Smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android

Era teknologi yang semakin berkembang pada saat ini berpengaruh juga terhadap dunia handphone. Hampir semua orang sekarang menggunakan smartphone sebagai handphone nya. Dan hampir semua orang mempunyai smartphone saat ini. Smartphone saat ini dikuasai oleh sistem operasi Android dan iOS, meskipun ada sistem operasi lain untuk smartphone contohnya saja sistem operasi Windows Phone, tapi tetap saja sistem operasi Android dan iOS tetap yang terpopuler. Hal itu bukan tanpa sebab. Hal tersebut dikarenakan banyak kelebihan yang ditawarkan oleh sistem operasi Android dan iOS yang ada pada saat ini. Salah satunya saja, aplikasi Android di Playstore sudah banyak sehingga kita mempunyai banyak pilihan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sistem operasi Android digunakan untuk smartphone Samsung dan kawan-kawan, sedangkan sistem operasi iOS digunakan untuk iPhone. Bahkan kabarnya bahwa sistem operasi Android akan mulai digunakan untuk televisi pintar, tablet, lemari es, jam tangan pintar, bahkan ada kabar bahwa mobilpun akan menggunakan sistem operasi Android. Dengan kata lain akan banyak peralatan yang menggunakan sistem operasi Android sebagai sistem operasinya. Tapi taukah anda smartphone pertama kali yang dibekali dengan sistem operasi Android? Berikut ini adalah smartphone pertama kali yang menggunakan sistem operasi Android:

1.         Moto Droid 

Moto Droid diciptakan pada tahun 2009. Produk pertama yang menggunakan smartphone Android adalah HTC Dream. Namun produk ini kurang diminati oleh masyarakat di Amerika Serikat. Oleh karena itu hadirlah smartphone yang terkenal bernama Moto Droid. Smartphone ini hadir dengan body yang tipis dan memiliki keypad atau keyboard fisik yang bisa digeser. Smartphone Moto Droid, memiliki layar yang lebih bagus dari pada smartphone HTC Dream dan juga dari sisi marketing atau penjualan juga bagus berkat dukungan dari Motorola. Smartphone Moto Droid memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan iPhone, yang membuat banyak dari masyarakat yang lebih memilih membeli Moto Droid dibandingkan untuk membeli smartphone iPhone.

2.         HTC G1/Dream


Inilah smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android. Walaupun sebenarnya Google sudah memperkenalkan sistem operasi Android pada tahun 2007 tapi ternyata sistem operasi Android untuk smartphone pertama kali digunakan pada bulan Oktober 2008, dan produk yang terpilih untuk menggunakan sistem operasi Android adalah smartphone HTC Dream. Berbeda dengan smartphone Android di saat ini yang menggunakan layar sentuh secara keseluruhan, smartphone ini masih memiliki keypad atau keyboard querty walaupun sebenarnya smartphone ini juga memiliki layar sentuh. Dengan menggunakan smartphone ini, kita bisa membuka Gmail, Maps, bahkan membuka YouTube dari smartphone ini. Tapi layar yang dimiliki oleh smartphone ini masih terlihat kecil dan belum begitu bagus seperti generasi berikutnya.

3.         Google Nexus One
Google Nexus One diriilis pada tahun 2010. Smartphone ini adalah smartphone yang dibuat oleh dua perusahaan besar yaitu perusahaan Google dan perusahaan HTC. Mereka saling bekerja sama sehingga terciptalah sebuah produk yang dikenal dengan nama Google Nexus One yang merupakan produk smartphone pertama yang diciptakan oleh Google. Google Nexus One ini memang diciptakan memang untuk menyaingi kepopuleran iPhone pada saat itu. Google Nexus One mirip dengan smartphone saat ini karena smartphone Google Nexus One tidak memiliki keypad ataupun keyboad querty. Google Nexus One menggunakan layar sentuh secara keseluruhan. Dan juga Google Nexus One memiliki layar OLED dan juga memiliki desain yang bagus atau indah. Tapi layar yang dimiliki oleh Google Nexus One lebih kecil dibandingkan smartphone lainnya.

