Peralatan fiksi yang akan menjadi realita dimasa depan

Ketika masih kecil dulu, tentunya kita pernah menonton film kartun tentang sebuah robot masa depan yang bisa mengeluarkan apa saja. Taukah anda, bahwa sebenarnya ada beberapa alat dari robot masa depan tersebut sudah ada di zaman sekarang? Contohnya adalah Google translate, Google translate dapat menterjemahkan (merekam) suara bahasa asing orang lain kemudian dirubah menjadi bahasa apa pun yang kita ingin kan. Tentunya teknologi seperti itu tidak terfikirkan sebelumnya dan hanya dianggap sebagai khayalan. Tapi ternyata teknologi tersebut dapat direalisasikan. Pernahkan anda membayangkan teknologi fiksi yang lebih aneh dan lebih khayal benar-benar dapat direalisasikan ke dunia nyata? Sebenarnya teknologi fiksi yang bisa dibayangkan oleh manusia ada peluang untuk dapat diwujudkan atau direalisasikan di dunia nyata.


1.       Teknologi medan pelindung.




Ketika Israel diserang oleh musuhnya, Israel menggunakan sistem pertahanan yang disebut sebagai Iron Dome atau Kubah besi. Alat ini tidak memiliki wujud seperti kubah. Kubah besi adalah istilah untuk sistem pertahanan Israel yang melindungi seluruh wilayah Israel dari serangan rudal musuh. Iron Dome merupakan kependekan dari Dual Mission Counter Rocket, Artillery and Mortal and Very Short Range Air Defense System. Alat ini dibuat dan dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense System pada tahun 2007. Ketika ada rudal yang memasuki wilayah perbatasan Israel, maka sensor sensitif tersebut akan mendeteksi adanya serangan rudal dan kemudian melumpuhkannya. Teknologi ini memang teknologi yang sangat canggih. Tapi pernahkan anda mengimajinasikan atau membayangkan jika ternyata medan pelindungnya dapat diganti dengan menggunakan gelombang elektromaknetik?

Ada beberapa ilmuwan yang berasal dari Inggris membuat medan pelindung yang bernama force fields. Para ilmuwan ini memimpikan untuk dapat membuat senjata seperti yang berada di film-film. Para ilmuwan itu berfikir semakin maju teknologi peperangan maka akan semakin mematikan atau menghancurkan senjatanya. Jika senjata semakin canggih, maka sistem pertahanan juga harus lebih canggih bukan? Perumpamaannya seperti ini, jika sekarang senjata sudah menggunakan senjata laras panjang sedangkan sistem perlindungannya hanya menggunakan baju zirah besi maka sistem perlindungan tersebut sudah pasti tidak berfungsi (melukai manusianya) bukan? Baju zirah besi sekarang sudah tidak digunakan lagi untuk peperangan digantikan dengan baju kevlar atau baju anti peluru. Karena zaman yang semakin berkembang maka para ilmuwan dari Inggris tersebut membuat medan pelindung yang terbuat dari gelombang elektromaknetik.

2. Teknologi senjata laser.


Kalau kalian menonton film fiksi, kemungkinan besar kalian akan menemukan senjata laser. Pernahkah kalian berfikir, kenapa senjata laser selalu ada dalam film-film fiksi? Itu karena senjata laser memancarkan sinar yang terlihat dasyat dan mengagumkan. Senjata fiksi tersebut sekarang sudah bisa direalisasikan ke dunia nyata berkat kecanggihan teknologi dan kemajuan ilmu pengetahuan. Senjata tersebut bernama The Laser Avenger. The Laser Avenger adalah senjata militer yang dibuat pada tahun 2009 yang dilengkapi dengan laser.

Senjata laser tersebut di letakan di sebelah kanan dan kiri mobil yang dapat menembakan sinar laser yang panasnya 20 kali lipat dibandingkan dengan kompor listrik. Coba anda bayangkan jika ukuran senjata tersebut dapat di kecilkan lagi sehingga bisa dibawa oleh manusia, tentunya film-film fiksi tentang sinar laser akan menjadi kenyataan dan jika saja itu terjadi maka senjata api (peluru) bisa tidak laku untuk digunakan manusia (digantikan dengan senjata laser).

