Peralatan canggih ini tidak lama lagi akan segera hadir


Manusia adalah termasuk makhluk yang tidak memiliki rasa puas, hal itu juga berlaku untuk teknologi. Hal ini adalah hal positif sebenernya mengingat ketidak puasan akan menimbulkan inovasi baru. Dimana inovasi tersebut akan bermanfaat untuk manusia dikemudian hari. Contohnya saja seperti gadget yang kita gunakan saat ini, gadget yang kita gunakan saat ini sudah berukuran sangat kecil atau mikro bahkan mungkin saja gadget kita akan berukuran nano atau menggunakan teknologi nano. Jika hal ini terjadi maka pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah lagi dikerjakan.

1. Quick Battery Rechargeable

Sebuah perusahaan yang bernama StoreDot yang berada di Tel Aviv menciptakan sebuah baterai yang dapat mengisi daya dengan cepat dan juga daya tersebut dapat disimpan lebih lama. Cara kerja baterai ini mirip dengan spons yang dapat menyerap daya dan kemudian menyimpannya. Hal ini bisa terjadi karena adanya teknologi baru atau inovasi baru yang disebut sebagai teknologi Nanodots. Nanodots merupakan sebuah cara baru yang digunakan untuk bisa menyerap dan menyimpan cadangan listrik. Kecepatan untuk melakukan charger dengan menggunakan baterai ini adalah sangat cepat yaitu sekitar 30 detik baterai sudah terisi penuh. Memang untuk saat ini belum ada baterai ataupun charger yang bisa secepat itu mengisi daya baterai. Mengisi baterai dalam waktu 30 detik itu sangat cepat karena biasanya dalam keadaan normal untuk mengisi baterai itu memerlukan waktu bahkan berjam-jam. Jika teknologi ini berhasil direalisasikan berarti kita tidak akan kehabisan baterai lagi karena mengisinya akan sangat cepat sekali.

2. Transparent Solar Cell (TLSC)


Panel surya sudah berhasil diciptakan oleh manusia. Dengan menggunakan panel ini kita bisa merubah energi matahari menjadi energi listrik yang bisa digunakan untuk mencharger HP ataupun untuk kebutuhan lainnya. Tetapi panel surya yang ada saat ini masih berwarna hitam pekat sehingga tidak bisa digunakan untuk jendela. Para ilmuwan sekarang sudah mulai membuat sebuah panel surya yang bening seperti kaca yang diberi nama Transparent Solar Cell (TLSC). Karena panel ini sangat bening sehingga panel ini bisa dijadikan sebuah jendela.

Panel surya yang berbentuk transparan pada zaman dulu dianggap mustahil untuk diciptakan karena sesuatu yang transparan tidak bisa menyerap cahaya untuk dijadikan energi lain seperti listrik. Tetapi ternyata hal ini sedang dikembangkan oleh seorang peneliti dari Michigan State University.

Cara kerja dari alat panel surya transparan ini adalah dengan cara mencari sistem baru untuk dapat menyerap cahaya, yang disebut sebagai konsentrator surya bercahaya transparan (TLSC), TLSC berisi garam organik yang dapat menyerap gelombang tak kasat mata, seperti sinar ultraviolet dan inframerah.

3. Air Umbrella

Payung adalah sebuah alat yang digunakan untuk melindungi diri kita dari air hujan. Biasanya payung terbuat dari bahan plastik yang bisa ditutup dan dibuka. Dengan menggunakan alat payung kita tidak perlu takut kehujanan ketika di musim hujan. Ada sebuah inovasi baru untuk sebuah payung. Payung ini disebut sebagai payung invisible atau payung tanpa atap. Cara kerja payung ini adalah dengan menggunakan udara sebagai pengganti atapnya, Oleh karena itu payung yang disebut sebagai air umbrella. Ketika anda menggunakan payung ini maka akan keluar dari sebelah kanan dan kiri udara yang akan menghalau hujan sehingga tidak akan mengganggu orang yang ada di sekitarnya.

