Produk Buatan Jepang yang merupakan pengembangan dari produk luar

Negara Jepang pada saat ini sudah menjadi negara modern yang memiliki teknologi-teknologi canggih. Dengan teknologi canggih yang dimiliki oleh negara ini, negara ini disebut sebagai negara maju dan disebut sebagai macan asia. Walaupun sebelumnya negara ini pernah terpuruk karena pengeboman atom di kota Hirosima dan Nagasaki, namun ternyata negara ini bisa bangkin kembali memperbaiki negaranya yang hancur dengan spirit bushido (kerja keras). Hal ini menyebabkan teknologi dan industrial di negara Jepang dapat maju sangat pesat sehingga bisa seperti sekarang ini. Seperti yang kita tahu, bahwa banyak produk buatan negara Jepang yang disebarkan ke seluruh dunia pada saat ini termasuk dengan negara yang berada di Indonesia. Tapi ada beberapa produk buatan Jepang yang merupakan pengembangan dari produk luar, yaitu produk dari Amerika serikat dan negara lainnya. Berikut adalah beberapa produknya:

1. Mesin Fotokopi


Siapa yang tidak mengenal mesin fotocopy dengan merk Canon, Fuji Xerox, Epson? Produk-produk yang saya sebutkan tadi adalah produk buatan asli Jepang. Mesin fotocopy buatan jepang ini memiliki harga yang bisa dikatakan murah. Mesin ini diproduksi secara masal dan disebarkan ke seluruh dunia termasuk ke negara Indonesia. Hal ini dikarenakan ada banyak juga segmen kecil yang menginginkan mesin fotokopi untuk berbagai macam keperluan.

Mesin buatan negara Jepang dengan merek yang sudah saya sebutkan tadi ternyata merupakan pengembangan dari mesin fotokopi yang pertama kali di buat oleh Amerika oleh perusahaan Xerox untuk kelas atas atau segentasi menengah keatas. Orang jepang melakukan terobosan terbaru dengan cara membuat sebuah mesin fotokopi yang murah dan dapat dijangkau segmentasi kecil.

Dengan menggunakan mesin fotokopi ini kita bisa melakukan banyak pekerjaan dengan muddah. Kita bisa menyalin dokumen-dokumen penting dengan mudah hanya dalam beberapa waktu saja. Bandingkan jika tidak ada mesin fotocopy, kita harus menyalin dokumen tersebut secara manual dan itu memerlukan waktu yang lebih lama.

2. Kamera

Kamera di negara Indonesia sudah banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan. Apalagi teknologi handphone atau smartphone sudah memiliki fitur kamera, kamera yang dimiliki oleh handphone ini bisa dibilang resolusinya cukup tajam / gambarnya cukup tajam. Tapi sebelum teknologi kamera yang dimiliki oleh handphone, kamera dikembangkan oleh negara Jepang dari pengembangan teknologi yang dimiliki negara lain, yaitu negara Eropa.

Teknologi kamera yang digunakan oleh negara Jepang bisa dikatakan kamera yang murah dan mempunyai kwalitas yang oke. Tapi sebenarnya teknologi ini diadaptasi dan dikembangkan dari sebuah teknologi dari negara Eropa. Contohnya saja kamera yang diproduksi oleh Yashica, kamera ini sangat mirip dengan kamera Rolleiflex jika diperhatikan. Ya memang ini adalah jam yang terinspirasi dari kamera Rolleiflex, tentunya Negara Jepang berhasil meniru membuat produk kamera yang mirip dengan Rolleiflex tetapi dengan harga yang relatif lebih murah.

3. Jam Tangan Merek Seiko

Sekarang siapa yang tidak memiliki jam tangan? Hampi semua orang memiliki jam tangan. Bahkan yang paling baru sekarang orang sudah menggunakan jam tangan smartwatch. Meskipun sekarang zamannya smartwatch, masih banyak orang yang menggunakan jam tangan manual. Salah satu jam tangan terkenal milik Jepang sekarang yang banyak dipakai oleh orang Indonesia bahkan untuk saat ini adalah jam tangan merek Seiko. Jepang berhasil menjual jam tangan merek Seiko ini ke seluruh dunia bahkan ke negara Indonesia.

