Teknologi keren buatan Indonesia


Selama ini mungkin kita tidak menyangka bahwa ada teknologi modern yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun informasi ini ada beberapa yang tidak begitu populer di masyarakat, tetapi informasi ini cukup membanggakan untuk diketahui. Berikut ini adalah informasi teknologi yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia yang bisa membuat kita bangga.

1. Tank War-V 1.

Berkat hobinya di bidang militer, 3 orang masyarakat Indonesia yang bernama Bachtiar Dumais Laksna (23), Adhitya Whisnu Pratama dan Muhammad Iqbal merealisasikan diri mereka untuk membuat sebuah Tank taktis tanpa awak yang digerakkan dengan menggunakan remote control. Tank ini dibuat dengan menggunakan kreativitas mereka sendiri dan dirancang sendiri. Tank ini bukan hanya terealisasi berkat mimpi mereka tetapi karena mereka juga merupakan urusan dari Teknik Elektro sejak SMK, Jadi mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang elektronik yang bisa digunakan untuk mewujudkan mimpi mereka membuat sebuah peralatan yang belum pernah ada sebelumnya. Bachtiar sendiri merupakan  mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Desain tank ini memang mirip dengan robot militer Jepang, karena mereka  memang mendapatkan inspirasi dari robot militer Jepang. 

Selain dikendalikan dengan jarak jauh tank ini juga bisa dipasang senjata mesin, roket dan juga geranat dan jika bisa dikembangkan lebih jauh lagi maka peralatan-peralatan yang lain pun mungkin bisa dipasang di tank ini.

Mereka bertiga akhirnya membuat sebuah perusahaan sendiri yang disebut sebagai BDL-Tech. Walaupun teknologi ini sedang dilirik oleh kodam VI/Mulawarman di Balikpapan dan Batalyon kavaleri 8 divisi infanteri 2 kostrad di Bandung, tetapi pada saat ini teknologi ini belum mendapatkan bantuan dana dari pemerintah dan masih menggunakan dana pribadi. Tetapi Bachtiar akan mendapatkan kucuran dana dari kemenhan jika salah satu bagian dari skripsi yang dibuatnya lolos.

Coba bayangkan jika teknologi ini dikembangkan dan mendapatkan pembiayaan dari pemerintah, tentunya teknologi ini bisa menjadi lebih canggih lagi. Dan Apakah mereka sudah melakukan paten (HAKI)? Karena jangan sampai teknologi sebagus ini diakui oleh orang lain apalagi di akui oleh negara sebelah.

2. Robot pemadam kebakaran.

Zaman dulu  semua pekerjaan dikerjakan oleh tangan manusia. Lalu Seiring dengan berjalannya waktu ada beberapa pekerjaan dari manusia yang digantikan oleh mesin, contohnya mesin produksi. Di masa yang akan datang kemungkinan besar Teknologi akan banyak menggantikan dari tugas manusia atau tugas manusia digantikan oleh robot. 

Di negara maju seperti Jepang penggunaan robot sudah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari contohnya saja robot customer service yang sudah digunakan di mall Aqua city di Odaiba Jepang. Orang Jepang sama sudah berhasil membuat robot yang nyaris mirip dengan manusia. Tidak ingin tertinggal dari negara Jepang, masyarakat Indonesia pun mulai berusaha untuk membuat robot.

Salah satu jenis robot yang dikembangkan mahasiswa di Indonesia adalah robot pemadam kebakaran. Robot Ini kemungkinan akan menggantikan tugas dari pemadam kebakaran yang dilakukan oleh tangan manusia di masa yang akan datang.

