Kuliner Makanan Gastronomi


Pernah dengar istilah molekuler Gastronomi? Mungkin sebagian dari kalian sudah mendengar istilah itu. Tapi ada beberapa orang yang belum mengetahui istilah itu. Molekuler Gastronomi adalah proses memasak makanan dengan menggunakan fisiokimiawi. Sebenarnya Molekuler Gastronomi yang mempertimbangkan penggunaan metode sains untuk memahami sifat-sifat makanan sudah ada pada abad ke 18 (1783) oleh Lavoisier, penggunaan Molekuler Gastronomi dikembangkan hingga sekarang.

Penggunaan Molekuler Gastronomi melingkupi pembuatan resep, pengujian resep turun temurun, menemukan makanan baru, dan memperkenalkan alat, metode, dan bahan baru untuk menghasilkan makanan. Untuk mempelajari Molekuler Gastronomi diperlukan pengetahuan dalam bidang fisika dan kimia bahan pangan. Sudah beberapa chef di dunia dan bahkan di Indonesia yang sudah menggunakan Monekuler Gastronomi ini dalam kulinernya.

Berikut ini adalah beberapa sajian dari Molekuler Gastronomi:

1. Mojito

Salah satu contoh makanan yang menggunakan Molekuler Gastronomi adalah Mojito. Mojito adalah minuman khas Kuba yang terbuat dari rum putih, gula (gula tebu), lemon, air soda dan daun mint. Jika mojito biasanya disajikan di dalam gelas, dengan menggunakan Molekuler Gastronomi Mojito bisa disajikan dalam bentuk gelembung-gelembung kecil yang unik.
  
2.       Coco-Almond Fondant
Makanan ini bisa dikreasikan dengan menggukan teknik Molekuler Gastronomi. Kita bisa membuat topingnya dengan menggunakan prinsip fisika dan prinsip kimia. Dengan memasukkan cairan tertentu kedalam cairan tertentu, maka akan menjadi sebuah adonan cair yang kental yang bisa dijadikan toping di atasnya.

3. White Chocolate Spaghetti

Dengan menggunakan teknik Molekular Gastronomi ini, coklat putih bisa dirubah kedalam bentuk spaghetti. Jadi dengan menggunakan Molekular Gastronomi ini, coklat putih tersebut bisa dirubah kedalam bentuk spaghetti yang kenyal dan panjang, tentu saja bukan 100 persen coklat putih tapi penggabungan antara coklat putih dan bahan-bahan yang lain.

Itulah tadi beberapa makanan yang menggunakan teknik Molekuler Gastronomi. Sebenarnya makanan dengan menggunakan Molekuler Gastronomi ada banyak. Tapi saya hanya memerikan beberapa saja. Di Indonesia (tepatnya di Jakarta) sendiri, restoran atau rumah makan yang menggunakan Molekuler Gastronomi masih sedikit dan dapat dihitung dengan jari. Berikut ini adalah beberapa restoran di Jakarta yang menggunakan Monekuler Gastronomi:
  
1.       Ron’s Laboratory
Buat Anda para pencinta es-krim, jangan lupa untuk mampir ke restoran dengan konsep ice cream cafe ini. Ice cream ini menggunakan Molekuler Gastronomi. Es-krim ini dibuat dengan menggunakan nitrogen cair untuk membekukannya. Ron’s Laboratory memiliki produk es-krim yang memiliki banyak variasi rasa. Setiap bulannya tempat ini mengeluarkan produk terbarunya.

2. Negev

Jika kamu ingin mengunjungi sebuah restoran yang tidak hanya makanan yang menggunakan Gastronomi dan rasa makanan yang enak tapi juga memiliki desain interior dan tempat yang nyaman kamu bisa mengunjungi ke tempat ini. Di tempat ini selain ada makanan yang disajikan dengan Monekuler Gastronomi, banyak juga barang-barang seni di dalam restoran tersebut. Ketika masuk ke dalam restoran Negev, kita seperti memasuki Art Gallery karena banyak barang seni di situ. Contohnya saja ketika kita melihat ke dinding di dalam restoran tersebut banyak elemen pasir di relief dindingnya.