Sejarah Seiko dimulai dari seorang yang bernama Kintaro Hattori yang membuka toko perhiasan di Ginza, Tokyo pada tahun 1881. Nama Seiko sendiri diambil dari bahasa Jepang yang berarti “sukses” atau “indah”.

Jam tangan ini merupakan jam tangan mekanikal. Jam pertama mekanikal yang dibuat oleh Seiko adalah jam tangan Laurel, yang diproduksi pada tahun 1924. Seiko kemudian melakukan inovasi dengan memasukkan teknologi mesin quarts pertama yang diberi nama Astron. Seiko pernah membuat jam tangan chronograph pertama yang bisa dibawa keluar angkasa.

Seiko menjadi lebih menarik dari sebelumnya, karena Seiko memiliki jam tangan yang menjangkau semua kalangan, dari kalangan kelas atas maupun kalangan kelas bawah. Untuk kalangan kelas atas merek Seiko adalah Grand Seiko, Credor dan Galante. Sedangkan untuk kalangan kelas bawah merek Seiko adalah Seiko 5.

Negara Jepang berhasil membuat merek Seiko terkenal diseluruh dunia bahkan di Indonesia. Hal ini dikarenakan negara Jepang berhasil memanfaatkan peluang dengan menggunakan teknologi quartz yang ditemukan terlebih dahulu di Swiss. Swiss tidak memanfaatkan peluang dan mengabaikan teknologi ini sehingga peluang ini direbut oleh negara Jepang.

Sebenarnya banyak sekali inovasi yang dibuat oleh jam tangan merek Seiko ini, misalkan jam tangan ini memproduksi mesin Spring Drive pada tahun 2005 dan mesin quartz dengan menggunakan teknologi GPS pada tahun 2013. Karena jam tangan Seiko merupakan group besar, Seiko banyak mengakuisisi jam tangan lain, diantaranya adalah Orient, Pulsar dan Jspring.

Banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui bahwa Seiko hanya membuat dan memproduksi jam tangan dan jam dinding saja, tapi ternyata Seiko memproduksi barang elektronik lainnya, misalnya saja printer. Printer yang dibuat oleh Seiko ini diberi merek Epson. Barang elektronik lainnya yang dibuat oleh Seiko adalah batrai, micro chip dan lain sebagainya, namun memang produk yang paling terkenal di masyarakat dunia adalah jam tangannya.

4. Scooter


Jepang pernah dilarang untuk memproduksi pesawat terbang pasca perang dunia kedua, hal ini menyebabkan Jepang berinovasi dalam bidang transportasi. Jepang membuat dan memproduksi scooter pada tahun 1946 yang diproduksi oleh Fuji Rabbit. Sebenarnya scooter ini meniru dari produk buatan Amerika yang bernama scooter Cushman yang digunakan oleh tentara Amerika di Jepang pasca perang dunia telah usai.

5. Mesin rotary

Berdasarkan sejarah, mesin ini pertama kali dibuat oleh insinyur Jerman Felix Wanker pada tahun 1950-an. Banyak yang menggunakan mesin ini sebut saja Mercedes-Benz dan Roll Royce. Tapi pada tahun 1961 perusahaan milik Jepang, Mazda membeli lisensi dan mulai mengembangkan produk ini dan kemudian digunakan di Mazda Cosmo Sport.

Mesin rotary sudah dikenal 50 tahun yang lalu dan masih ada sampai sekarang. Mesin ini dikenal dengan pengoperasiannya yang halus dan kiriman tenaganya yang dasyat. Walaupun mesin rotari dengan Mazda sudah menjadi icon sejak lama, namun ternyata Mazda untuk versi RX-8 akan menjadi mobil sport terakhir yang menggunakan mesin rotary. Hal ini dikarenakan Mazda akan mendiskontiyu penggunaan mesin rotary untuk produk-produknya secara sementara waktu. Hal ini dikarenakan ada beberapa masalah yang dimiliki oleh mesin rotary.

Menurut Hitomi, mesin rotary ini belum bisa dibuat dikarenakan ada masalah dengan emisi. Untuk bisa membuat emisi gas buang mencapai kondisi yang diinginkan (ideal) maka diperlukan penelitian dan hal tersebut merupakan hal yang susah.
Scroll To Top