Robot pemadam kebakaran ini diciptakan oleh mahasiswa Semarang. Robot ini diciptakan oleh 3 orang dari Fakultas Teknologi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula). Ke 3 mahasiswa tersebut bernama Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri. Ketiga mahasiswa ini memenangkan kejuaraan robotika di Amerika Serikat. Mereka berhasil menjadi juara umum di kejuaraan itu. Bukan hanya menjadi juara umum tapi Unissula juga memborong berbagai juara diantaranya robot pemadam api beroda berhasil menjadi juara 1 dan 2 pada kategori senior, juara 1 dan 2 pada kelas robot pemadam api berkaki dan meraih penghargaan robot dengan performa terbaik serta best score pada level 2 dan 3. Hal ini termasuk sulit karena mereka harus bersaing dengan 80 kontestan lain dari berbagai macam negara, antara lain negara Israel, Tiongkok dan berbagai negara bagian di Amerika Serikat. Jadi hal ini merupakan hal yang bisa membanggakan.

Memang penggunaan robot bisa membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai macam masalah dan menggantikan tenaga manusia namun akibat buruk yang ditimbulkan manusia menjadi malas dan mengandalkan teknologi, oleh karenanya jika teknologi perkembangan robot sudah sangat maju di masa yang akan datang diharapkan manusia bisa menggunakan teknologi robot ini dengan bijak.

3. Mobil Esemka.

Bisa dibilang mobil Esemka adalah salah satu mobil kebanggaan Indonesia. Mobil ini diciptakan oleh siswa-siswi dari Sekolah Menengah Kejuruaan, oleh karenanya mobil ini dinamakan dengan mobil Esemka. Mobil Esemka ini diklaim merupakan salah satu mobil dengan teknologi canggih buatan Indonesia. Mobil Esemka ini beritanya pernah sangat populer pada tahun 2004 tepatnya ketika musim  politik pemilihan presiden. Tapi berita tentang mobil Esemka pada saat ini sudah jarang terdengar. Tetapi saya mendapatkan info bahwa ternyata mobil Esemka sudah terjual sekitar 200 unit yang tersebar ke seluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh mantan Direktur Teknik PT SMK Dwi Budhi Martono. Jadi berita ini adalah berita yang menggembirakan karena ternyata perkembangan mobil Esemka masih jalan.

Saya mendapatkan informasi terbaru dari internet bahwa mobil Esemka ini siap untuk diproduksi secara massal untuk masyarakat umum. Direktur Industri Maritim alat transportasi dan alat pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan bahwa jenis mobil Esemka yang akan diproduksi di Boyolali adalah mobil pikap, Sedangkan untuk mobil berjenis Sport Utility Vehicle, ada kemungkinan untuk dirakit di daerah tersebut. Semoga saja produksi massal mobil ini benar-benar bisa terlaksana sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari produk mobil buatan Indonesia.

4. Senjata Runduk SPR

Salah satu senjata buatan Indonesia lainnya adalah senjata Runduk SPR. Senjata ini diciptakan karena militer Indonesia yang membutuhkan jenis senapan runduk berkemampuan tinggi dengan harga yang terjangkau. Senjata SPR ini dibuat dan diciptakan oleh PT Pindad. 

SPR sendiri merupakan singkatan dari Senapan Penembak Runduk. Senapan ini memiliki beberapa varian yaitu senapan SPR 1, 2 dan 3. Kemampuan dari senjata ini bisa dibilang hebat, bayangkan baja setebal 2 cm bisa ditembus oleh senjata ini dari jarak 1000 meter. Bukan hanya peluru senjata ini bisa menembus baja, tetapi peluru tersebut akan meledak ketika mengenai target. 

Jangan dikira  senjata ini  adalah senjata  yang mempunyai kualitas jelek, senjata ini  adalah salah satu  jenis senjata yang hebat. Karena kehebatan dari senjata ini, senjata ini pernah dikagumi oleh negara Yordania dalam sebuah pameran industri pertahanan dan keamanan berskala internasional bertajuk The 11th Special Operations Forces Exhibition and Conference (SOFEX), di Amman, Yordania. Sebenarnya bukan hanya senjata SPR saja yang buatan Indonesia, tapi Indonesia berhasil membuat kurang lebih 10 senjata. Karena Indonesia berhasil membuat senjata sendiri, Menteri Pertahanan berkomentar bahwa dia mempunyai impian untuk membuat pesawat jet tempur dan kapal selam sendiri dan tidak tergantung atau membeli dari pihak asing.

Scroll To Top