Teknologi game di masa depan yang canggih


Dengan berkembangnya teknologi yang semakin lama semakin canggih, maka akan mempengaruhi juga dalam dunia permainan atau game, baik game untuk komputer ataupun game untuk smartphone. Yang lebih terlihat adalah game untuk komputer. Game zaman dulu yang hanya bisa memainkan game dengan gambar yang alakadarnya bahkan bisa dikatakan jelek, sekarang game bisa ditampilkan dengan grafis yang mendekati nyata. Tanpa teknologi yang terus berkembang, hal tersebut tidak bisa direalisasikan. Bahkan game yang sebelumnya tidak terjangkau untuk dibeli (karena harganya sangat mahal) ternyata sekarang bisa dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah karena harganya yang sudah terjangkau atau bahkan murah.

Dengan memainkan permainan-permainan di komputer ataupun di handphone, kejenuhan, stress, penat, bosan dan hal negatif lainnya bisa dihilangkan. Contohnya saja GTA 5 yang baru beberapa hari rilis sudah meraup keuntungan yang sangat banyak sekali, bahkan sampai triliunan rupiah. Hal tersebut bisa terjadi, karena memainkan game menyenangkan dan bisa menghindari diri dari real life yang terkadang sangat negatif yang akan membuat pusing tujuh keliling jika memikirkan hal tersebut. Walaupun terkadang, memainkan game tersebut tidak boleh terlalu sering karena akan mengakibatkan pemborosan waktu atau produktifitas yang menurun. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa memainkan game sebenarnya bisa meningkatkan kecerdasan tertentu. Dengan teknologi yang semakin canggih saat ini, tentu saja kesenangan dalam bermain game bisa semakin meningkat. Berikut ini adalah teknologi game yang akan ada di masa yang akan mendatang:

1.         Virtual Reality

Kalau zaman dulu game-game yang bisa dimainkan adalah game-game dengan grafis yang sangat sederhana. Sekarang game bisa memainkan dengan grafis yang sangat memukau bahkan mendekati nyata. Bahkan sekarang muncul teknologi baru yang disebut sebagai VR atau Virtual Reality. Dengan menggunakan alat ini, kita menyaksikan secara nyata apa yang ada di game yang kita mainkan. Jika kita menengok se sebelah kiri, kita akan melihat gambar yang ada disebelah kiri, jika kita menengok ke sebelah kanan, kita akan melihat gambar yang ada disebelah kanan. Dengan demikian kita akan merasakan sensasi yang lebih nyata.

Sekarang kita bisa memainkan virtual reality dengan sangat nyata dengan membeli peralatannya di toko-toko online di Indonesia dengan harga yang bervariasi yaitu dari diatas Rp 10.000.000. Pertanyaannya kenapa harga nya mahal, hal tersebut karena teknologi ini, merupakan sebuah teknologi baru, sehingga wajar kalau mahal, dulu ketika pertama kali handphone launching, harganya juga sangat mahal. Tapi setelah beberapa waktu berlalu, harga handphone semakin lama semakin murah. Bahkan teknologi VR sekarang sudah bisa dimainkan di PS4. Bayangkan grafis yang sangat oke dipadukan dengan teknologi 360 derajat bisa kita dapatkan dengan membeli peralatan VR khusus PS 4 dan dengan menghubungkannya dengan console PS4. Walaupun game yang bisa kita mainkan di PS 4 durasinya sebentar. Bahkan tidak mustahil jika nanti teknologi game smartphone atau game mobile bisa memainkan game dengan teknologi VR.

