Teknologi ini diprediksi gagal ternyata laku keras


Di era modern saat ini banyak teknologi yang sudah diciptakan. Mulai dari teknologi yang sederhana maupun teknologi yang rumit, teknologi yang penting ataupun yang tidak berguna. Dengan teknologi, banyak dari gaya hidup manusia yang berubah. Yang dulu ketika liburan manusia menghabiskan di tempat rekreasi. Sekarang manusia meski liburan tetap terpaku dengan layar smartphone. Bahkan mungkin sekarang tidak ada orang yang tidak bisa hidup tanpa benda bernama smartphone. Diantara teknologi yang berhasil diciptakan dan sukses dipasaran, terdapat beberapa teknologi yang sudah di prediksi akan mengalami kesuksesan. Tapi ada juga teknologi yang tidak disangka-sangka sukses dipasaran. Hal itu bisa dikarenakan beberapa hal atau sebab. Berikut ini adalah beberapa teknologi yang ternyata pernah diprediksi akan gagal atau tidak laku, ternyata malah laku keras:
  
1.       Website
Siapa yang tidak menggunakan internet pada saat ini? Saya yakin bahwa internet sekarang sudah menjadi kebutuhan. Hanya suku-suku pedalaman dan orang desa saja yang tidak pernah menggunakan internet. Bahkan saat ini, sudah banyak orang yang sudah menggunakan internet, pengguna internet saat ini sudah mencapai 3,5 miliar. Hal ini adalah hal yang wajar, mengingat bahwa internet berisi infomasi-informasi yang penting dan juga di dalam internet terkandung hiburan yang menyenangkan. Dengan adanya internet, seseorang bisa menambah pengetahuan dengan membaca artikel-artikel di internet, dan juga e-book di internet. Dengan internet seseorang bisa juga mencari hiburan seperti menonton video, medengarkan musik, bermain game, ngobrol satu sama lain dan sebagainya.

Dulu website dianggap sebagai proyek yang gagal dan diprediksi tidak akan laku dipasaran. Hal ini dikarenakan website dianggap super lambat, membuat orang bingung, dan juga termasuk berbahaya. Tapi hal tersebut ternyata salah, sebaliknya website menjadi situs yang laku dan populer di masyarakat. Hal itu wajar karena ketika website diciptakan pada tahun 1989, kemampuan website sangat jauh dari sekarang. Kalau zaman sekarang website sudah berkecepatan tinggi (4G bahkan memasuki era 5G), zaman dulu untuk tersambung ke internet harus menggunakan dial up yang sangat lemot atau lambat.

2. Nitendo Switch

Era teknologi canggih saat ini, membuat teknologi game semakin lebih keren, canggih dan hebat dari sebelumnya. Dimulai dari console SNES, Nitendo, Sega, Playstation hingga ke PS4. Bahkan sekarang grafis game sudah mendekati realistis atau bahkan sangat realistis. Sebut saja game GTA 5 yang sangat populer. Game ini memiliki grafis yang sangat memukau, bahkan jika ditambahkan mod tambahan, maka tingkat realistis game GTA tersebut akan menjadi lebih meningkat lagi. Dan sekarang zamannya game dengan grafis seperti itu.

Sejak munculnya game Playstation di pasaran, sejak itulah console yang lain seperti Nitendo dan Sega sudah jarang di beli oleh orang-orang. Bahkan produk yang setara dengan grafisnya Playstation 2, misalnya Nitendo Game Cube tidak bisa menyaingi kepopuleran Playstation 2 di masanya. Wajarlah jika console Nitendo Switch diremehkan dan dianggap tidak laku dipasaran jika dirilis.

Tetapi ketika Nitendo Switch di launching, ternyata produk ini termasuk produk yang laku atau laris di pasaran. Hal ini mematahkan anggapan orang-orang yang mengira bahwa Nitendo Switch hanya akan di beli oleh pengemar Nitendo saja. Ditahun pertamanya saja produk Nitendo Switch mampu menjual sekitar 14 juta unit. Hal ini termasuk penjualan yang fenomenal.

