini menjadi dilema untuk sebagian orang. Di satu sisi ingin menjalankan perintah agama, tapi di sisi yang lain sulit untuk tidak menggunakan barang bajakan (terutama sistem operasi). Untuk orang-orang yang memiliki iman baja, tentunya sebesar apapun kesulitan yang dihadapi dia akan tetap berusaha melaksanakannya​. Tapi tidak semua orang memiliki iman baja kan?

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan manfaat dari sistem operasi Windows tanpa membeli yang bajakan? Sebenarnya caranya mudah, ketika kita membeli sebuah leptop, maka secara otomatis sudah terinstall sistem operasi Windows original. Dengan kata lain kita tidak perlu pusing lagi dengan masalah sistem operasi. Hal ini yang menyebabkan sistem operasi Linux menjadi tidak begitu populer.

Zaman dulu pernah ada isu kalau orang yang menggunakan Windows bajakan akan di tuntut. Sehingga para pemilik warnet ada beberapa yang menggunakan sistem operasi Linux. Ternyata kabar tersebut adalah hoax. Pihak Windows tidak menuntut para pemilik warnet. Sehingga sekarang pemilik warnet hampir semuanya menggunakan Windows bajakan.

Selain itu banyak peralatan hardware yang tidak support dengan sistem operasi Linux. Seperti beberapa peralatan hardware yang hanya menyediakan driver untuk sistem operasi Windows dan sistem operasi Macintosh, sedangkan untuk pengguna Linux tidak disediakan drivernya. Hal ini menjadi kendala tersendiri untuk orang yang sudah membeli sebuah peralatan hardware, tapi dia menggunakan sistem operasi Linux (sedangkan drivernya tidak ada pilihan untuk diinstal di Linux).

Menggunakan sistem operasi Windows maupun menggunakan sistem operasi Linux adalah pilihan dari user, kita berhak untuk memilih sistem operasi yang kita senangi. Jika kalian merasa bosan dengan sistem operasi Windows dan ingin mencoba sesuatu yang baru anda silahkan untuk menggunakan sistem operasi Linux. Anda tidak perlu menghapus semua sistem operasi Windows dan menggantikannya dengan sistem operasi Linux. Sebenarnya Anda bisa menginstal sistem operasi Windows dan sistem operasi Linux secara bersamaan dalam satu komputer, tetapi hal tersebut harus dilakukan dengan hati-hati karena jika misalnya melakukan kesalahan maka data-data penting Windows akan bisa hilang. Tetapi jika kalian sudah cukup yakin bahwa kalian bisa menginstall sistem operasi Linux maka silahkan saja untuk menginstall nya.
Scroll To Top