Teknologi canggih yang menggegerkan dunia

Banyak memang teknologi yang menggegerkan dunia. Hal itu dikarenakan teknologi tersebut sulit untuk dibayangkan sebelumnya, tapi ternyata teknologi tersebut bisa diciptakan oleh umat manusia. Sehingga banyak manusia yang merasakan manfaatnya. Dan semakin lama teknologi tersebut semakin canggih. Hingga yang dulunya dianggap sebagai sesuatu yang mustahil, ternyata bisa diciptakan oleh manusia. Hal ini tentunya merupakan hal yang sangat positif mengingat banyak pekerjaan manusia yang sulit dilakukan manusia (bahkan mustahil dilakukan) ternyata bisa dilakukan saat teknologi ini ditemukan. Hal ini juga berimbas pada pekerjaan manusia saat ini yang semakin lama semakin kompleks dan rumit karena munculnya teknologi baru yang sulit untuk dicegah. Berikut ini adalah teknologi yang menggegerkan dunia:

1. Sarung tangan bisu

Teknologi ini memungkinkan seseorang untuk bisa mengeluarkan suara atau bunyi dari gerakan sarung tangannya​. Sarung tangan ini memiliki sensor elektronik ini dapat mengubah gerakan tangan yang kita lakukan menjadi suara audio vocal, yang suara tersebut keluar dari smartphone anda. Dengan menggunakan alat ini banyak orang bisu yang terbantu untuk dapat berkomunikasi dengan siapa saja (bahkan orang normal). Hal ini adalah hal yang positif, mengingat banyak orang bisu yang kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang normal. Hal ini dikarenakan tidak semua orang normal bisa menggunakan bahasa isyarat. Alat yang canggih ini bernama Enable Talk, ongkos yang diperlukan untuk produksi alat ini adalah £50, dengan menggunakan alat canggih ini, akan membantu 40 juta orang bisu di seluruh dunia.

Sarung tangan ini mempunyai dua fitur, yaitu fitur sensor dan juga fitur aplikasi penerjemah gestur. Peralatan canggih ini sudah masuk di Microsoft Imagine Cup 2012, yang berada di Sidney, Australia.

2. Charger tenaga air

Jika anda memiliki handphone terutama smartphone dan tablet, tentunya anda harus melakukan charger handphone anda tersebut ketika baterai anda lemah atau bahkan sudah habis. Hal tersebut akan menjadi merepotkan jika anda tidak menemukan kontak listrik untuk bisa melakukan charger tersebut. Juga dengan menggunakan charger handphone menggunakan listrik di rumah anda akan lebih memakan qouta listrik anda bukan? Sehingga anda bisa membayar lebih mahal jika anda sangat sering charger handphone anda. Tetapi jika ada charger yang menggunakan tenaga alternatif contohnya​ adalah tenaga air kenapa tidak? Dengan menggunakan charger tersebut, akan mengatasi permasalahan seperti tidak adanya stop kontak dan juga bisa menghemat penggunaanan listrik. Apalagi jika energi alternatif itu adalah air, siapa yang tidak memiliki air?

Saat ini sebenarnya alat charger dengan memanfaatkan sumber energi alternatif seperti ini sudah ada yang dijual di Indonesia. Contohnya saja alat charger yang digunakan untuk mencharge handphone atau smartphone dengan menggunakan tenaga alternatif seperti solar/cahaya matahari. Saya sudah memiliki alat charger dengan menggunakan tenaga matahari seperti itu, alat ini bisa membantu kita jika kita berpergian ke suatu tempat dan kita ingin mencharge handphone kita, tapi kita tidak menemukan stop kontak, maka kita tetap bisa mencharge handphone kita jika ada tenaga matahari. Tetapi alat ini mempunyai sedikit kekurangan, yaitu membutuhkan tenaga matahari sebagai energinya. Kalau kita membutuhkan melakukan charger di malam hari, kita tidak bisa melakukannya. Hal ini berbeda jika kita menggunakan alat charger dengan menggunakan tenaga alternatif air ini, kita tetap bisa mencharge handphone kita bahkan di malam hari pun jika kita memiliki persediaan air.

