Perkembangan teknologi internet di dunia, positif atau negatif?


Siapa yang tidak pernah menggunakan internet pada saat ini? Internet bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan sama seperti dengan makan. Tanpa menggunakan internet, kita tidak bisa saling berkomunikasi sama lain dengan menggunakan WA atau Whatsapp, tanpa menggunakan internet kita tidak bisa membuka situs media sosial, tanpa menggunakan internet kita tidak bisa membuka youtube, bahkan ada beberapa orang yang pekerjaannya tergantung dengan internet. Ada seseorang yang ketika tidak ada internet, maka seseorang tersebut tidak bisa bekerja. Dengan kata lain internet merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh beberapa manusia.

Sebenarnya perkembangan Internet di dunia dimulai dengan sejarah yang panjang. Dimulai dari tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika serikat U.S Defense Advanced Research Projects Agency (atau DARPA) memutuskan untuk meneliti atau melakukan riset untuk menghubungkan beberapa atau sejumlah komputer. Riset menghubungkan beberapa komputer ini disebut juga dengan program ARPANET. Pada tahun 1970 sudah ada sekitar 10 komputer yang berhasil dihubungkan oleh mereka. Inilah sejarah pertama dari jaringan komputer yang ada di dunia. Kalau zaman dulu untuk menghubungkan 10 komputer saja susah. Dengan menggunakan teknologi sekarang, manusia bisa menghubungkan ribuat komputer di berbagai tempat yang jauh. Bahkan sekarang lahir sebuah teknologi internet dimana semua komputer-komputer yang saling terhubung bahkan antar negara.

Pernahkan Anda menggunakan e-mail? Kebanyakan dari pembaca yang membaca artikel ini pasti sudah pernah menggunakan layanan e-mail bukan? E-mail merupakan bagian dari internet. E-mail itu sendiri populer di tahun 1972. Pada tahun 1972 seorang yang bernama Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang dia ciptakan di tahun yang lalu. E-mail yang dia ciptakan ini sangat mudah digunakan, sehingga menjadi populer di masyarakat. Pada tahun ini juga diperkenalkan simbol @ atau “at” yang bermaksud pada. E-mail ini sangat populer karena bisa digunakan untuk mengantikan mengirimkan pesan dengan cara surat (konvensional), bahkan sampai saat ini, e-mail pun digunakan untuk sarana berkomunikasi yang masih populer di masyarakat.

Internet zaman dulu tidak seperti internet zaman sekarang. Kalau internet zaman dulu tidak menggunakan DNS (Domain Name System) sehingga alamat situs bisa mudah difahami oleh kebanyakan masyarakat. Misalnya seperti ini, ada DNS dari alamat www.wikipedia.org tapi ketika sebelum adanya DNS, seseorang harus memasukkan alamat ini di browser komputernya: 207.142.131.234. Jika seseorang disuruh menghapalkan alamat situs website seperti itu, sepertinya akan sulit, tapi coba bayangkan ketika seseorang tersebut disuruh untuk menghapalkan www.wikipedia.org? Tentunya akan lebih mudah dihafal bukan. Dari situlah salah satu manfaat dari DNS.

Teknologi internet sendiri hadir di tahun 1992, teknologi internet pada saat itu tercipta dengan menghubungkan sejuta komputer, pada tahun 1992 maka munculah istilah surfing the internet. Setelah dua tahun setelahnya (tanggal 1994) situs internet berkembang menjadi banyak sekali halaman (3000 alamat halaman). Pada tahun tersebut situs jual beli online dibeberapa tempat juga sudah mulai marak. Pada tahun tersebut pula lah tepat didirikannya perusahaan yang diberi nama Yahoo.

