Sistem operasi gratis ReactOs solusi pembajakan OS Windows



Pembajakan OS Windows cukup marak di Indonesia, hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia sudah familiar atau terbiasa dengan Microsoft Windows. Tanpa menggunakan sistem operasi Windows, kita tidak bisa menggunakan aplikasi apa pun jika tidak terinstall sistem operasi, baik sistem operasi berbasi Windows, Linux, maupun Macintos. Dengan kata lain sistem operasi adalah salah satu hal yang penting. Tapi untuk menggunakan sistem operasi lain selain Windows, masyarakat Indonesia keberatan dikarenakan beberapa sebab. Jika masyarakat disuruh untuk beralih ke sistem operasi lain selain Windows (contohnya Linux dan Macintos) maka masyarakat harus belajar lagi terlebih dahulu. Sedangkan untuk mempelajari sistem operasi selain Windows (seperti sistem operasi Linux dan Macintos), masyarakat tidak mempunyai waktu untuk belajar atau mempelajari sistem operasi selain Windows. Tuntutan pekerjaan yang mempunyai deadline yang tinggi membuat masyarakat harus mengerjakan pekerjaan itu secepat mungkin sehingga tidak ada waktu untuk mempelajari sistem operasi Linux atau Macintos.

Sebenarnya yang menyebabkan pembajakan sistem operasi Windows bukan hanya karena masyarakat Indonesia yang kurang familiar dengan sistem operasi Linux dan Macintosh. Tetapi ada penyebab lain yang menyebabkan terjadinya pembajakan sistem operasi Windows. Misalnya saja untuk sistem operasi Windows original kita harus membeli dengan harga yang cukup mahal dan ketika kita sudah memiliki sistem operasi Windows original tersebut, kita hanya bisa menggunakan sistem operasi Windows original tersebut untuk satu komputer saja. Komputer-komputer yang lain, mau tidak mau kita harus membeli Windows original yang lain. Hal ini yang menyebabkan banyak warnet terpaksa untuk menggunakan Windows bajakan. Bagaimanapun juga mahalnya harga Windows original berpengaruh terhadap pembajakan sistem operasi Windows.

Untuk seseorang yang memiliki uang banyak (sultan) atau seseorang yang mau / sadar untuk membeli Windows original, masalah mahal atau tidaknya sistem operasi Windows tersebut tetap saja akan dibeli dan tidak akan menjadi masalah. Tetapi di negara Indonesia yang merupakan negara berkembang di mana penduduknya mayoritas menengah kebawah, permasalahan mahalnya sistem operasi Windows merupakan masalah yang cukup serius. Masyarakat Indonesia Mungkin banyak yang menggunakan sistem operasi Windows original Jika harga sistem operasi Windows original lebih murah daripada yang sekarang. Walaupun jika dipikir-pikir menggunakan akal bahwa menggunakan sistem operasi Windows bajakan tersebut merupakan sebuah kejahatan atau kriminal (tidak mempunyai uang tidak bisa menjadi alasan untuk mencuri) setidaknya jika sistem operasi Windows harganya lebih murah daripada yang sekarang Maka pembajakan akan lebih sedikit.

Mungkin Di Antara Kalian ada yang tahu bahwa di Linux terdapat berbagai macam distro, setiap distro dari Linux tersebut memiliki tampilan yang berbeda-beda dan cara menggunakannya yang berbeda-beda pula. Jika kalian mempunyai banyak waktu luang dan kalian gemar atau suka dengan hal yang berbau dengan IT, mempelajari Linux dan menggunakan sistem operasi Linux tersebut merupakan pilihan yang bagus agar kita tidak menggunakan sistem operasi Windows bajakan. Hal ini disebabkan karena sistem operasi Linux gratis dan open source (bisa didapatkan tanpa keluar uang sedikitpun), Anda bisa mendapatkan sistem operasi Linux dengan cara mendownloadnya di internet atau Anda bisa juga mendapatkan sistem operasi Linux dengan membeli di toko online (kalau membeli di toko online terpaksa untuk keluar biaya, namun keluar biaya disini untuk membeli CD nya). Jika di bandingkan antara sistem operasi Windows dan sistem operasi Linux dari sisi harga, maka jelas sistem operasi Linux itu yang menang.

