Teknologi website masa depan yang menjadi tren di tahun 2018


Di zaman teknologi semakin lama semakin berkembang, berpengaruh juga di bidang teknologi website. Zaman dulu website hanya dibuat dengan menggunakan PHP dan HTML saja. Website zaman sekarang lebih kompleks daripada hanya menggunakan HTML dan PHP saja. Zaman sekarang sudah muncul teknologi baru contohnya saja html5, CSS, jquery, JavaScript, dan lain sebagainya. Bahkan teknologi macromedia flash sudah ketinggalan zaman. Macromedia flash sudah digantikan oleh teknologi HTML5. Berikut ini adalah teknologi-teknologi website yang akan berkembang.

1. Teknologi penonaktifan ad blockers

Seiring dengan perjalanan waktu, muncul teknologi untuk mematikan iklan yang ada di website dengan alasan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung atau pembaca website (ad blockers). Tetapi disisi lain, hal tersebut sangat merugikan untuk membuat website karena banyak pembuat website yang penghasilannya tergantung dari iklan yang ditampilkan di website. Oleh karena itu banyak pengunjung yang mengharuskan dan meminta untuk menonaktifkan ad blockers sebelum melanjutkan untuk browsing. Jika kita masih mengaktifkan ad blockers, maka website tersebut tidak akan tampil dengan maksimal atau bahkan website tersebut tidak bisa dibuka. Hal ini menyebabkan teknologi ad blockers dan teknologi penonaktifan ad blockers sama-sama berlomba untuk mengembangkan teknologinya masing-masing.

Sebenarnya ada dua kerugian yang didapat dari ad blockers untuk developer website yaitu ada blockers membuat fitur utama website menjadi tidak berfungsi sehingga tampilan yang seharusnya bagus menjadi tidak maksimal atau jelek. Yang kedua, ad blockers mematikan ads pada website dan ads pada AdWords ads yang berada pada hasil pencarian. Sehingga akan mengakibatkan kerugian pada pemasang iklan. Hal ini yang mungkin tidak banyak diketahui oleh pengunjung website, sehingga banyak pengunjung website yang tidak sengaja merugikan pembuat website atau developer web tanpa sengaja (tidak tahu kalau iklan itu penting).

2.  Web push notification

Pernahkah anda membuka website di handphone namun tiba-tiba muncul pemberitahuan yang menanyakan apakah ingin menerima notifikasi? Jika anda sudah pernah menerima pemberitahuan seperti itu maka website tersebut sudah tergolong canggih. Karena teknologi itu sebelumnya belum diterapkan dalam beberapa website.

Apa yang dimaksud dengan web push notification? Web push notification adalah website yang akan mengirimkan notifikasi website kepada pengunjung website tersebut. Teknologi ini mirip dengan notifikasi pada aplikasi, tapi dengan menggunakan teknologi ini kita tidak perlu untuk menginstal aplikasi lain hanya untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari website tersebut, notifikasi hanya akan dikirimkan ke web browser seperti Mozilla Firefox atau web browser yang lain jika kita mengizinkan untuk menerima notifikasi tersebut. Teknologi ini diperkirakan akan terus berkembang.

Jadi dengan kata lain teknologi ini memudahkan kita untuk mendapatkan update terbaru dari sebuah website yang ingin kita baca tanpa khawatir ketinggalan update terbaru dari website tersebut. Keuntungan itu jika dilihat dari sisi pengunjung. Untuk sisi pembuat website, akan lebih mudah untuk melakukan promosi, memberitahukan tentang produk terbaru, pemberitahuan tentang berita terbaru, hal itu bisa dilakukan dengan tepat sasaran. Juga dengan menggunakan teknologi notifikasi kita bisa melakukan analisa segmentasi audience berdasarkan pola perilaku dengan menggunakan tool analisa Push Notification.

