Inovasi yang sudah dibuat oleh Google dan yang akan dibuat

Siapa yang tidak kenal situs pencarian Google. Dengan menggunakan teknologi pencarian Google kita bisa mencari berbagai macam artikel, gambar, maupun video dengan sangat cepat (dalam hitungan detik). Perjalanan Google dalam membuat perusahaan bernama Google ini memiliki sejarah yang cukup panjang Google didirikan pada tahun 1998 oleh seorang yang bernama Sergey Brin. Untuk membuat perusahaan ini, Sergey Brin mengumpulkan dana sebesar 1 juta US Dollar dari keluarga, kerabat dan investor lainnya. Google berkantor pusat di Silicon Valley California. Perusahaan Google yang didirikan oleh orang ini menjadikannya dia menjadi seorang miliarder. Situs pencarian Google ini pada tahun 2016 yang lalu sebanyak 1 triliun pencarian.

Tapi tahukah Anda perusahaan Google pernah mengalami kerugian atau kebangkrutan ketika melakukan sebuah inovasi? Berikut ini adalah beberapa proyek buatan Google yang mengalami kebangkrutan dikarenakan beberapa hal:

1. Google+

Melihat media sosial lain yang populer seperti media sosial Facebook, Google membuat terobosan baru dengan membuat media sosial yang bernama Google+. Tapi media sosial yang dibuat oleh Google ini ternyata kurang laku atau bahkan tidak laku di pasaran, dan tidak bisa menyaingi kepopuleran dari situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path.

Salah satu penyebab yang menyebabkan Google+ kurang begitu populer di masyarakat adalah karena ketika pertama kali orang tersebut membuat email pertama kali di Google, orang tersebut akan secara otomatis membuat akun Google+, sehingga ada beberapa orang yang tidak ingin membuat akun Google Plus secara otomatis akan dibuatkan oleh Google akun Google Plus nya jika orang tersebut membuat email Google baru. Selain daripada itu penyebab lainnya adalah karena masyarakat yang tidak bisa melihat ke ontentikan atau keunikan dari media sosial Google Plus. Masyarakat hanya melihat bahwa Google Plus merupakan penggabungan dari media sosial yang sudah ada seperti Facebook, Twitter dan Instagram, sehingga masyarakat menganggap bahwa tidak ada nilai tambahnya. Juga dikarenakan Google Plus telat bersaing dengan Facebook dan media sosial lainnya.

2. Google video

Pada mulanya Google video digunakan untuk bisa menyaingi Youtube. Bahkan sebenarnya Google video memiliki konsep yang lebih bagus daripada YouTube. Tapi yang menyebabkan proyek Google video tersebut gagal adalah karena ketika peluncuran pertama Google video, Google video gagal membuat transkrip yang bisa mengubah siaran televisi untuk dapat disaksikan ke dalam siaran web.

3. Google wave

Ini adalah aplikasi tidak jelas yang dibuat oleh Google. Aplikasi ini dirancang untuk bisa menghubungkan semua hal yang berkaitan dengan dunia maya. Mulai dari konten sharing dan media sosial semuanya bisa di lakukan oleh aplikasi ini. Tapi ternyata hal ini justru membuat para penggunanya menjadi kebingungan, sehingga produk ini menjadi produk yang gagal.

4. Google Answer

Ketika Google melihat kesuksesan yang diraih oleh Yahoo Answer, Google berusaha untuk membuat terobosan dengan membuat Google Answer. Tapi ternyata Google Answer ini tidak begitu laku di pasaran dikarenakan Google menggunakan metode membayar freelancer yang mau menjawab pertanyaan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Metode ini justru malah tidak laku di pasaran. Hal ini justru berbeda dengan Yahoo Answer yang tidak ada sistem bayaran didalam situsnya. Yahoo Answer justru disenangi oleh masyarakat.

