Teknologi canggih yang berkaitan dengan air

Air selain digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mencuci, memasak dan lain sebagainya juga bisa dimanfaatkan untuk bidang-bidang yang lain, seperti digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air bahkan digunakan untuk hal lainnya. Hal ini seiring berjalannya teknologi dan juga pengetahuan yang dimiliki oleh manusia pada saat ini. Manusia zaman dulu tidak terpikirkan untuk memanfaatkan air selain digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari nya saja, tapi pengetahuan manusia yang semakin maju membuat orang tersebut berfikir dan berinovasi dengan air sehingga bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya seperti contohnya pembangkit listrik. Bahkan saya pernah membaca bahwa suatu saat akan ada Charger yang dapat melakukan me charger handphone hanya dengan memasukkannya kedalam air. Hal ini tentu saja sangat berguna jika berhasil untuk direalisasikan, karena listrik sulit untuk didapat ketika berada di ruangan terbuka (kamping). Berikut ini adalah peralatan yang berkaitan dengan air:

1.       APS (Avtomat Podvodnyy Spetsialnyy)

Senjata ini adalah senjata serbu yang digunakan di bawah air. Senjata buatan Uni Soviet ini memang mirip dengan senjata AK 47 yang dibuat pada tahun 1970. Senjata ini dibuat oleh Tula Arm Plant. Kaliber yang digunakan alat ini adalah kaliber berukuran 5,66 mm dan mempunyai panjang sekitar 120 mm. Amunisi yang bisa dimasukkan kedalam alat ini sampai dengan 26 butir. Bentuk dari peluru ini memang tidak lazim atau aneh hal ini dikarenakan senjata ini menggunakan peluru khusus yaitu peluru 5,66 x 39 mm MPS berbentuk dart. Dengan menggunakan senjata ini, senjata ini bisa memuntahkan atau menembakan peluru 600 proyektil per menit dan kecepatan luncurnya mencapai 365 meter/detik, ini jika dilakukan di darat.

2.       Seabreacher

Mobil biasanya digunakan di darat. Dengan menggunakan mobil kita bisa melakukan perjalanan kemanapun yang kita mau. Mobil membuat perjalanan menjadi lebih mudah jika kita membawa keluarga yang lumayan banyak. Tapi jika kita ingin menyeberangi air, apa yang harus kita lakukan? Mau tidak mau kita harus menaiki kapal feri. Tetapi dengan menggunakan mobil Seabreacher kita bisa menyeberangi air dengan mudah. Mobil ini merupakan mobil anfibi, yaitu mobil ini bisa digunakan di darat dan juga dapat digunakan di air.

Mobil Seabreacher selain memiliki kemampuan yang bisa digunakan untuk berjalan di atas air. Mobil ini juga memiliki bentuk mobil yang cukup unik, yaitu berbentuk seperti ikan hiu, ikan lumba-lumba dan juga ikan paus. Mobil ini juga merupakan mobil anfibi pertama di dunia. Ketika pertama kali mobil ini dipamerkan kepada orang-orang, orang-orang tersebut berteriak karena mereka menganggap bahwa yang mereka saksikan adalah hiu beneran. Ternyata yang mereka saksikan adalah mobil ini.

Mobil Seabreacher ini adalah mobil buatan dari markas Norhen California. Dibutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk melakukan uji coba terhadap mobil ini. Pada tahun 2013 proyek ini resmi di luncurkan. Pabirk yang memproduksi mobil ini adalah Innespace Productions yang terletak di California, Amerika serikat.

Kecepatan yang bisa dihasilkan oleh mobil ini adalah sekitar 300 Tk dengan berat 612. Yang menajubkan dari mobil ini adalah mobil ini memiliki power to weight ratio (PWTR) mengalahkan mobil sport mewah seperti Ferrari ataupun Lamborghini. Hal ini dikarenakan mobil ini memiliki PWTR mencapai 490 sedangkan mobil sport hanya mempunyai 400-451saja.

