Beberapa penyalahgunaan komputer di masyarakat dunia


Zaman sekarang sudah banyak orang yang menggunakan teknologi baik teknologi komputer, laptop, ataupun handphone. Bahkan handphone pun sekarang sudah mulai menggantikan teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer dan handphone bermanfaat untuk manusia, tetapi teknologi itu juga memberikan masalah baru yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa penyalahgunaan komputer yang marak di dunia.

1. Penyalahgunaan media sosial.


Dengan adanya media sosial kita bisa saling berkomunikasi dengan mudah tanpa harus bertatap muka, tapi akan timbul berbagai macam masalah.

Privasi semakin kecil bahkan privasi sudah hilang. Ketika sudah ditemukannya media sosial seperti Facebook dan Twitter, banyak dari masyarakat Indonesia yang menceritakan masalah rumah tangganya yang seharusnya tidak di umbar. Padahal menceritakan urusan rumah tangga tidak ada gunanya. Menceritakan urusan rumah tangga ke orang lain hanya membuat orang lain yang tidak ada hubungannya dengan kita menjadi tahu masalah rumah tangga kita, dan ini tidak baik. Sebelum ada media sosial seperti Facebook dan Twitter, hal seperti ini sedikit bahkan tidak ada.

Media sosial seperti Facebook dan Twitter pun membuat banyak orang gerabah menuliskan status dan cuitannya tanpa dipikirkan akibatnya, seperti menulis tentang bullying atau penghinaan. Meskipun orang tersebut update status dan melakukan cuitan di media sosial dengan menggunakan akun palsu, tapi polisi dari tim cyber bisa melacak nya, hal itu bisa membuat kita menjadi tersangka dan kita bisa dipenjara hanya karena masalah sepele.

Kabar hoax juga semakin banyak setelah munculnya media sosial seperti Facebook dan Twitter, bahkan sampai hari ini kabar hoax masih bisa ditemukan. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak melakukan pengecekan sumber berita secara teliti dan untuk mengecek apakah berita tersebut hoax atau tidak, itu cukup sulit karena semua orang bisa menulis di media sosial seperti Facebook dan Twitter.

2. Penipuan di Internet.

Zaman internet yang semakin maju sekarang membuat penipuan semakin banyak. Banyak orang yang akhirnya takut berbelanja online dikarenakan ketidak tahuannya terhadap aman atau tidaknya barang yang dibelinya. Banyak juga orang yang sekarang tertipu jutaan sampai ratusan juta karena kurang teliti, waspada dan juga kurang wawasan tentang informasi penipuan di Internet. Mereka ditipu berbagai macam jenis penipuan jual beli di Internet seperti pakaian, elektronik, dll. Bahkan ada rekber atau rekening bersama yang dulunya​ terpercaya sekarang malah melakukan tindakan penipuan. Rekber itu menipu jutaan sampai puluhan juta rupiah. Tapi sekarang rekber ini sudah ditangani oleh pihak kepolisian. Jadi untuk menghindari penipuan di Internet, bisa dilakukan dengan banyak berdoa, lebih waspada dan lebih menambah wawasan kita tentang modus-modus penipuan di Internet.

Banyak juga orang-orang yang​ membeli suatu produk di Internet ternyata apa yang di foto berbeda dengan aslinya. Apakah ini termasuk penipuan? Tergantung masyarakat yang menilainya. Ada masyarakat yang mengatakan bahwa ini penipuan, tapi ada juga masyarakat yang menilai ini adalah hal yang wajar. Hal ini bisa dikarenakan dua faktor, yang pertama karena kita kurang teliti melihat deskripsi atau penjelasan yang telah ditulis di kolom deskripsi, yang kedua karena memang produk yang di jual oleh penjual adalah produk yang aslinya berbeda dengan fotonya. Memang susah untuk membeli produk yang tampilan aslinya sama dengan atau persis dengan tampilan fotonya, apalagi jika produk yang kita beli itu adalah pakaian. Banyak orang yang mengaku, foto yang ada di toko online berbeda dengan yang tampilan barang yang sudah dua terima. Karena banyak testimoni yang mengatakan bahwa barang yang di terima berbeda dengan aslinya, maka banyak dari masyarakat yang justru memilih untuk membeli pakaian langsung ke toko konvensional.