Itu adalah beberapa produk gagal buatan dari Google, tapi ternyata Google tidak putus asa untuk melakukan inovasi lainnya. Diharapkan inovasi ini di masa yang akan mendatang akan bermanfaat untuk manusia. Berikut adalah beberapa inovasi yang akan dibuat oleh perusahaan Google:

1. Mobil tanpa awak

Setelah melakukan berbagai macam riset yang cukup panjang akhirnya Google berhasil membuat sebuah alat transportasi mobil tanpa awak yang disebut smart car.

Pada akhir tahun 2015 lalu mobil ini telah diuji berjalan sejauh 1,3 juta mil dalam mobil otonom, dan hanya mengalami sekitar 11 kali kecelakaan. Tidak ada perangkat manual di dalam mobil ini, tetapi mobil ini menggunakan peralatan-peralatan yang canggih seperti laser, sensor, kamera, dan smart cart. Meskipun mobil ini merupakan mobil yang terlihat prospek di masa depan tetapi mobil ini ternyata tidak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak dikarenakan mobil ini ternyata bisa mengalami kecelakaan ketika tidak memiliki pengemudi. Jika misalnya mobil ini bisa berjalan tanpa pengemudi dan tidak bisa mengalami kecelakaan atau bahkan minim kecelakaan, mungkin banyak yang mendukung proyek ini.

2. Pil yang bisa mendeteksi penyakit kanker

Google x sedang merencanakan sebuah proyek untuk membuat pil yang dapat mendeteksi sel kanker. Pil ini merupakan magnet yang berukuran kecil dan dapat mendeteksi sel kanker dan diharapkan juga bisa mendeteksi penyakit lainnya. Bayangkan jika teknologi ini bisa menolong orang yang terkena penyakit kanker. Orang yang bisa mengambil sel kanker secara menyeluruh sampai ke akar-akarnya akan berpotensi sembuh secara total. Sehingga penderita penyakit kanker akan bisa dikurangi. Diharapkan proyek ini akan selesai di tahun 2020.

3. Kemampuan untuk mengendalikan objek dunia virtual tanpa menyentuhnya

Teknologi layar sentuh adalah teknologi yang cukup modern di zaman sekarang tetapi diharapkan ada teknologi yang lebih canggih lagi daripada teknologi layar sentuh, hal inilah yang direncanakan oleh Google. Cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi pergerakan jari dalam skala yang sangat kecil, pendeteksian ini dilakukan dengan menggunakan gelombang radar. Sehingga orang yang menggunakan teknologi ini bisa menggerakkan objek virtual tanpa harus menyentuh layar.

4. Virtual reality


Pada saat ini teknologi virtual reality sudah bisa dibeli dan menikmati oleh masyarakat. Bahkan masyarakat di Indonesia pun bisa membeli virtual reality di toko online walaupun dengan harga yang mahal. Namun Google berencana untuk mengembangkan teknologi virtual reality dengan membuat kacamata virtual reality yang terhubung dengan sistem operasi Android. Seseorang yang menggunakan kacamata ini akan melihat objek secara nyata di dalam kacamata tersebut.


5. Baterai tahan lama


Ini adalah proyek yang direncanakan oleh Google untuk direalisasikan tapi saat ini masih belum terealisasi. Perusahaan Google ingin mengembangkan sebuah baterai yang bisa bertahan sangat lama, hati ini dikarenakan keluhan masyarakat tentang baterai Smartphone yang sangat cepat habis sehingga Google melihat ini adalah suatu peluang untuk menciptakan sebuah baterai yang tahan lama. Dengan menggunakan baterai ini maka masyarakat akan jarang yang membeli power bank.

6. Lensa kontak cerdas



Kontak lensa cerdas ini dibuat oleh perusahaan Google. Kontak lensa ini memiliki tenaga surya. Dengan menggunakan kontak lensa ini seseorang bisa mengetahui kondisi biologis orang yang menggunakan kontak lensa Ini contohnya saja untuk mengetahui tingkat alkohol, suhu tubuh, dan lain sebagainya. Pada tahun 2014 fungsi dari kontak lensa ini ditambah yaitu untuk mengetahui kondisi glukosa di dalam air mata.
Scroll To Top