Teknologi modern di bidang kesehatan


Era teknologi yang semakin lama semakin berkembang membuat berbagai hal menjadi lebih maju, bahkan dengan teknologi yang berhasil di kembangkan sekarang, seseorang sudah dapat melakukan sesuatu hal yang dulu terlihat mustahil. Hal tersebut juga berlaku dalam dunia medis atau kesehatan. 

Teknologi zaman sekarang dalam bidang kesehatan semakin maju, dengan menggunakan teknologi, diharapkan mampu untuk dapat membuat obat, membantu penyembuhan pasien, dan juga untuk penelitian virus / bakteri dan penelitian penyakit baru. Dengan menggunakan teknologi zaman sekarang yang semakin maju, hal tersebut bisa di wujudkan.

1. Pen pendeteksi kanker.

Salah satu penyebab kanker tidak sembuh secara total dan memungkinkan untuk kambuh kembali adalah karena sel kanker tidak seluruhnya diambil (masih tersisa), kasus ini sudah banyak dialami oleh para dokter. 

Alat ini diciptakan dan dikembangkan dengan harapan supaya sel kanker yang berada di dalam tubuh manusia bisa diangkat seluruhnya dan tidak menyisakan sel kanker. Alat ini juga diklaim dapat mendeteksi kanker dalam waktu yang sangat singkat hanya 10 detik. Para peneliti itu juga yakin bahwa alat pen pendeteksi kanker itu juga akurat hingga 96%. Alat ini dapat mengetahui mana yang penyakit dan mana jaringan yang sehat.

Para dokter mengharapkan bahwa alat ini segera diuji coba tahun ini atau tahun yang akan datang. Mengingat bahwa kebanyakan pasien mengharapkan agar dokter bedah dapat mengangkat seluruh sel-sel kanker nya.

Coba Anda bayangkan ketika penyakit kanker yang sudah Anda obati ternyata masih belum terambil seluruhnya, sangat menyedihkan bukan? Dengan menggunakan teknologi ini diharapkan tidak ada kesedihan akibat dari penyakit kanker yang tersisa di tubuh pasien.

Alat yang bernama Pen MasSpec ini dapat mendeteksi kanker dengan sangat cepat hanya dengan sentuhan. Alat ini bisa mendeteksi penyakit kanker 150 kali lebih cepat dari pada teknologi yang sudah ada sekarang. Alat yang berbentuk pulpen ini dapat mendeteksi ukuran kanker sekecil apapun bahkan seukuran molekul sekalipun pada saat operasi sedang berlangsung. 

Dengan alat ini, seorang dokter bedah menjadi mengetahui mana jaringan yang sehat dan mana jaringan kanker yang harus diangkat dengan lebih cepat, tepat dan aman. Dengan menggunakan alat ini akan mengurangi resiko mengambil jaringan yang masih sehat di sekitar kanker.

2. Teknologi pengontrol dengan menggunakan pikiran.

Bagaimana jika Anda mengalami kelumpuhan? Tentunya banyak sekali aktifitas yang tidak bisa Anda lakukan bukan? Bahkan mungkin melakukan tugas yang sepele pun akan terasa berat. Salah satu manfaat dari alat pengontrol pikiran ini adalah untuk menolong orang yang mengalami kelumpuhan. Dengan menggunakan alat canggih ini, kita bisa menggerakkan benda hanya dengan pikiran lewat "Brain Computer Interfaces" atau yang disingkat BCI. BCI sendiri ditemukan oleh Graz University of Technology.

Cara kerja dari Brain Computer Interfaces adalah dengan menangkap pesan-pesan yang ada di dalam otak yang kemudian akan disampaikan ke mesin-mesin yang akan membantu penderita kelumpuhan. Dengan menggunakan alat ini pasien​ dapat menulis bahkan bisa berjalan (orang yang tidak bisa berjalan akan bisa berjalan jika menggunakan alat ini).

Alat ini sudah diuji coba dengan menggunakan lengan bionik. Hasilnya orang itu dapat menggerakkan lengan bionik dengan teknologi pengontrol pikiran. Bahkan menurut para dokter yang terlibat, orang dapat menggerakkan kursi roda hanya dengan menggunakan pikirannya saja. Uji coba berikutnya akan dilakukan ke pasien Royal Melbourne Hospital. 

Keunggulan dari alat ini adalah tidak memerlukan operasi besar. Alat ini hanya dimasukkan saja kedalam aliran darah di leher saja, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan sampai ke otak.