Dulu waktu saya masih SMA, teman saya pernah di hack akun Facebook-nya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau hanya di hack saja masih mending, tiba-tiba orang yang membajak akun facebooknya teman saya itu memposting produk (menjual produk). Teman saya kaget ketika dia membuka akun Facebooknya, dia langsung mengupdate status Facebooknya mengatakan bahwa dia tidak menjual barang apapun di Internet. Hal ini bahaya, karena jika ada orang yang membeli barang dari akun Facebook teman saya yang dihack tersebut ternyata melakukan penipuan, maka orang-orang​ akan mengejar teman saya karena dianggap yang melakukan penipuan adalah teman saya, padahal teman saya tidak bersalah apa-apa.

Jika ada sebuah pertanyaan seperti ini, "kok bisa website facebook saya di bajak?" Salah satu caranya adalah dengan menggunakan website siluman atau website palsu yang mirip dengan tampilan situs Facebook, tapi mempunyai domain yang berbeda (Facebookweb.com, facebook23.com). Ketika kita melakukan log-in di akun kita, maka username dan password akan terkirim ke pembuat website palsu itu. Jika sudah terkirim, maka dengan mudah akun Facebook kita akan di bajak. 

Hati-hati juga ketika membuka situs internet di warnet. Karena ada aplikasi komputer yang bisa menyimpan ketikan kita secara otomatis, dengan kata lain ketika kita log-in ke situs apa saja (misalnya Facebook) maka ketika kita mematikan komputer di warnet, orang warnet akan bisa melihat username dan password kita.

Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya supaya kita terhindar dari kejahatan seperti itu? Caranya mudah. Jika ada yang mengirimkan email yang mengarahkan anda ke sebuah situs Facebook dengan alamat link yang aneh (facebookweb.com, facebook23.com dan sebagainya) maka usahakan untuk dihindari, karena sudah hampir bisa dipastikan bahwa akun anda akan dibajak setelah nya. 

3. Kecanduan online dan game online.


Banyak ragam dari kecanduan di dunia ini, mulai dari kecanduan makan, kecanduan rokok, dan kecanduan lain-lain, tapi ketika internet muncul, kecanduan Internet muncul. Kecanduan Internet juga termasuk hal berbahaya, karena waktu kita menjadi tidak produktif atau pekerjaan sia-sia. Kalau kegiatan itu dilakukan untuk menambah wawasan, hal tersebut ada sisi positifnya, tapi kalau untuk bermain terus menerus, maka hal tersebut sia-sia.

Saya mau cerita sedikit tentang keponakan saya yang kecanduan game online (game yang dimainkan lewat internet). Keponakan saya bisa bermain seharian di PC. Hal ini sangat membuang-buang waktu. Sampai akhirnya orang tuanya memutuskan untuk menempatkan keponakan saya di pesantren. Peraturan di pesantren sangat ketat, komputer, laptop, dan handphone tidak boleh dibawa ke pesantren, barang siapa yang ketahuan membawa hp maka hp nya akan disita atau dibanting. Di pesantren, keponakan saya aktifitasnya hanya belajar agama, tetapi ketika hari libur atau liburan, keponakan saya masih senang bermain game online. Jadi menurut saya cara terbaik untuk mengatasi kecanduan Internet adalah dengan menyadari dampak buruk dari berlama-lama di Internet.

4. Serangan virus berbahaya.

Setelah komputer berkembang, maka virus komputer juga berkembang. Banyak komputer yang mengalami kerusakan akibat dari serangan virus komputer. Ada serangan virus komputer yang tidak terlalu berbahaya, ada pula virus komputer yang berbahaya. Bahkan saat ini muncul virus baru yang bernama Ransomware. Banyak dari komputer yang terhubung dengan jaringan komputer terkena virus Ransomware.

Solusi dari permasalahan virus komputer adalah dengan menggunakan anti virus, gunakanlah anti virus seperti Avast, jangan lupa memasang anti virus buatan Indonesia seperti smandav versi yang berbayar. Terkadang virus Indonesia tidak terdeteksi ketika kita men-scan nya menggunakan anti virus buatan luar, oleh karena itu gunakanlah anti virus dalam negeri seperti Smadav.

Menggunakan sistem operasi Linux juga bisa menjadi solusi permasalahan virus. Kebanyakan virus dibuat untuk berjalan di sistem operasi Windows, jarang atau bahkan tidak ada virus yang berjalan di Linux. Mengapa jarang atau tidak ada virus yang berjalan di Linux? Jawabannya karena sistem operasi Windows sangat populer, ini di karenakan untuk menggunakan sistem operasi Linux, kita harus belajar lagi atau beradaptasi lagi sehingga dianggap sebagian orang kurang praktis, sehingga Linux kurang populer di masyarakat. Karena Linux kurang populer, pembuat virus menjadi malas untuk membuat virus versi Linux. Itu yang membuat Linux menjadi lebih tahan dari gangguan virus. 

Scroll To Top