Dengan menggunakan mobil ini, mobil ini bisa menyelam sampai dengan kedalaman 6 meter​. Yang menakjubkan adalah mobil ini tidak hanya bisa menyelam tetapi mobil ini juga bisa melompat di air dengan ketinggian 3,6 meter. Dengan menggunakan mobil ini kita bisa menampung bukan hanya satu orang saja tetapi kita bisa memasukkan sekitar 3 orang, 1 untuk pengemudi dan 2 untuk penumpang. Dengan demikian jika kita memiliki mobil ini kita bisa mengajak keluarga kita jika kita mempunyai keluarga yang sedikit. Semoga saja mobil ini dikembangkan lebih lanjut sehingga bisa memuat penumpang lebih banyak lagi sehingga lebih layak untuk dibeli.

Mobil amfibi Seabreacher ini mirip dengan mesin jet ski tetapi yang membedakan adalah penumpang dan pengemudi tidak akan mengalami kebasahan jika mengendarai kendaraan ini. Hal ini dikarenakan mobil ini ditutupi oleh lapisan yang sangat rapat sehingga tidak memungkinkan untuk air masuk. Selain itu mesin jet ski juga tidak bisa menampung penumpang yang lumayan banyak. Bukan hanya mirip seperti jet ski tetapi mesin ini atau mobil amfibi ini juga mirip dengan alat yang bernama kapal selam tetapi dengan ukuran yang lebih kecil lagi.

Meskipun mobil ini merupakan salah satu mobil yang keren karena bisa berjalan di darat dan juga berjalan di air tetapi mobil amfibi ini memiliki satu kekurangan yaitu mesin bensin yang membutuhkan udara sehingga menjadi sebuah kontroversional. Dengan perkembangan lebih lanjut lagi, mobil amfibi ini akan menggunakan mesin yang menggunakan tenaga listrik atau pun tenaga baterai.

Ketika pertama kali mobil ini dilaunching harganya adalah sekitar 1 juta rupiah tetapi sekarang mobil ini harganya menjadi 10 juta rupiah.

3.       Electrofisher


Ini adalah suatu teknologi yang digunakan untuk menangkap ikan dengan menggunakan bantuan arus listrik. Alat ini sudah banyak dijual di Indonesia. Dengan menggunakan alat ini kita bisa menangkap ikan tersebut dengan cukup efisien. Alat untuk menangkap ikan ini memiliki daya sekitar 200 V sehingga ikan​ yang terkena daya sebesar itu akan mengalami kematian.

4.       Rinspeed sQuba


Ini merupakan mobil yang digunakan untuk menyelam ke dalam air. Mobil ini memiliki sistem pertahanan air yang menyebabkan mobil ini tahan terhadap air sehingga ketika dipakai untuk menyelam air tersebut tidak akan memasuki mesin tersebut sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang agak lama tergantung dengan bahan bakar yang dimilikinya.

Mobil yang bisa menyelam ini tidak memiliki tabung oksigen yang terhubung dengan mobil ini. Tapi kita harus membawa tabung oksigen sendiri untuk bisa menggunakannya menyelam ke dalam air. Dan meskipun mobil ini bisa menyelam ke dalam air tetapi mobil ini tidak tertutup secara sempurna tapi agak sedikit terbuka sehingga menyebabkan air yang ada di luar tersebut akan masuk ke dalam mengenal penumpang. Mobil ini hanya sempurna tahan terhadap air untuk mesin nya saja.

5.       Jetlev-Flyer

Alat ini hampir mirip dengan mesin yang bernama jet pack, tapi alat ini mempunyai cara kerja yang agak sedikit berbeda dengan mesin jet pack. Cara kerja alat ini adalah dengan memompa air bertekanan tinggi yang dicampur dengan udara sehingga dapat menerbangkan orang hanya setinggi sekitar 6 meter saja. Alat ini tidak bisa menerbangkan orang lebih dari 6 meter. Sehingga alat ini memerlukan banyak penyempurnaan lagi.

Scroll To Top