Teknologi hebat yang terilhami dari teknologi fiksi


Ketika kamu menonton film fiksi ilmiah, kamu akan kagum dengan kecanggihan yang ditampilkan oleh teknologi tersebut. Kamu akan berfikir apakah mungkin membuat teknologi tersebut di dunia nyata, hal itu dikarenakan teknologi tersebut nampak mustahil untuk terjadi di dunia nyata. Tapi ternyata seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, hal tersebut ternyata terjadi dan bisa​ direalisasikan di dunia nyata. Walaupun kita tidak mengetahui apakah teknologi tersebut memang terilhami dari teknologi fiksi ilmiah ataukah hanya kebetulan semata. Tapi yang penting adalah, teknologi tersebut penting dan bermanfaat untuk umat manusia pada saat ini. Nah, berikut ini adalah teknologi yang diilhami dari teknologi fiksi ilmiah yang​ ada di komik maupun yang berada di film:

1. Mengangkat kapal dengan bola tenis


Mungkin ini adalah hal yang menggelikan. Seorang ilmuwan mematenkan temuannya. Temuan tersebut berisi cara untuk mengangkat atau menyelamatkan kapal dengan menggunakan bantuan bola tenis. Dengan bantuan bola tenis, kapal tersebut dapat di angkut kepermukaan dengan mudah dan tanpa kesulitan yang berarti. Cara ini pernah dilakukan di kejadian nyata dimana sebuah kapal di Kuwait tenggelam. Lalu cara menariknya adalah dengan menggunakan bola plastik sebanyak 27 juta bola plastik dan diangkut ke permukaan.

Tapi siapa yang menyangka bahwa temuan tersebut menyontek dari komik Donal bebek 16 tahun yang lalu. Di salah satu ceritanya terdapat bebek-bebek yang ingin menyelamatkan kapal yang sedang tenggelam, cara menyelamatkannya adalah dengan menggunakan bola tenis. Hal ini sudah bisa dipastikan adalah sebuah kebetulan.

2. Peralatan GPS yang terinspirasi dari komik Spiderman

Pernah mendengar alat yang bernama GPS? Alat ini mempunyai kepanjangan Global Position System. GPS memiliki dua jenis yaitu GPS tracker dan GPS navigasi. GPS tracker digunakan untuk diletakkan di sebuah benda lalu kemudian kita bisa melacak keberadaan benda tersebut, contoh dari benda tersebut adalah mobil dan motor, tapi tidak hanya mobil dan motor yang bisa dipasang GPS tracker, benda yang lain pun dapat dipasangkan alat GPS tracker. Sedangkan GPS navigasi adalah GPS yang berfungsi untuk mengetahui alamat dan rute dari suatu lokasi tujuan. Dengan menggunakan GPS navigasi diharapkan orang yang menggunakannya tidak akan tersesat dari tujuan.

Ternyata GPS tracker sudah ada di dalam komik Spiderman sebelum GPS tersebut di temukan di dunia nyata. Di komik tersebut dikisahkan bahwa Spiderman memasang alat GPS tracker yang dapat melacak keberadaan atau lokasi orang tersebut. Hal ini lah yang membuat banyak orang yang curiga bahwa GPS tracker sebenarnya adalah alat yang terinspirasi dari komik Spiderman.

3. Kacamata yang dapat mengeluarkan laser seperti di film X-Men

Kacamata ini adalah kacamata yang mirip dengan film X-Men. Dengan menggunakan kacamata ini, kita bisa mengeluarkan laser dari mata yang sangat mirip dengan komik dan film X-Men. Toko yang dimaksud adalah Cyclops. Tapi setidaknya jangan menggunakan teknologi ini dulu dikarenakan teknologi ini masih belum aman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan teknologi ini akan sangat berbahaya jika salah digunakan, mata bisa mengalami kebutaan. Mungkin di masa yang akan mendatang teknologi kacamata ini akan bisa lebih maju dan aman lagi sehingga tidak menimbulkan resiko kebutaan sama sekali.