2.         Teknologi cloud based Service dan big data tecnology

Walaupun teknologi ini baru saja diciptakan, teknologi dengan menggunakan cloud ini bisa menjadi solusi untuk memainkan game dengan spesifikasi yang dewa namun kita hanya mempunyai leptop atau komputer yang speknya minim. Secara sederhananya kita bisa memainkan game seperti GTA V walaupun komputer kita spesifikasinya tidak memungkinkan untuk memainkan GTA V. Hal tersebut bisa terjadi jika kita menggunakan teknologi cloud. Dengan menggunakan cloud kita juga bisa memainkan game tanpa harus memiliki game tersebut. Sebagai gantinya kita diharuskan untuk membayarkan keanggotaan untuk bisa memainkan game-game berkwalitas tinggi yang ditawarkan. Sebenarnya game dengan teknologi website cloud ini sudah ada di Indonesia, cuman kurang populer. Hal ini wajar mengingat teknologi cloud untuk bermain games memang masih baru di negara Indonesia.

Penulis sendiri pernah menemukan salah satu situs website yang menawarkan game PC dengan teknologi cloud. Tetapi persyaratannya harus memiliki internet yang kencang, spesifikasi yang cukup, dan juga membayar keanggotaan untuk bisa memainkan game-game tersebut.

3.         Motion Sensor dan Neuro-gaming Technology

Teknologi motion sensor yang semakin maju, ternyata juga berpengaruh terhadap dunia gaming saat ini dan di masa yang akan datang. Dengan adanya alat sensor ini gerakan fisik yang kita lakukan akan bisa menggerakan karakter yang ada di game. Bahkan sensor ini memungkinkan untuk mendeteksi detak jantung. Dengan demikian memainkan game akan menjadi lebih asik karena terlihat lebih nyata daripada sebelumnya. Juga kontrol untuk memainkan game akan meningkatkan pengalaman yang lebih menyenangkan untuk para pemain. Game yang bisa dimainkan dengan menggunakan teknologi ini contohnya adalah olah raga panahan. Contoh alat motion sensor yang sudah diterapkan dalam dunia gaming adalah Playstation move, Xbox One Kinect, Leap Motion Sensor.

4.         Cross-platform Integration

Jika kita memainkan game komputer di leptop, tentunya kita tidak bisa memainkan game tersebut di smartphone bukan? Begitu juga sebaliknya. Tapi ternyata teknologi ini ternyata memungkinkan seseorang bisa memainkan game di komputer tetapi ketika kita menginginkan untuk memainkannya di smartphone, hal tersebut tetap bisa kita lakukan, hal itu menyebabkan kita tidak perlu khawatir dengan progress atau perkembangan kita ketika kita memainkan game yang kita mainkan tersebut. Ternyata Windows 10 sudah memperkenalkan teknologi ini. Dengan adanya Windows 10 ini maka perkembangan  game yang menggunakan teknologi Cross-platform akan semakin bagus dan nyata.

Untuk dapat mendukung game yang cross-platform ini, ada beberapa game engine yang sudah mendukungnya. Dengan menggunakan game engine kita bisa memainkan game-game baru yang cross-platform. Maka kita bisa memainkan game komputer atau pun di leptop, tapi ketika kita menginginkan untuk memainkan di smartphone kita tetap bisa memainkannya tanpa takut kehilangan progress kita, hal ini tentunya menjadikan teknologi ini menjadi teknologi yang sangat menarik sekali, dan juga keasyikan dalam bermain game akan meningkat, karena biasanya game-game komputer itu keren-keren tidak seperti game mobile, tapi kita ternyata bisa memainkannya di mobile.

5.         5G Network dan tournament online

Kita memasuki dunia 4G LTE pada saat ini, dan akan memasuki era 5G sebentar lagi. Hal itu sudah ditandai dengan diluncurkannya drone milik Google yang melakukan tes 5G pada tahun 2016 yang project rahasia tersebut diberi nama SkyBender. Dengan menggunakan teknologi ini kita dapat menjelajahi internet dengan kecepatan berpuluh-puluh kali lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan 4G. Dengan demikian kita bisa mengunduh game-game HD dengan sangat cepat. Pihak acara e-sport dapat melakukan pertandingan game di area yang super besar dan dibanjiri oleh banyak orang yang nantinya akan menjadi peluang penyelengara event turnament untuk menjual game HD nya melalui akses premium melalui online streaming.
Scroll To Top