Fasilitas Hebat yang dimiliki oleh Hotel di berbagai tempat


Siapa diantara kalian yang pernah menginap di hotel? Tentunya beberapa diantara kalian ada yang pernah menginap di hotel bukan? Sebenarnya perkembangan teknologi, telah membuat fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh hotel di berbagai tempat berkembang. Contohnya saja sekarang ada beberapa hotel yang sudah menggunakan kartu sebagai kuncinya. Ada juga beberapa hotel yang sudah menyediakan shower dengan air panas dan dengan air dingin. Ini adalah bukti bahwa perkembangan teknologi berpengaruh dengan fasilitas hotel. Meskipun tidak semua hotel menggunakan teknologi di zaman sekarang, contohnya losmen atau homestay yang masih menggunakan kunci biasa dan tanpa menggunakan teknologi yang “canggih”, namun ada beberapa fasilitas hotel yang sudah canggih. Hotel yang memiliki fasilitas canggih tersebut ada yang berada di luar Indonesia, ada juga hotel di Indonesia yang sudah memiliki fasilitas canggih.
  
1.       Hotel Hilton di Amerika Serikat.

Salah satu hotel yang melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan untuk memberikan pengalaman baru kepada para pengunjung atau penginapnya adalah hotel hilton yang berada di Amerika Serikat. Hotel ini sudah menggunakan smartphone atau telephone pintar untuk mengunci kamar atau membuka kamar. Pengunjung dapat menginstall aplikasi yang dimaksud ke smartphone masing-masing pengunjung. Lalu smartphone tersebut akan terintegrasi dengan sistem pelayanan yang dimiliki oleh hotel Hilton yang ada di Amerika Serikat sana. Hotel Hilton yang merupakan salah satu hotel terbesar di Amerika Serikat ini, menggunakan teknologi aplikasi telephone pintar ini sudah dari tahun 2012, dan masih berlangsung sampai sekarang.

Bukan hanya untuk kunci kamar dan buka kamar saja teknologi yang dihubungakn dengan aplikasi telephone pintar ini, tapi pengunjung bisa melakukan reservasi seluruh fasilitas dari genggaman telephone pintar. Pengunjung bisa memesan dan memilih kamar dari smartphone mereka, para pengunjung bisa melakukan check-in tanpa harus pergi menuju resepsionis. Semua tamu harus menggunakan smartphone untuk bisa melakukan check-in atau menginap di hotel tersebut. Kunci sudah tidak menggunakan kartu lagi, tapi kunci sudah terhubung dengan smartphone. Anda cukup menunjukan handphone Anda ke mesin yang ada di dekat pintu kamar Anda. Secara otomatis kamar hotel Anda akan terkunci. Penggunaan aplikasi ini sudah diterapkan di berbagai cabang di dunia, salah satunya yang berada di Hotel Hilton di Singapura. 

2.       Hotel Hen Na di Nagasaki Jepang


Kalau Anda pergi ke hotel yang berada di Indonesia siapa yang akan melayani Anda? Manusia bukan? Pastinya iya. Tapi kalau Anda kalau berkunjung ke negara Jepang, tepatnya ketika anda mengunjungi Hotel Hen Na di Nagasaki Jepang, Anda akan dilayani oleh robot dan bukan manusia. Hampir seluruh keseluruhan dari karyawan atau pelayan yang ada di hotel tersebut adalah robot.

Pelayan yang merupakan manusia hanya sekitar 10 orang, sisanya adalah robot. Para robot pelayan tersebut memiliki tugas membersihkan dan merapihkan kamar pengunjung. Robot pelayan tersebut memiliki sensor yang dapat menerima dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung hotel tersebut. Robot pelayan yang berada di hotel tersebut akan mengantarkan pengunjung dan membawakan barang bawaan pengunjung ke kamar. Bahkan ketika Anda berkunjung ke resepsionis yang berada disana, resepsionisnya berupa robot dinasaurus.

Menggunakan teknologi baru seperti teknologi robot sebagai pelayan dan sebagai resepsionis tentunya akan membuat sebagian orang menjadi kebingungan, hal itu dikarenakan tidak semuanya mengerti tentang teknologi, untuk mengatasi masalah tersebut di dalam hotel tersebut disediakan buku panduan. Buku panduan tersebut penting untuk para pengunjung untuk dapat saling berkomunikasi dengan robot disana. Tanpa buku panduan dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (salah pengoperasian atau rusak). Buku panduan merupakan suatu hal yang penting di hotel tersebut dikarenakan sulit untuk menemukan karyawan atau pelayan yang bukan seorang robot.
  