3. Quantum teleporter

Alat untuk melakukan teleportasi ternyata sudah bisa diciptakan pada saat ini, walaupun alat ini masih jauh dari kemampuan yang bisa dilakukan di film fiksi ilmiah, tetap saja alat ini​ merupakan sebuah alat yang cukup keren. Alat ini bisa memindahkan objek kecil ke tempat yang berbeda dengan cara menghancurkan benda tersebut dan dibuat kembali pada sisi penerima. Tapi benda ini hanya bisa melakukan teleportasi hanya untuk benda mati yang berukuran kecil saja, untuk benda hidup, alat ini tidak bisa melakukannya. Alat ini juga tidak bisa mengirimkan benda kecil secara keseluruhan fisik. Ada beberapa bagian yang tidak terkirimkan. Semoga saja alat ini semakin lama akan semakin canggih pada masa yang akan datang hingga kemampuannya bisa seperti film fiksi ilmiah.

4. Mobil Tesla

Menggunakan mobil tentunya adalah impian setiap keluarga di dunia. Tetapi menggunakan tidak semua orang bisa mewujudkan impian tersebut. Hal ini dikarenakan harga mobil yang bisa dibilang mahal dan karena banyak penduduk di dunia berpenghasilan rendah. Ada juga yang tidak memiliki mobil meskipun orang tersebut merupakan orang yang dapat dikatakan orang yang mampu, namun dia memilih untuk tidak membeli sebuah mobil karena bahan bakar mobil boros dan mahal. Tentunya masalah mahalnya bahan bakar tidak akan menjadi masalah jika mobil listrik sudah dipasarkan dan dimiliki oleh masyarakat. Masalah lingkungan juga akan mudah teratasi jika sudah memiliki mobil bertenaga listrik ini. Dengan menggunakan mobil listrik ini, polusi udara bisa diatasi menjadi minim dan kesehatan tentunya akan semakin lebih meningkat. Tentunya akan ada banyak sisi positif yang didapat jika mobil ini sudah di produksi.

Salah satu kendaraan mobil listrik adalah Tesla. Mobil Tesla ini merupakan mobil listrik yang cepat, aman, dan unik yang bisa dimiliki masyarakat di Amerika. Ada beberapa produsen mobil yang ingin membuat mobil listrik dengan kwalitas yang bagus, namun hanya ada beberapa produsen saja yang sanggup menciptakan hal tersebut, salah satunya adalah mobil Tesla. Mobil Tesla ini dinobatkan sebagai mobil tahun ini oleh MotorTrend (Car of The Year).

5. The eye tribe

Jika dulu manusia menggunakan keypad sebagai kendalinya, sekarang manusia sudah menggunakan layar sentuh untuk mengendalikan smartphonenya. Bahkan smartphone layar sentuh telah mengubah masyarakat di dunia. Banyak dari masyarakat yang beralih dari menggunakan handphone yang memakai keypad sebagai kendalinya, sekarang masyarakat lebih memilih menggunakan layar sentuh sebagai kendalinya. Hal ini adalah hal yang wajar dan masuk akal, karena menggunakan layar sentuh akan lebih mudah untuk mengendalikan smartphone ataupun untuk mengendalikan tablet. Tentu saja jika semakin lama teknologi akan semakin ke lebih maju, sekarang muncul teknologi kendali smartphone yang tidak menggunakan layar sentuh tetapi menggunakan kendali mata.

Teknologi untuk dapat mengendalikan smartphone atau tablet dengan menggunakan gerakan mata ini diciptakan oleh negara di Denmark. Cahaya infrared yang dilancarkan oleh pupil manusia ke perangkat pendeteksi. Untuk dapat menggunakan alat canggih ini, orang tersebut harus mengkalibrasi alatnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal ini diperlukan untuk mendeteksi karakteristik mata, sehingga bisa meningkatkan akurasi pelacakan dari tatapan seseorang. Pelacakan alat ini memiliki akurasi sekitar 0,5 derajat sudut visual. Alat ini memiliki potensi untuk mengubah cara kita menggunakan handphone.
Scroll To Top