Selain daripada restoran tersebut yang menyajikan makanan dan seni interior, kita juga bisa melihat chef di sana menyajikan dessert dalam bentuk yang unik dan menarik. Para chef di sana menyajikan dessert dengan menggunakan maccarons, gelatin, jelly, nuts, cubed cakes, truffles, dan bunga morning glory yang bisa dimakan. Ada lagi menu di sana yang bisa dikatakan cukup enak, menu tersebut adalah Black Pearl Soup ini Bottle yang didalamnya terdapat kaldu yang wanginya harum dan berbagai macam sayuran di dalamnya, frash cream, dan tinta cumi.
3.       Nusa Indonesia Gastronomi



Jika biasanya makanan Molekuler Gastronomi adalah masakan dari luar negeri atau luar Indonesia. Maka makanan yang berada di sini menyajikan masakan khas Indonesia yang tentunya dipadukan dengan Gastronomi. Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan pasangan Anda untuk menyantap menu di restoran ini. Anda bisa memilih 3 atau 5 course set yang harganya dimulai dari Rp 350.000.

Menu masakan yang disajikan oleh restoran ini adalah menu khas Indonesia, contoh dari menu yang disajikan adalah wine. Tapi Anda tidak usah takut ada alkohol di dalam wine ini karena wine ini terbuat dari wedang secang rasa jahe bisa menghangatkan tenggorokan Anda. Ada juga menu Ayam Lempah Kulat Pelawan. Menu ini disajikan dengan jamur Pelawan. Jamur pelawan ini sulit didapat karena jamur pelawan ini hanya ditemukan atau tumbuh saat hujan dan petir. Untuk rasa jamur pelawan adalah mirip dengan truffles. Klepon di restoran ini juga unik rasanya. Penyajian klepon ini disajikan dengan menggunakan coconut gelato, saus pasta rasa nangka dan sorghum sponge cake. Bentuk dari sorgum spokge cake ini seperti sabun.
  
4.       Namaaz Dining

Restoran ini merupakan restoran Gastronomi pertama di Indonesia. Lokasi dari restoran ini di Senopati. Masakan ini menyediakan masakan-masakan asli Indonesia yang disajikan dengan Molekuler Gastronomi. Masakan-masakan yang berada di sini bisa dikatakan masakan yang unik dan futuristik. Tempat ini salah satu pendiri nya adalah chef Andrian. Untuk bisa menikmati masakan yang berada di sini, Anda tidak bisa memesannya langsung di tempat. Anda harus pesan atau reserve di jauh-jauh hari lewat website nya, apalagi saat weekend yang penuh dengan pengunjung. Jika Anda mengunjungi restoran ini, Anda bisa memesan satu set menu yang biasanya terdiri dari lebih 10 jenis makanan dan harganya sekitar Rp 1.250.000. Jenis makanan berubah-ubah tergantung dengan tema. Biasanya restoran ini merubah tema makanan setiap enam bulan sekali.

Salah satu contoh dari makanan yang disediakan oleh restoran ini adalah telur setengah matang yang di bagian kuning telurnya jika dibelah akan muncul cairan kuning yang rasanya seperti kari ayam. Selain daripada itu ada juga menu selembar kertas, sebatang pensil dan rautan. Makanan tersebut memang disajikan dalam bentuk yang aneh dan unik seperti itu. Ketika benda tersebut dimakan maka rasanya seperti opor ayam yang enak. Waktu yang diperlukan untuk menyantap semua makanan tersebut rata-rata sekitar 2 sampai 3 jam. Harga yang mahal ini jika dibandingkan dengan kenikmatan dan dengan pengalaman bisa dibilang wajar.

Itulah beberapa restoran di Indonesia yang menggunakan teknik Molekuler Gastronomi. Jika Anda sudah banyak mengunjungi restoran dan kafe yang ada di Jakarta maupun yang di luar Jakarta, tidak ada salahnya Anda mengunjungi restoran unik yang menyajikan masakan Molekuler Gastronomi ini. Menyantap masakan Molekuler Gastronomi, bisa memberikan pengalaman baru yang tidak terlupakan.

Lalu bagaimana untuk orang yang ingin menyantap makanan Gastronomi tanpa pergi ke restoran? Sebenernya Anda bisa membuat sendiri makanan Gastronomi. Anda bisa menonton video YouTube tentang cara membuat makanan dengan menggunakan Gastronomi. Anda bisa saja membuat makanan tersebut jika Anda berani mengambil resiko dan Anda mengerti tentang fisiokimia. Tapi jika Anda berhasil membuat makanan Gastronomi (apalagi rasanya enak) itu akan memberikan kepuasan tersendiri.

Scroll To Top