4. Donal bebek menjadi inspirasi permainan Minecraft


Mungkin sebagian pembaca artikel ini pernah memainkan permainan game Minecraft. Permainan itu adalah permainan yang semuanya berbentuk kotak. Tetapi siapa yang menyangka bahwa ternyata permainan Minecraft terinspirasi dari komik Donal bebek? Pernah dikisahkan di dalam komik Donal bebek, Donal bebek tersesat di kota emas. Hal ini memiliki kesamaan dengan permainan game yang sedang populer pada saat ini yaitu Minecraf, sehingga tidak berlebihan jika dikatakan bahwa permainan ini terinspirasi dari komik Donal bebek.

5. Tameng Captain Amerika

Tameng Captain Amerika adalah tameng fiksi yang dapat menyerap semua serangan dari luar. Tameng tersebut di buat dari bahan vibranium yang merupakan logam terkuat di muka bumi. Hal ini menjadikan tameng Captain Amerika menjadi sangat sulit untuk dihancurkan. Ternyata teknologi ini sudah bisa diciptakan di dunia nyata. Professor Norm Wagner yang berasal dari University of Delaware berhasil menciptakan bahan atau substansi yang bisa menyerap dan dapat memantulkan pisau yang ditancapkan ke benda tersebut. Jika benda tersebut dikembangkan menjadi lebih jauh lagi mungkin saja tameng yang fiksi tersebut bisa diciptakan di dunia nyata. Andaikata hal ini bisa diciptakan, berarti akan timbul sebuah teknologi perang yang cukup canggih.

6. Senjata yang dapat menembakkan tali
 
Film Batman adalah film superhero dimana superhero tersebut tidak memiliki kekuatan super dan hanya mengandalkan alat dan kepintaran otak. Oleh karena itu, superhero ini menjadi super hero yang lebih realistis dari pada superhero yang lain. Karena lebih realistis, banyak masyarakat yang menyukai karakter ini. Karena cukup populer dan menjual, film Batman dibuat banyak serinya. Salah satu alat yang digunakan oleh Batman adalah alat untuk memanjat dinding yang ada di gedung. Alat ini memungkinkan Batman untuk naik ke atas gedung dan menyelinap. Ternyata alat ini memang benar-benar ada di dunia nyata. Walaupun alat yang tidak sesempurna alat yang ditampilkan di film, tetapi alat ini hampir mirip dengan alat yang ada di film.

Alat yang diciptakan sangat mirip dengan yang digunakan oleh Batman ini adalah alat yang bisa menembakkan tali dengan kecepatan 3 meter per detik. Alat yang dikembangkan oleh departemen Amerika serikat ini adalah alat yang digunakan untuk tentara yang ingin menaiki helikopter dari darat. Sehingga helikopter tersebut tidak usah mendarat untuk menaikkan penumpang. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat praktis.

7. Drone yang terinspirasi dari film Batman
 
Drone adalah sebuah alat yang digunakan untuk menerbangkan suatu benda tanpa awak dan hanya dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remot kontrol. Drone digunakan untuk berbagaim macam keperluan, baik untuk keperluan untuk pengambilan gambar, keperluan untuk meliput sebuah berita, keperluan untuk mengantar barang, dan lain sebagainya. Bahkan adal drone yang memang sengaja dibuat khusus untuk militer. Dengan modifikasi sedimikian rupa, alat drone bisa dipasang sebuah bom. Ketika drone tersebut diterbangkan dan melihat musuh di suatu tempat, drone tersebut bisa menjatuhkan bom yang dibawa drone tersebut sehingga akan mengakibatkan musuh hancur berkeping-keping.

Teknologi drone merupakan teknologi yang bisa membuat kita kagum. Karena kemampuannya yang bisa dibilang hebat. Tapi taukah anda bahwa drone ini pernah ada di dalam komik Batman jauh sebelum drone di temukan. Tepatnya pada tahun 1957, Batman memperkenalkan gadget yang bisa terbang dan dapat dikendalikan dari jarak jauh. Sehingga ada kemiripan antara alat drone yang diperkenalkan di dunia fiksi yaitu Batman dan drone di dunia nyata.
Scroll To Top