Cara untuk terhubung ke jaringan internet pun ada berbagai macam cara. Perangkat keras yang dibutuhkan untuk terhubung ke jaringan internet pun bermacam-macam. Misalnya ketika kita ingin menghubungkan komputer ke internet dengan cara menggunakan dial up, perangkat keras yang dibutuhkan aadalah saluran telephone dan modem. Kita menghubungkan komputer kita dengan menggunakan saluran telephone, yaitu dengan menggunakan ISP. ISP tersebutlah yang membuat kita terkoneksi ke internet. Modem digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar bisa dikirimkan melalui kabel telphone, lalu kemudian sinyal analog yang diterima oleh perangkat telphone tersebut akan dirubah menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer. Teknologi ini adalah teknologi yang ketika pertama kali internet hadir. Itu adalah salah satu dari cara menghubungkan internet. Sebenarnya ada beberapa cara yang lebih canggih dari pada menggunakan ISP, tapi saya tidak membahasnya di sini.

Sebenarnya manfaat yang didapat dari menggunakan Internet di zaman sekarang sangat besar. Sebelum ditemukannya internet, seseorang ingin saling bertukar informasi ataupun ingin berkomunikasi jarak jauh lebih kesulitan dari pada yang sekarang. Bandingkan zaman sekarang yang sudah ditemukan internet. Dengan ditemukannya internet seseorang bisa dengan mudah (bahkan sangat mudah untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Dengan menggunakan internet, seseorang bisa dengan mudah memperoleh banyak informasi dengan mudah, murah dan cepat. Contohnya seseorang yang ingin mempelajari sebuah bidang, dengan menggunakan internet seseorang bisa dengan mudah menguasai bidang tersebut. Kita tinggal membuka saja YouTube dan mencari video tutorial di sana. Juga terdapat banyak forum komunitas yang berada di media sosial facebook atau pun media sosial di tempat yang lain. Dengan mengikuti forum komunitas di media sosial, kita dengan mudah untuk lebih mempelajari bidang tersebut.

Tapi taukah Anda bahwa internet itu dapat menyebabkan masalah baru yang lebih kompleks dari pada masalah sebelum lahirnya teknologi internet? Contohnya saja banyak orang yang kecanduan game online karena memainkan game online itu asik, namun sebenarnya terlalu banyak memainkan game online justru akan membuat seseorang itu melalaikan waktu yang berharga dalam hidupnya. Bukan hanya itu saja, banyak orang yang pekerjaannya menjadi kurang produktif karena sering memainkan media sosial dan Whatsapp. Banyak dari orang-orang yang menggunakan kedua hal itu dengan tujuan untuk mencari hiburan (padahal sedang jam kerja) sehingga pekerjaan orang tersebut tidak menjadi produktif. Oleh karenanya banyak kantor-kantor yang menyuruh teknisi jaringan komputernya untuk menonaktifkan atau memblokir facebook, dan situs media sosial lainnya. Hal itu dikarenakan, situs-situs tersebut akan menghambat atau menjadikan karyawan yang bekerja di tempat tersebut akan menjadi tidak produktif. Meskipun seperti itu keadaanya, pemblokiran situs media sosial tersebut juga bukan langkah yang efektif. Karena ada sebagian karyawan yang mengunjungi situs media sosial yang mempunyai tujuan untuk bisa saling berkomunikasi tentang pekerjaan di kantornya. Bahkan ada beberapa karyawan yang keluar dari kantornya karena di kantor tersebut dilarang untuk mengakses media sosial seperti Facebook dan media sosial lainnya.

Sebenarnya teknologi internet itu netral, tidak positif dan tidak pula negatif. Teknologi internet itu seperti pisau. Pisau bisa digunakan untuk memotong bawang, buah, sayur dan lain-lain. Tapi pisau bisa juga digunakan untuk membunuh orang, begitu pula dengan teknologi internet, internet bisa digunakan untuk mencari ilmu, komunikasi dan untuk membantu berbagai macam pekerjaan, dengan kata lain internet bisa dipakai untuk sesuatu yang positif. Tapi internet juga bisa digunakan untuk kejahatan, penipuan, hacking, phising dan kejahatan lain, dengan kata lain internet bisa digunakan untuk melakukan penipuan. Maka kita harus lebih bijak dalam menggunakan teknologi internet.

Scroll To Top