Mengenang Software dan Game PC zaman dulu


Siapa di sini yang hidup pada tahun 1989? Jika Anda hidup dizaman 1989 ke atas kemungkinan besar kalian pernah menggunakan software dan game ini. Software dan game-game zaman dahulu mungkin terlihat simple dan sederhana. Tapi entah mengapa software dan game yang kita gunakan dan mainkan rasanya sangat mengasikan. Software dan aplikasi yang akan saya tulis kali ini adalah software keluaran tahun 1999-2001 an. Sekitar tahun itu saya masih sangat kecil, tapi saya untungnya sudah merasakan bagaimana rasanya menggunakan komputer PC. Penulis sudah pernah mencoba berbagai macam software dan game di zaman 1999-2001.

Pada tahun 1999-2001 itu dimana masanya saya menggunakan sistem operasi Windows 98. Sebelumnya penulis juga pernah menggunakan Windows yang lebih jadul lagi. Bahkan penulis waktu masih kecil pernah mencoba Windows 3.1. Penulis waktu masih kecil dulu pernah mencoba Windows 3.1 karena kakak saya dulu mempunyai warnet atau warung internet. Jadi secara tidak langsung saya otomatis juga merasakan bagaimana rasanya menggunakan komputer zaman dulu atau jadul. Game-game yang ada di komputer jaman Windows 3.1 juga sangat jadul. Tapi seingat saya zaman itu, saya sudah bisa memainkan game seperti game Mortal Kombat. Kalau Windows 89 di masa itu, saya merasa bahwa Windows itu sudah sangat canggih. Karena di zaman itu Windows 89 sudah bisa multitasking seperti komputer di zaman sekarang. Tidak seperti Windows 3.1 yang tidak bisa multitasking dan sangat jadul. Buka satu aplikasi saja harus satu-satu dan tidak bisa sekaligus. Di masa dulu saya sering mengonta-ganti thame atau tampilan Windows 89 yang aneh-aneh atau yang unik-unik. Tapi berhubung saya waktu itu masih dibilang kecil, jadi saya belum kreatif untuk mengoprek-oprek atau bereksperimen tentang dunia teknologi jadi hanya sebatas ganti theme saja di Windows 98.

Salah satu software yang saya suka adalah PowerDVD. Ketika komputer saya sudah membaca atau memutar film dari komputer saya rasanya seneng banget. Sebelum saya menggunakan Windows 98, saya dan kakak-kakak saya menggunakan TV untuk menonton film layar lebar. Jadi CD yang mau di tonton dimasukkan kedalam player CD yang dihubungkan ke TV. Tapi pada waktu itu saya dan keluarga saya tidak bisa memutar film dengan format DVD karena yang saya punya adalah player CD. Tapi setelah saya menginstall Power DVD dan membeli player DVD nya saya bisa menonton film DVD. Zaman dulu film DVD masih jarang, banyak film-film yang dijual di pasaran adalah film dengan format CD. Jadi saya membeli player DVD disaat DVD masih belum begitu populer pada zaman dulu. Pada waktu itu film dengan format VCD mempunyai kepingan yang sangat banyak (ada sekitar 3-4 kepingan) bandingkan dengan format DVD yang menampung 1 film untuk satu DVD. Zaman dulu tempat penyewaan VCD dan DVD original juga sangat banyak. Kalau zaman sekarang, sepertinya penyewaan VCD dan DVD original sepertinya sudah tidak ada.

Dulu ada juga pemutar musik yang bernama Winamp 2 (1998-2000). Zaman dulu saya dan keluarga saya sering mendengarkan musik menggunakan aplikasi ini. Terkadang saya menyalakan komputer hanya untuk menggunakan aplikasi pemutar musik ini. Dulu sebenarnya ada beberapa aplikasi pemutar musik yang lainnya. Tapi karena dulu saya masih kecil, aplikasi pemutar musik yang saya kenal adalah Winamp 2, jadi saya setia dengan aplikasi pemutar musik ini. Saya ingat, dulu waktu saya masih menggunakan Winamp ini, rasanya ada kesenangan tersendiri waktu bisa menganti theme atau tampilan Winamp 2. Dulu rasanya kalau bisa mengganti tampilan Winamp rasanya Winamp saya semakin canggih saja. Tapi zaman sekarang software Winamp sudah tidak digunakan lagi untuk mendengarkan mp3 (jarang digunakan) walaupun sebenernya aplikasi Winamp masih bisa digunakan di komputer zaman sekarang yang sudah menggunakan Windows 7.