3. Teknologi hologram.

Jangan salah, hologram itu bisa diciptakan. Ada sebuah perusahaan bernama Asukanet membuat sebuah hologram di acara CEATEC pada tahun 2013. Asukanet menciptakan sebuat alat yang dapat menampilkan hologram yang bernama Aerial Imaging Plate. Pada acara itu, para pengunjung diperbolehkan untuk menyentuh hologram tersebut layaknya menyentuh benda nyata atau padat.

Teknologi ini juga pernah dipakai di negara Jepang. Teknologi hologram digunakan disalah satu mall jepang yang bernama Aqua City Odaiba. Hologram digunakan untuk menggerakkan sebuah robot custumer service. Pengunjung bisa menanyakan beberapa pertanyaan untuk dijawab oleh robot melalui sebuah komputer. Komputer tersebut bukan dikendalikan oleh layar sentuh, tetapi dikendalikan oleh hologram. Keren ya.

4. Teknologi mata bionik.


Mata adalah jendela dunia. Jika kita tidak memiliki mata, artinya kita hampir kehilangan seluruh hidup kita. Tanpa mata kita tidak bisa mendapatkan pengetahuan yang banyak, karena kebanyakan ilmu pengetahuan didapatkan dari indra penglihatan.

Karena mata adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan ini, para ilmuwan melakukan penelitian untuk dapat membuat manusia dapat melihat walaupun matanya sudah rusak dan tidak dapat melihat atau buta tanpa membutuhkan bantuan donor mata dari pasien lain. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan mata buatan atau mata bionik.

Maka para ilmuwan melakukan berbagai macam eksperimen untuk membuat mata buatan bionik ini. Seorang yang bernama Roger Pontz mendapatkan kesempatan untuk mencoba mata bionik ini karena dia memiliki masalah dengan matanya. Cara kerja dari mata bionik ini adalah terdapat sebuah video kamera kecil dan sebuah transmitter untuk melihat. Dengan perkembangan lebih lanjut mata bionik ini bisa digunakan bukan hanya untuk orang yang tidak bisa melihat atau buta tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk alat bantu lihat supaya lebih jelas.

5. Teknologi pembersih pakaian otomatis.



Dengan menggunakan teknologi ini, akan membuat pembantu menjadi tidak laku lagi, karena melakukan pekerjaan rumah menjadi sangat sangat mudah. Mencuci, menyetrika dan melipat baju dapat dilakukan oleh satu alat yang bernama SOLO Laundromart. Alat ini sangat praktis sekali tetapi alat ini juga menjadi sebuah masalah karena akan membuat banyak orang menjadi tambah pemalas. Tetapi untuk orang yang pekerja tinggi tentunya alat ini akan sangat membantu sekali, karena ketika sudah pulang dari kantor tentunya badan dan pikiran sudah tidak kondusif untuk digunakan mencuci, menyetrika dan melipat baju.

Sebenarnya solusinya juga bisa dengan menyewa seorang pembantu rumah tangga. Tapi tentunya biaya teknologi lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa asisten rumah tangga bukan?

6. Teknologi mobil terbang.
 


Zaman dahulu mobil menggunakan tenaga uap, lalu seiring dengan berjalannya waktu mobil menggunakan bensin dan solar, lalu apalagi perkembangan mobil yang akan terjadi di masa yang akan datang? Diperkirakan mobil akan bisa terbang seperti pesawat. Jika hal tersebut bisa dilakukan maka kita akan mudah menghindari kemacetan lalu lintas. Seperti yang kita ketahui bahwa kemacetan itu sangat menguras waktu dan tenaga, apalagi waktu itu adalah uang, tua di jalan adalah sesuatu hal yang sangat tidak enak sekali. Dengan adanya mobil yang bisa terbang tentunya hidup akan menjadi lebih mudah karena bisa menghindari kemacetan.

Mobil terbang dibuat oleh seorang yang bernama Stefan Klein. Mobil ini memiliki panjang sekitar 6 meter dengan warna biru dan putih. Meskipun mobil ini membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak untuk terbang dan berkendara, tapi jika misalnya mobil ini bisa menyelesaikan masalah manusia seperti kemacetan tentunya mobil ini tetap saja laku untuk dijual.




Scroll To Top