Apakah teknologi akan selalu bermanfaat untuk manusia?




Pada zaman sekarang rasanya sulit untuk menghindari penggunaan dari gadget seperti handphone dan laptop. Banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa handphone dalam waktu yang lama kecuali jika terpaksa. Ketika anda tidak bisa menggunakan handphone dalam waktu satu minggu saja rasanya tidak enak. Hal ini terjadi karena manusia sudah dimanjakan oleh teknologi.

Di dalam handphone pun sekarang terdapat berbagai macam aplikasi, baik itu aplikasi hiburan ataupun aplikasi untuk membantu menunjang pekerjaan kita. Salah satu aplikasi handphone yang populer di Indonesia adalah WhatsApp. Aplikasi WhatsApp digemari oleh masyarakat Indonesia karena masyarakat bisa berkomunikasi baik dengan teks atau dengan suara (bahkan dengan video) tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bayangkan dengan teknologi zaman dulu yaitu telepon dan SMS, ketika kita sering-sering SMS atau telepon tentunya akan mengeluarkan banyak biaya pulsa bukan? Dengan menggunakan WhatsApp biaya untuk saling berkomunikasi menjadi sedikit. Selain dari WhatsApp ada juga aplikasi yang bernama Facebook. 

Facebook adalah salah satu media sosial yang populer di Indonesia. Dengan menggunakan media sosial Facebook pergaulan menjadi lebih mudah karena tidak perlu lagi tatap muka, tetapi dengan adanya media sosial yang berkembang saat ini menyebabkan manusia menjadi tidak produktif seperti sebelum media sosial tersebut ada. Manusia yang sudah kecanduan menggunakan media sosial akan merasa tidak enak jika tidak menggunakannya. Media sosial juga menyebabkan privasi menjadi berkurang, banyak orang yang menceritakan kisah hidupnya di Facebook, padahal itu adalah kisah hidupnya yang pribadi. Banyak juga orang yang tidak bisa menjaga omongannya, sehingga berakhir di penjara. Itu semua adalah efek negatif dari media sosial.

Teknologi sendiri itu mempunyai pengertian cara untuk melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan menggunakan akal dan alat. Teknologi memiliki sejarah yang panjang, dimulai dari manusia prasejarah yang membuat api sampai dengan manusia modern yang bisa membuat nuklir. Aku tapi yang menjadi pertanyaan adalah apa teknologi itu pasti akan selalu bermanfaat untuk manusia?

Seperti yang kita ketahui penggunaan internet akan memudahkan kita untuk mendapatkan informasi yang cepat walaupun informasi tersebut dari jauh (misalkan di luar kota atau bahkan luar negeri). Tetapi dikarenakan zaman sekarang mudah untuk membuat website maupun blog bahkan tanpa menggunakan biaya, itu menyebabkan semua orang bisa menuliskan​ artikel di internet. Ketika Semua orang bisa menulis di internet maka kita harus jeli dengan kebenaran berita tersebut dengan memastikan sumbernya. Karena bisa saja orang tersebut memasukkan informasi palsu atau hoax ke internet. Internet juga bisa memudahkan kita untuk berkomunikasi jarak jauh baik dengan teman dan keluarga dengan menggunakan media handphone ataupun dengan menggunakan media komputer atau laptop. Tapi hal ini juga menyebabkan seseorang malas untuk bertatap muka atau bertemu langsung untuk saling berinteraksi. 

Dengan menggunakan internet pun kita akan dengan mudah mendapatkan layanan dari bank, jika dulu kita melakukan pengecekan perbankan melalui teller atau melalui mesin ATM, sekarang dengan menggunakan internet banking kita bisa melakukan pengecekan saldo dan juga melakukan transaksi melalui handphone dan komputer. Sisi negatif dari penggunaan internet banking adalah kemungkinan akun kita di hack atau dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa kasus dimana para nasabah kehilangan beberapa  uang di rekeningnya. Oleh karena itu jika kita menggunakan internet banking maka kita harus lebih hati-hati lagi.