Kalu zaman Windows 98 melihat foto gak sesimple sekarang. Kalau zaman dulu untuk bisa melihat foto kita harus menggunakan software tambahan, software itu bernama ACDSEE. Kalau zaman sekarang (Windows 7 keatas) ketika kita membuka Windows Eksplorer kita bisa langsung bisa melihat foto dari sebelahnya. Kalau zaman dulu tanpa menggunakan softwere ACDSEE kita tidak bisa membuka file dalam format jpg. Oleh karena itu software aplikasi ini adalah software aplikasi yang wajib untuk diinstal untuk pertama kali ketika membeli dan menginstall windows 98.

Untuk game di tahun 1999-2000 game yang paling sering saya mainkan adalah game the sims, game itu cukup seru menurut saya. Dulu saya sering bermain game ini sampai berhari-hari. Kakak-kakak saya juga sering memainkan game ini. Dulu saya sering menggunakan cheat untuk menambah uang secara instan. Game yang mempunyai banyak versi di zaman sekarang ini merupakan game yang cukup addictive atau game yang membuat candu. Walaupun tidak mempunyai banyak versi seperti sekarang, tapi game ini merupakan game the sims yang terseru.

Ada lagi jenis game yang saya sering mainkan. Game ini bernama Age Of Empire. Dulu saya memainkan game ini hanya versi demonya saja, tapi meskipun yang saya mainkan adalah game versi demonya tapi game ini tetap asik untuk dimainkan.

Waktu zaman dulu saya juga masih ingat ketika akan membuat website software yang digunakan adalah software ms frontpage. Zaman dulu, teknologi website belum canggih seperti zaman sekarang. Kalau dizaman sekarang sudah banyak sekali teknologi-teknologi website yang canggih-canggih seperti php, css, html5, jquery, javascript dan lain-lain. Kalau zaman dulu masih seadanya. Bahkan banyak website zaman dulu yang tidak mendukung CSS dan hanya menggunakan html dan php sehingga tampilannya seadanya. Tidak seperti sekarang yang tampilan website sudah sangat bagus dan keren (bermacam-macam). Kebetulan kakak saya pada waktu itu bekerja sebagai programmer, jadi kakak saya sering menggunakan ms frontpage untuk membuat website. Tapi ms frontpage sudah tidak populer atau bahkan tidak digunakan lagi, sekarang software pembuat website yang populer adalah dreamwever atau bahkan java netbean.

Emulator yang senang saya gunakan pada tahun 1999-2001 adalah emulator epsxe yang berguna untuk bermain PS 1. Tapi sebenarnya, emulator itu jarang saya gunakan atau saya jarang menggunakan emulator epsxe, karena saya sudah mempunyai console ps 1. PS 1 menurut saya pada saat itu adalah game yang sangat keren, bahkan menurut saya itu adalah console yang paling keren. Tapi ternyata saya salah karena ternyata console playstasion sudah mencapai PS 4 pada saat ini. Zaman dulu saja PS 3 sudah termasuk khayalan yang tinggi, sekarang ps 4 malah sudah ada, bahkan virtual realty sudah ada.

Demikianlah kenangan-kenangan yang saya miliki tentang software dan game yang pernah saya gunakan pada zaman dulu. Software dan game zaman dulu yang dianggap oleh sebagian orang termasuk game yang canggih, ternyata sekarang sudah menjadi software dan game yang kuno. Tidak menutup kemungkinan software dan game zaman sekarang yang keren akan menjadi kuno dan jadul di zaman yang akan datang.
Scroll To Top