Tapi ada beberapa kendala yang dialami oleh smartphone ini untuk mendapatkan peminat atau pembeli smartphone ini. Yang pertama sudah banyak jenis atau smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android dan yang kedua produk iPhone 4 launching yang mengakibatkan banyak orang yang memilih smartphone iPhone 4 dibandingkan dengan smartphone ini untuk dibeli dikarenakan smartphone iPhone 4 dianggap lebih premium dibandingkan smartphone ini. Hal ini yang menjadikan peminat smartphone yang ingin membeli smartphone canggih tidak membeli smartphone ini dan malah membeli smartphone lain.

4.         HTC Evo 4G


Pada tahun yang sama dengan dirilisnya Google Nexus One yaitu tahun 2010, HTC Evo 4G juga dirilis. Produk HTC Evo 4G adalah produk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android buatan dari perusahaan HTC. Dengan layar yang lebih besar dibandingkan dengan layar smartphone iPhone yaitu 4,3 inchi sedangkan iPhone 3,5 inchi pada saat itu, menjadikan smartphone ini memiliki kelebihan dibandingkan iPhone dari sisi ukuran layar smartphone. Smartphone ini memiliki kamera 8MP dan juga menggunakan OS Android 2.1. Tapi jika pengguna ingin memperbarui atau melakukan update sistem operasi, hal tersebut bisa saja dilakukan. Memori internal dari smartphone ini cukup kecil yaitu hanya sebesar 1GB saja. RAM nya juga kecil yaitu hanya 512MB. Smartphone ini sudah dilengkapi oleh prosessor yang tangguh yaitu chip Snapdragon S1 dan mempunyai baterai sebesar 1.500mAh.

5.         Samsung Galaxy S

Samsung adalah sebuah perusahaan yang memproduksi barang elektronika yang berada di negara Korea Selatan. Sebenarnya perusahaan ini bukanlah perusahaan yang hanya memproduksi smartphone saja. Banyak produk lain yang dibuat oleh perusahaan ini selain dari pada smartphone, contohnya kulkas, televisi dan juga AC (Air Conditioner), tapi karena perusahaan Samsung sukses membuat Smartphone dengan menggunakan sistem operasi Android maka yang terlintas dipikiran kita ketika mendengan kata samsung adalah sebuah smartphone Samsung. Perusahaan Samsung ini mempunyai sejarah yang cukup lama, yaitu dimulai dari tahun 1969 sampai dengan sekarang. Yang artinya perusahaan Samsung sudah berumur sekitar 49 tahun berdiri. Dengan demikian, perusahaan Samsung merupakan perusahaan yang mapan atau sulit untuk gulung tikar.

Samsung Galaxy S dibuat pada tahun yang sama dengan Google Nexus One yaitu tahun 2010. Walaupun sebelumnya Samsung sudah merilis smartphone Samsung Galaxy dengan menggunakan sistem operasi Android 1.6, tapi banyak orang yang mengkritik smartphone Samsung Galaxy ini karena beberapa sebab. Sehingga munculah smartphone Samsung Galaxy S yang merupakan pengembangan dari smartphone Samsung sebelumnya.

Smartphone Samsung Galaxy S ini menggunakan sistem operasi Android 2.1 yang dapat diupgrade sistem operasinya menjadi sistem operasi Android 2.3. Smartphone ini memiliki RAM sebesar 512 MB dan juga memiliki memory internal sebesar 8 sampai dengan 16 GB. Kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S ini adalah 5 MP dan juga kapasitas baterai yang dapat disimpan sebesar 1.500mAh. Semakin lama smartphone Samsung ini semakin maju, yaitu yang terbaru mencapai seri kesembilan. Tentu saja smartphone Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus ini memiliki banyak penyempurnaan jika dibandingkan dengan smarphone Samsung Galaxy sebelumnya.
Scroll To Top