Perlu waktu yang lebih banyak untuk mengembangkan alat ini sebelum disebarkan ke masyarakat luas. Dengan kata lain masih diperlukan riset yang lebih dalam lagi.

3. Teknologi penyambung sel kulit dan tulang.

Saya punya seorang saudara yang pekerjaannya adalah seorang pedagang daging. Tiap hari bekerja memotong daging sedikit demi sedikit. Pernah suatu saat, saudara saya mengalami kecelakaan, jarinya terpotong tiga. Jarinya tidak terbeset, tapi jarinya terpotong (putus). Dengan adanya teknologi sekarang, jarinya yang terpotong itu bisa disambung lagi. Tapi saudara saya harus mengeluarkan biaya sekitar 30 juta rupiah. Mungkin inilah salah satu teknologi penyambung sel kulit dan tulang. Tapi yang dimaksud alat penyambung sel kulit dan tulang di tulisan ini lebih canggih dari itu.

Ada dua alat yang ditemukan oleh Ohio University, alat pertama berbetuk "chip" yang akan menyatu dengan sel-sel kulit dengan tulang, dengan menggunakan "chip" ini rasa sakit patah tulang mu bisa dikurangi. dengan menggunakan "Chip" yang seperti simcard ini. Chip ini akan menyatu dengan kulit dan tulang jika digunakan. Lalu yang kedua adalah "cargo" atau sengatan listrik yang dialirkan untuk menutup luka. 

4. Teknologi pembakar lemak
Obesitas adalah sebuah masalah yang sangat umum dialami oleh masyarakat dunia, obesitas dapat mengakibatkan gagal jantung, stroke, dan diabetes tingkat 2. Menurut data dari organisasi kesehatan dunia terdapat sekitar 1,9 miliar orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan sedangkan sekitar 650 juta mengalami obesitas. Obesitas juga bisa mengakibatkan fisik seseorang menjadi jelek. Mengingat penyakit obesitas yang bisa berbahaya bagi kesehatan, memperjelek tampilan fisik, memperbanyak resiko penyakit mematikan maka mau tidak mau kita harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk menghilangkan lemak yang ada di dalam diri kita. Tapi untuk menggunakan teknologi pembakar lemak dengan cara sedot lemak dan metode operasi membutuhkan biaya sampai ratusan juta rupiah, hal itu sangat mahal untuk kebanyakan masyarakat di Indonesia dan menggunakan obat-obatan juga dapat berbahaya untuk kesehatan. Tapi sekarang ada solusi yang lebih murah, aman, dan bisa dibilang mutakhir. Dengan menggunakan teknologi ini anda cukup mengeluarkan biaya yang murah 3$ - 5$. Teknologi ini sudah di uji coba dan terbukti berhasil.

Teknologi ini diciptakan oleh Professor Chen Peng dan asisten Professor Xu Chenjie. Dari Universitas Teknologi di Nanyang, Colombia University Medical Center. Teknologi pembakar lemak yang mempunyai bahan tipis mirip kertas persegi empat ini, bisa mengubah lemak berwarna putih untuk pembakaran energi menjadi lemak berwarna coklat untuk membakar energi. Teknologi ini adalah teknologi yang maju dan dapat mengurangi tingkat obesitas di seluruh dunia.

Bagaimana cara kerja alat ini? Cara kerjanya adalah sebuah bahan tipis mirip kertas persegi empat yang memiliki ratusan jarum mikroskopik yang sangat kecil digunakan untuk menyuntikkan sebuah obat. Obat tersebut berisi Beta-3 adrenergic receptor agonist dan obat lain thyroid hormone T3 thriiodothyronine.

Bagaimana cara menggunakan alat ini? Sebenarnya cara menggunakannya cukup mudah, cukup tempelkan di bagian beberapa lembar selama 2 menit (seperti plester) maka perlahan-lahan obat tersebut akan melakukan reaksi perubahan lemak putih menjadi lemak coklat, di mana lemak coklat tersebut bertanggung jawab sebagai pembakaran energi. 

Lemak coklat itu sebenarnya dimiliki oleh bayi, bayi butuh lemak coklat untuk membakar energi sehingga tubuh bayi tersebut menjadi hangat. Tetapi seiring berjalannya waktu bayi tersebut menjadi orang dewasa sehingga tidak membutuhkan lemak coklat dan lemak coklat tersebut berubah menjadi lemak putih

Scroll To Top