3.       Tab Capsule Hotel

Kalau yang ini ada di Indonesia, tepatnya berada di Kota Surabaya. Tab capsule hotel ini, memiliki konsep yang berbeda dari hotel-hotel yang lainnya. Hotel ini memiliki bentuk seperti kapsul. Harganya pun bisa dibilang cukup murah. Untuk yang single harganya sekitar Rp 150.000 sedangkan untuk yang double harganya sekitar Rp 245.000. Harga penginapan sekitar 150 ribu - 245 ribu ini, sudah termasuk makan pagi di hotel ini. Makan pagi yang disediakan oleh hotel ini berganti-ganti menu setiap harinya. Di hotel ini disediakan kartu member yang bisa didapatkan gratis, kartu member ini berfungsi untuk mendapatkan diskon sekitar 10 persen untuk orang yang menginap di hotel tersebut. Kunci yang digunakan oleh hotel ini bukan menggunakan kunci pada umumnya, tetapi menggunakan akses cards (kartu). Karena hotel ini berbentuk kapsul maka hotel ini bentuknya sangat futuristik, sehingga berbeda dengan hotel-hotel lain pada umumnya.

Fasilitas yang disediakan oleh hotel ini cukup banyak, kita disediakan TV di dalam hotel kapsul tersebut. Tv disediakan untuk yang memesan kamar hotel single atau pun hotel double. Bayangkan dengan harga segitu, kita sudah mendapatkan fasilitas televisi.

Jika kita menginap di hotel yang lain dengan harga yang sama, kita tidak mendapatkan fasilitas televisi. Selain mendapatkan televisi di dalam kamar tersebut, di dalam kamar tersebut juga disediakan headset untuk mendengar musik, lampu baca yang bisa diatur terang redupnya dengan menggunakan layar sentuh, cermin, jam yang bisa disetel alarmnya, AC yang bisa diatur tingkat suhu yang masuk ke dalam kamar, gantungan baju, USB port untuk memasukkan USB, port kabel yang bisa digunakan untuk melakukan charging barang elektronik, untuk kamar yang double, disediakan safety deposit box (biasanya safety deposit box hanya disediakan oleh hotel bintang tiga keatas, tapi hotel ini memilikinya), juga di dalam kamar tersebut disediakan tombol jangan diganggu.

Jika di hotel yang lain jika kita tidak ingin diganggu oleh karyawan hotel tersebut, kita diberikan gantungan yang bertuliskan jangan diganggu. Maka dengan menginap di sini, kita hanya cukup menekan satu tombol saja, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk keluar kamar hanya untuk menggantungkan tulisan jangan di ganggu. Jadi jika berkunjung ke Surabaya jangan lupa untuk mampir untuk menginap di hotel ini. 

4.       Digital Airport Hotel

Hotel ini berada di Indonesia. Tepatnya berada di bandara Soekarno Hatta terminal 3. Hotel kapsul ini baru launching bulan Agustus 2018. Katanya hotel di sini berbeda dengan hotel kapsul lain yang berada di Indonesia. Misalnya saja jika kita ingin membuka loker di hotel tersebut, tidak menggunakan kunci seperti pada umumnya hotel-hotel di Indonesia, tetapi sudah menggunakan akses cards juga. Di hotel kapsul, kita bisa menginap selama 1 hari, maupun menginap selama 6 jam. Harganya pun cukup murah, untuk yang 6 jam harganya Rp 178.000. Sedangkan untuk yang 1 hari harganya Rp 238.000. Hotel kapsul yang berada di digital airport ini terdapat dua tipe, yaitu tipe alpha dan tipe beta. Kedua tipe ini berdasarkan bagaimana cara masuk ke dalam hotel yang sudah kita pesan tersebut. Fasilitas yang disediakan oleh hotel ini memang hampir sama dengan tab capsule hotel yang berada di Surabaya, perbedaannya hanya di loker yang menggunakan kartu saja



Scroll To Top