Teknologi di zaman sekarang memudahkan seseorang untuk membeli apa saja dari internet, hal ini memudahkan orang dalam berbelanja. Tetapi sisi negatif dari toko online dan marketplace yang semakin berkembang dan semakin laju adalah toko-toko konvensional atau mall-mall akan mengalami kerugian karena kurangnya pendapat dan karena konsumen lebih memilih untuk belanja di toko online dan marketplace dibandingkan belanja di mall-mall karena lebih praktis. Bahkan sekarang muncul teknologi ojek online yang memudahkan seseorang memanggil kendaraan ojek dengan mudah dan tanpa harus bersusah payah, tapi ini juga merugikan ojek-ojek konvensional yang hanya menggunakan kendaraan motor saja.

Teknologi yang semakin berkembang saat ini juga akan membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat, terutama dalam bidang teknik informatika atau teknologi informasi. Munculnya teknologi fiber optic baru-baru ini sudah jelas memberikan lapangan pekerjaan baru untuk para pekerja spesialis jaringan komputer. Tetapi persaingan semakin tinggi, para pekerja yang tidak mengembangkan keahliannya atau tidak memiliki keahlian, akan tergilas dengan para pekerja yang mengembangkan keahliannya atau memiliki keahlian. Hal ini akan menyebabkan pengangguran bagi para pekerja yang tidak kompeten. Hal ini tentu saja akan menjadi sebuah masalah. Selain itu muncul juga sebuah kekhawatiran, akankah sebuah teknologi komputer akan menggantikan pekerjaan manusia? Mengingat dulu ada yang namanya revolusi industri di mana pabrik-pabrik menggunakan mesin untuk menggantikan tenaga manusia, hal ini mungkin saja akan berlaku juga untuk komputer yang akan menggantikan tenaga manusia di masa yang akan datang.

Dengan menggunakan teknologi kita bisa mencari pengetahuan dari internet, pengetahuan tidak hanya kita dapat dari buku saja, kita bisa mencari e-book yang kualitasnya hampir sama dengan buku. Video tutorial atau video dokumenter bisa diperoleh dengan mudah di YouTube dan itu gratis. Metode pembelajaran pun menjadi lebih mudah karena muncul metode baru itu metode pembelajaran online, siswa tidak perlu hadir dalam kelas tapi siswa hanya cukup menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berada di website tersebut. Memang sisi positifnya menjadi lebih praktis dan lebih mudah untuk guru dan siswa, tapi bagaimana jika siswa-siswa tersebut mencontek dari buku? Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena tidak ada pengawas yang mengawasi siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

Saya jadi ingat pemilihan umum di Amerika Serikat dilakukan dengan teknologi komputer hal itu memang positif tapi jika menggunakan teknologi komputer maka hasil suara tersebut kemungkinan untuk dimanipulasi lebih besar. 

Melihat bukan hanya sisi positif saja yang bisa didapat dari penggunaan teknologi, ada beberapa sekolah yang tidak memperbolehkan siswanya untuk menggunakan handphone, contohnya di pesantren-pesantren. Saya ingin bercerita tentang teman saya. Teman saya ada yang sekolah di pesantren dan dia tidak boleh menggunakan handphone sama sekali di pesantren. Hal itu dikarenakan handphone dapat mengganggu siswa dalam belajar. Barangsiapa yang tertangkap tangan menggunakan handphone di dalam pesantren maka handphone tersebut akan dibanting. 

Teman saya pernah cerita bahwa temannya dia pernah kerusak handphonenya akibat dibanting oleh gurunya karena ketahuan membawa handphone di pesantren. Padahal handphone yang dibawa oleh siswa itu adalah salah satu jenis handphone yang mahal yang harganya sekitar 5 - 6 juta. Jika siswa yang berada di dalam pesantren itu Ingin berkomunikasi dengan keluarganya, siswa tersebut bisa meminjam telepon milik pesantren itu. 

Dikarenakan di pesantren tidak boleh menggunakan handphone atau membawa handphone maka di pesantren untuk sebagian orang itu berat, karena handphone itu sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Tapi kalau dipikir lebih dalam lagi, peraturan dari pesantren tersebut sudah benar karena bagaimanapun juga pasti ada sisi negatif dari teknologi atau pasti ada sisi negatif dari handphone.

Scroll To Top