Hal ini mungkin dikarenakan Nitendo Switch yang memiliki beberapa kelebihan. Jika kita malas untuk memainkan game PS 4 di TV, kita bisa mengkoneksikan PS 4 ke Nitendo Switch yang kita punya sehingga kita bisa memainkan game PS4 di Nitendo Switch.
3. iPod,iPad dan iPhone

Kedua produk ini dianggap sebagai produk yang tidak akan laku dipasaran. Hal ini dikarenakan beberapa alasan. Untuk produk iPod, produk iPod dianggap tidak bisa menyaingi mp3 player pada saat itu. Ternyata produk iPod yang dianggap akan gagal tersebut bisa laku dipasaran. Sedangkan iPad dianggap desainnya tanggung (dianggap smartphone bukan, dianggap notebook bukan). Tapi ternyata iPad juga laku di pasaran.

Untuk produk iPhone, produk ini adalah produk handphone yang menggunakan sistem layar sentuh. Ini adalah inovasi yang sangat beresiko karena pada saat itu handphone masih menggunakan papan ketik atau menggunakan keypad. Banyak yang beranggapan bahwa produk smartphone iPhone tidak akan laku karena hal itu, tapi ternyata produk iPhone menjadi produk yang laku dipasaran bahkan sampai saat ini. Bahkan orang yang mempunyai penghasilan pas-pasan pun membeli produk iPhone ini. 
 
4. WhatsApp

Aplikasi WhatsApp (WA) adalah aplikasi perpesanan yang populer pada saat ini. Tapi ketika pertama kali aplikasi ini diciptakan, aplikasi ini dianggap akan mengalami kegagalan atau tidak akan mampu menyaingi Blackbarry Messanger (BBM) yang sangat populer pada saat itu. Dengan pembenahan terus menerus, produk WhatsApp ini menjadi produk perpesanan yang populer hingga saat ini, termasuk juga di indonesia.

Sejarah WhatsApp sebenarnya sangat panjang. Dimulai dari dua orang mantan karyawan Yahoo!, Jan Koum dan Brian Acton melamar pekerjaan di Facebook namun tidak diterima pada tahun 2007. Setelah Jan Koum membeli iPhone, Jan Koum melihat peluang dari aplikasi pihak ketiga di App Store. Dari sinilah sejarah WhatsApp dimulai.

Sebenarnya aplikasi WhatsApp ini bukan aplikasi yang tanpa halangan. Pada tahun 2009 aplikasi WhatsApp sering mengalami crash. Tapi Jan Koum tidak menyerah untuk memperbaiki bug tersebut sehingga terciptalah WhatsApp yang sekarang. Jika saja Jan Koum tidak memperbaiki bug tersebut dan menyerah di tengah jalan, kemungkinan besar bahwa aplikasi WhatsApp ini tidak akan ada saat sekarang atau tidak populer.

5. Xbox



Pada mulanya orang-orang beranggapan bahwa konsol buatan Microsoft ini adalah konsol yang tidak akan laku di pasaran. Pemikiran ini adalah pemikiran yang wajar, karena jika orang-orang ditanya tentang konsole game, maka kebanyakan orang akan menjawab konsole playstation. Tapi tanpa disangka ternyata konsol Xbox bisa laku dipasaran. Hal ini dikarenakan konsole ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan konsol playstation.

Contohnya saja kelebihan dari Xbox one terdapat controller yang menurut sebagian orang lebih baik dibandingkan dengan PS4. Sebagian besar controller terletak pada segi hardwarenya. Setiap trigger pada controller Xbox One memiliki motor rumble sendiri. Dengan disain demikian, ada beberapa orang yang mengganggap controller milik Xbox One sangat nyaman untuk di gunakan dibandingkan dengan controller PS4.

Xbox One juga memiliki kelebihan harganya yang relatif lebih murah. Sejak Microsoft meluncurkan Xbox One S dan Xbox One X, Xbox One versi original memiliki harga yang paling murah. Jika kamu bisa membeli versi originalnya maka kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan versi terbarunya.
Scroll To Top