Sistem operasi keren untuk smartphone selain OS Android


Seperti yang kita ketahui bahwa jika kita membeli smartphone, secara otomatis pasti terdapat sistem operasi didalamnya. Biasanya jika kita membeli smartphone, sistem operasi yang digunakan untuk smartphone kita adalah sistem operasi Android dari pada sistem operasi yang lain. Hal ini dikarenakan sistem operasi Android sudah populer, banyak aplikasinya dan alasan lainnya. Selain dari pada itu, banyak merek-merek smartphone yang menggunakan sistem Android ini. Dengan kata lain bukan hanya smartphone Samsung saja yang bisa menggunakan sistem operas Android, tapi smartphone merek lainnya, contohnya adalah Advan dan lain-lain. Berbeda dengan iOS yang hanya bisa digunakan oleh Apple saja. Sedangkan Windows Phone ada beberapa orang yang menggunakannya, tapi Windows Phone kwalitasnya masih kalah dengan sistem operasi Android.

Jika anda ditanya oleh orang lain, sistem operasi apa yang dapat digunakan untuk smartphone selain Android? Anda tentu akan menjawab iOS, Windows Phone, Blackbarry dan Symbian. Hal tersebut sangat wajar, mengingat sistem operasi untuk smartphone yang populer hanya sedikit. Tapi taukah anda bahwa ada sistem operasi lain selain dari 5 sistem operasi yang sudah disebutkan diatas? Berikut ini adalah sistem operasi selain dari pada sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, Blackbarry dan Symbian:

1.         Indus OS

Indus OS atau disebut juga sebagai Firstouch adalah sebuah sistem operasi untuk smartphone. Tapi taukah anda dengan sistem operasi ini? Anda mengira bahwa sistem operasi ini tidak terkenal? Di Indonesia memang sistem operasi ini tidak terkenal, tetapi di negara India, sistem operasi ini terkenal. Bahkan sistem operasi ini merupakan sistem operasi no 2 di negara India. Nomor pertama diduduki oleh Android sedangkan untuk nomor ke dua diduduki oleh Indus OS. Sedangkan Windows Phone, iOS, dan sistem operasi lain, kalah dengan kepopuleran sistem operasi ini di negara India. Hal ini dikarenakan beberapa sebab yang menjadikan banyak orang India menggunakan sistem operasi ini untuk smartphone mereka. Mereka menganggap bahwa bahasa lokal mereka menjadi nilai tambah untuk Indus OS ini.

Sistem operasi Indus OS ini diciptakan pada tahun 2015 oleh orang yang bernama Rakesh Deshmukh, Akeash Dongre, dan Sudhir B yang merupakan alumni dari Indian Institute of Technology yang berada di Bombay. Yang menyebabkan sistem oprasi ini menjadi sistem operasi smartphone yang populer setelah sistem operasi Android adalah karena sistem operasi ini menggunakan bahasa lokal India. Ada sekitar dua belas bahasa lokal yang dimiliki Indus OS, seperti Marathi, Telugu, Malayalam, Gujarati, Tamil Bengali, dan lain-lain. Dengan kata lain, salah satu penyebab sistem operasi ini populer di negara India adalah karena bahasa lokal India. Hal ini menjadikan Indus OS sebagai sistem operasi smartphone pertama di dunia yang menggunakan bahasa lokal. Dengan melihat sebab seperti itu, sangat wajar jika Indus OS menjadi sistem operasi smartphone ke dua terbesar setelah Android.

2.         Web OS

Sistem operasi ini adalah sistem operasi perkembangan dari sistem operasi yang bernama Palm OS. Sistem Palm OS berubah menjadi nama Web OS setelah HP melakukan akuisisi pada bulan Januari 2009. Sistem operasi Web OS ini adalah sistem operasi yang digunakan untuk berbagai macam teknologi, mulai dari teknologi smartphone, tablet, bahkan digunakan untuk printer. Smartphone HP Veer dan HP Pre 3 menggunakan sistem operasi Web OS ini. Tapi ternyata layanan untuk Web OS ini dihentikan oleh HP. HP menghentikan layanan sistem operasi web OS ini pada tanggal 15 Januari 2015 dan menjadikan sistem operasi smartphone WebOS ini menjadi sistem operasi opensource yang boleh dikembangkan oleh siapapun secara bebas.