Lalu bagaimana solusi untuk orang awam yang ingin menggunakan sistem operasi yang mudah digunakan tanpa menggunakan sistem operasi Windows bajakan? Caranya adalah dengan menggunakan sistem operasi bernama ReactOs. Sistem operasi ReactOs ini, memiliki tampilan yang sangat mirip dengan sistem operasi Windows. Selain itu sistem operasi ini juga merupakan sistem operasi yang open source atau gratis dan boleh dikembangkan oleh siapapun. Dengan menggunakan sistem operasi ini diharapkan pembajakan sistem operasi Windows akan semakin berkurang. ReactOs ini, memiliki tampilan sistem operasi Windows Vista. Bahkan di update terbarunya ReactOs sesudah mendukung MSSStyle. MSSStyle merupakan format digital yang ditetapkan oleh Microsoft Windows.

Di dalam sistem operasi ini juga terdapat file-file yang mirip dengan sistem operasi Windows diantaranya ReactOS Explorer, My Computer, My Documents, Control Panel, Recycle Bin, dan lain-lain. Hal inilah yang menyebabkan sistem operasi ReactOs lebih unggul daripada sistem operasi Linux yang sama-sama open source. Tampilan sistem operasi Linux berbeda dengan tampilan yang dimiliki oleh sistem operasi Windows sehingga banyak masyarakat yang susah menggunakan tapi ketika beralih menggunakan ReactOs masyarakat akan dengan mudah menggunakan sistem operasi ini karena kemiripannya dengan sistem operasi Windows. Jadi dengan menggunakan sistem operasi ReactOs, kalian yang takut dosa menggunakan sistem operasi Windows bajakan dan kalian awam dengan sistem operasi Linux, maka kalian akan bisa menginstal sistem operasi ReactOs, dengan menggunakan sistem operasi ini kalian akan bisa menggunakan banyak software yang berjalan di sistem operasi Windows sehingga menggunakan sistem operasi menjadi pilihan untuk orang awam.

Meskipun sistem operasi ReactOs kurang berkembang dikarenakan kurangnya ahli, tapi ReactOs tetap layak digunakan. Selain itu untuk orang yang ahli IT lebih memilih menggunakan sistem operasi Linux dibandingkan dengan menggunakan sistem operasi ReactOs dikarenakan orang yang menekuni dunia IT lebih senang untuk menelusuri atau mengeksplor software-software atau aplikasi-aplikasi. Sistem Operasi ReactOs yang mirip dengan sistem operasi Windows, menurut sebagian orang yang menekuni dunia IT kurang menarik karena untuk apa menggunakan aplikasi yang sangat mirip dengan sistem operasi Windows tanpa ada kelebihan apapun didalamnya? Sedangkan kalau sistem operasi Linux menurut orang yang mendalami IT, meskipun sistem operasi tersebut berbeda dengan sistem operasi Windows tetapi sistem operasi Linux mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan sistem operasi Windows dan sistem operasi ReactOs.

Sistem operasi ReactOs bukanlah sistem operasi Linux yang di mirip-mirip kan dengan sistem operasi Windows, tetapi sistem operasi ReactOs ini adalah sistem operasi murni yang dibuat dari awal. Sistem operasi ini dibuat memang sangat mirip dengan tampilan sistem operasi Windows. Sistem operasi ini sangat ringan dan mampu di berjalan di storage yang minim, 500MB dan RAM hanya 96MB. Cara menginstall ReactOs pun cukup mudah, caranya sama seperti ketika kita menginstall sistem operasi Windows. Walaupun ReactOs tidak stabil, tapi ReactOs merupakan sistem operasi yang cukup bagus untuk masyarakat karena ReactOs bisa menggunakan hampir seluruh aplikasi Windows.

Tetapi yang menjadi permasalahan adalah sistem operasi ReactOs ini masih​ belum terkenal di masyarakat. Bahkan seorang IT pun banyak yang hanya mengenal sistem operasi Windows, Macintosh dan Linux saja (sistem operasi ReactOs masih jarang diketahui). Jika seorang IT saja ada beberapa yang belum mengetahui tentang sistem operasi ReactOs, bagaimana dengan masyarakat awam? Tentunya masyarakat awam lebih tidak mengetahui tentang sistem operasi ini.




Scroll To Top