4. Baterai dengan bahan dasar air
 
Baterai Ini adalah sebuah baterai yang ramah lingkungan. Dengan menggunakan baterai organik berbasis air ini, baterai tersebut tidak akan cepat panas. Tidak seperti baterai konvensional di mana baterai tersebut cepat panas. Selain dari baterai ini yang ramah lingkungan dan murah, banyak kegunaan lain dari baterai ini contohnya adalah baterai ini bisa digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga air hal ini dikarenakan baterai ini bisa menyimpan daya yang sangat besar. Namun baterai dengan bahan dasar air ini belum diuji coba untuk handphone smartphone.

5. Datastickies

Jika dulu ada sebuah flash disk yang dapat menyimpan data berukuran 1 Gigabyte sekarang ada flash disk yang mampu menyimpan data berukuran lebih besar. Tetapi di masa yang akan datang tempat penyimpanan akan lebih canggih dibandingkan dengan yang sekarang. Di masa yang akan mendatang Anda bisa menyimpan data-data anda di sebuah post-it. Dengan kata lain post-it akan menjadi sebuah flash disk.

Penggunaan dari post-it datastickies ini berbeda dari flash disk pada umumnya. Anda cukup menempelkan post-it tersebut ke perangkat gadget anda. Anda bisa mengambil data dari post-it tersebut ataupun anda bisa memasukkan data ke post-it tersebut.

Ide ini berasal dari desainer Aditi Singh dan profesor Parag Anand. Mereka berdua adalah warga keturunan India. Nantinya post-it ini bisa menyimpan data dengan ukuran yang bermacam-macam dari 2 Gigabyte​ sampai ke ukuran 32 Gigabyte. Jika teknologi ini berhasil diciptakan maka teknologi ini akan menggantikan teknologi flash disk yang ada pada saat ini.

6. Q-Warrior

Ini adalah alat yang digunakan hampir mirip dengan Google Glass tapi alat ini khusus digunakan untuk militer. Alat ini dapat melakukan berbagai macam hal contohnya adalah untuk menampilkan gambar 3 dimensi, mengukur jarak, dan lain sebagainya. Alat ini adalah alat Google Glass yang digunakan di helm militer. Dengan menggunakan alat ini, para tentara akan dengan mudah mengetahui posisi musuh, mengetahui posisi kawan, bahkan dapat mengetahui apa yang ada di balik bukit.

Jika alat ini sudah siap maka yang akan pertama kali menguji coba alat ini adalah tentara Navy Seals. Dan jika tentara ini sukses menggunakan peralatan ini, ada kemungkinan besar bahwa alat ini akan digunakan juga oleh tentara lainnya dikemudian hari. Penggunaan alat ini akan sangat bermanfaat untuk tentara jika sukses menggunakannya.

7. Leap Motion Controller

Alat ini adalah alat pendeteksi gerakan. Jika alat ini bisa direalisasikan di dunia nyata maka jika kita menggunakan sebuah smartphone ataupun komputer kita hanya cukup menggerakkan dua jari saja, maka alat ini akan mendeteksi gerakan jari kita. Sehingga mengendalikan komputer akan menjadi lebih mudah lagi dari sebelumnya.

8. Chaotic Moon Helmet

Jika anda hobi bersepeda maka helm ini bisa anda gunakan. Helm ini memang digunakan khusus untuk orang yang menggunakan sepeda. Dengan menggunakan helm ini kita bisa merekam apapun yang terjadi di sekitar kita, hal ini dikarenakan di helm ini terdapat sebuah kamera yang dapat merekan apapun yang terjadi. Alat ini akan berguna jika ada orang yang menabrak sepeda anda dan anda bisa merekamnya secara otomatis sehingga anda bisa memutar kembali rekamannya dan melihat siapa pelakunya.
Scroll To Top