3.         Plasma Mobile

Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang berjalan pada Kubuntu. Sistem operasi ini diciptakan pada tahun 2016 oleh KDE Community. Kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi Plasma Mobile adalah mudah digunakan, gratis, keaman dan privasi yang terjamin dan kebebasan untuk bisa melakukan kustomisasi dalam segala hal. Dengan kata lain kita bisa melakukan kustomisasi tampilannya saja atau pun kita bisa merubah sistemnya. Dengan menggunakan sistem operasi Plasma Mobile ini kita bisa melakukan navigasi aplikasi bawaan dari pihak ke tiga, mengatur sistem, dan juga melakukan panggilan.

4.         H5 OS

Sistem operasi smartphone ini adalah sistem operasi yang tidak berbasis Linux, tapi menggunakan HTML5 sehingga H5 OS memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem operasi smartphone yang lainnya, contohnya saja sistem operasi smartphone ini mudah diadaptasi sehingga memori yang digunakan akan lebih hemat. Sistem operasi H5 OS ini dibuat oleh perusahaan Acadine yang didirikan oleh Li Gong, yaitu mantan presiden Firefox. Perusahaan ini mendapatkan dana sebesar $100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun yang diberikan oleh perusahaan Tsinghua Unigroup International.

5.         Yun OS

Sistem operasi yang satu ini merupakan sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan AliCloud sebuah anak perusahaan Ali baba. Perusahaan Ali baba yang didirikan oleh Jack Ma ini juga membuat sistem operasi bernama Yun OS yang disebut juga sebagai Aliyun OS. Sistem operasi Yun OS ini memiliki kelebihan yaitu membawa berbagai macam fungsi dari cloud dan dimasukkan ke dalam perangkat smartphone. Untuk dapat menggunakan sistem operasi ini diperlukan untuk terhubung dengan cloud seperti email, sinkronisasi dan juga untuk melakukan penyimpanan data panggilan.

Sebenarnya sistem operasi Yun OS ini sudah banyak yang menggunakan dan cukup populer, sudah sekitar 70 juta orang yang menggunakan sistem operasi ini, pertumbuhan yang didapat juga sudah mencapai 700 persen pada akhir 2016. Meskipun di Indonesia sistem operasi ini tidak terdengar gaungnya, tetapi sistem operasi Yun OS merupakan sistem operasi terbesar setelah Android dan iOS di dunia.

Penggunaan sistem operasi Yun OS juga tidak terhenti pada smartphone saja, tetapi ternyata smart car juga menggunakan sistem operasi Yun OS juga. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan SAIC Motor. Dengan perkembangan terus menerus, maka akhirnya produk smart car yang menggunakan sistem operasi Yun OS ini berhasil diciptakan dengan nama CarOS Roewe RX5. Produk ini diluncurkan pada bulan Juli tahun2016 yang lalu.

6.         Firefox OS

Ternyata Firefox tidak hanya menciptakan brower untuk menjelajahi dunia internet, tapi ternyata Firefox juga membuat sistem operasi untuk smartphone yang diberinama Firefox OS. Firefox OS pernah diprediksi akan menyaingi atau mengungguli sistem operasi Android dan iOS, tetapi pada kenyataannya salah. Banyak masyarakat yang minatnya kurang dengan sistem operasi ini, sehingga jarang yang menggunakan sistem operasi Firefox ini untuk smartphone mereka. Sehingga pada akhirnya pihak dari Firefox terpaksa menghentikan pengembangan sistem operasi Firefox ini dikarenakan kurangnya minat masyarakat terhadap sistem operasi ini.
Scroll To Top