3. Teknologi responsive website


Apa yang dimaksud dengan teknologi responsive website? Teknologi ini memungkinkan agar tampilan website menyesuaikan sesuai dengan gadget atau peralatan apa yang digunakan oleh pengunjung. Dengan menggunakan responsive website kita tidak perlu lagi membuat dua website seperti di zaman dulu. Di zaman dulu jika kita ingin membuat tampilan website di PC dan laptop, kita harus membuat website khusus untuk PC, tapi jika kita ingin membuka website tersebut di smartphone, kita harus membuat versi mobile-nya. Hal tersebut akan memakan waktu atau lama. Dengan menggunakan teknologi responsive website kita hanya perlu membuat satu versi website saja. Tampilan website yang ada di PC akan berubah menjadi tampilan website yang sesuai untuk smartphone jika kita menggunakan smartphone.

Berdasarkan analitik yang berada di website, sekitar 60% pengunjung menggunakan handphone untuk menjelajahi internet. Oleh karena itu mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita harus membuat aplikasi website khusus untuk mobile. Salah satu cara yang paling mudah membuatnya adalah dengan menggunakan responsive website.

Sebenarnya dengan menggunakan teknologi zaman sekarang membuat website yang responsif atau dengan kata lain responsif website itu lebih mudah dibandingkan dengan membuat tampilan website di zaman dulu. Zaman sekarang muncul banyak framework yang memudahkan kita dalam membuat responsive website. Dengan menggunakan framework yang sudah ada, kita tidak perlu membuat dari awal lagi tampilan website kita. Berbeda dengan zaman dulu yang kita harus membuat tampilan dari awal, sehingga untuk membuat tampilan website yang cantik itu lebih membutuhkan waktu yang lama dan lebih sulit. Contoh-contoh dari framework yang mendukung responsive website adalah Bootstrap, Foundation, Bulma dan lain-lain.

Meskipun membuat responsive website adalah sesuatu hal yang canggih di zaman sekarang, namun banyak website yang masih menggunakan dua tampilan website, yaitu website versi untuk PC dan website untuk mobile. Hal itu dikarenakan responsive web saya juga memiliki beberapa kekurangan, salah satu contohnya adalah web developer terpaksa untuk menghapus beberapa konten karena tidak cocok untuk dimasukkan ke dalam tampilan mobile, padahal fitur itu termasuk fitur yang penting, hal ini menyebabkan beberapa web developer menyenangi untuk membuat dua versi website, yaitu website untuk PC dan website untuk mobile.

Selain dari manfaat responsive website di atas, manfaat dari responsive website yang lain adalah responsive website berguna juga untuk membantu SEO. Misalnya kita mempunyai website dengan link website.com/webku, maka baik untuk tampilan di PC maupun untuk tampilan di mobile akan mempunyai link yang sama. Hal ini berbeda dengan jika kita membuat dua tampilan website, website untuk PC dan juga website untuk mobile. Hal seperti ini berpengaruh kepada SEO.

4. Teknologi AMP

AMP adalah kepanjangan dari Accelerated Mobile Page. Ini adalah teknologi baru yang diciptakan oleh Google pada tahun 2016 yang lalu. Google mengajak setiap pemilik dan pembuat website untuk menggunakan teknologi AMP ini. Dengan menggunakan teknologi AMP ini kecepatan situs website akan meningkat. Dengan menggunakan teknologi ini website yang mempunyai banyak gambar bahkan mempunyai banyak video sekalipun dengan seketika akan ditampilkan.

Hal ini menjadi sangat penting karena kebanyakan orang tidak suka jika membuka situs yang lama loadingnya. Dengan menggunakan teknologi ini maka website tersebut kecepatannya akan meningkat. Teknologi AMP dibuat menggunakan HTML, JS, dan Google AMP Cache. Dengan menggunakan teknologi AMP ini, situs dan konten akan dimuat dalam waktu kurang dari 10 detik. Tidak akan ada halaman yang tidak termuat, halaman yang tidak termuat akan berpotensi untuk menghilangkan minat pembaca atau pengunjung situs website. 

Di masa yang akan datang Google berencana untuk memasukkan website yang sudah menggunakan teknologi AMP pada pencarian teratas di situs pencarian Google. Karena jika sebuah website sudah menggunakan teknologi AMP ini, secara otomatis website tersebut akan memenuhi website speed, mobile experiences, serta content delivery. 

Scroll To Top