Teknologi-teknologi keren yang dikembangkan sejak awal perang​ dunia ke dua

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ternyata peperangan yang dialami oleh umat manusia ternyata turut andil dalam perkembangan teknologi saat ini. Banyak teknologi canggih pada saat ini adalah warisan dari perang di masa lalu. Contohnya saja saat Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Perang ini menimbulkan kerusakan dan kehancuran yang luar biasa. Peperangan ini juga termasuk salah satu peperangan paling kelam sepanjang sejarah manusia. Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa ternyata peperangan ini memiliki dampak terhadap teknologi saat ini. Berikut ini adalah teknologi yang akan menjadi terobosan di masa saat ini hasil warisan dari Perang Dunia I dan Perang Dunia II:

1. Tank


Teknologi tank ini sebenarnya merupakan teknologi saat perang dunia pertama. Teknologi ini sebenarnya dikembangkan secara sembunyi-sembunyi oleh pihak aliansi selama perang dunia pertama. Peralatan tank ini juga menjadi sebuah simbol di abad 20 ini. Tank ini tetap digunakan oleh manusia dikarenakan peralatan yang bernama tank ini menyimpan potensi yang luar biasa dalam peperangan, oleh karena itu manusia berlomba-lomba untuk mengembangkan alat militer yang satu ini.

2. Kacamata hitam

Kacamata hitam yang digunakan oleh masyarakat di dunia pada saat ini sebenarnya sudah ada dari tahun 1936. Perusahaan Bausch & Lomb pada saat itu, menciptakan kacamata hitam dan memproduksinya dengan maksud untuk digunakan oleh pilot-pilot penerbangan. Dengan menggunakan alat ini pilot tersebut akan terhindar dari silaunya sinar matahari. Dengan menggunakan kacamata hitam ini, orang ini dapat menghalau sinar matahari yang masuk ke matanya sampai dengan 80 persen, hal ini sangat menguntungkan pilot penerbangan pada saat itu karena alat ini dapat membantu untuk mencari keberadaan musuh di panas matahari yang sangat terik.

3. Virtual reality

Ternyata sistem yang hampir mirip dengan virtual reality ini, sudah dimiliki pada zaman peperangan pada zaman dahulu, namun tidak secanggih yang sekarang. Alat ini dikembangkan oleh DARPA. DARPA menggunakan alat ini untuk melatih militernya agar lebih mengenal medan pertempuran yang asli. Cara yang dilakukan adalah dengan memasang kamera pada sebuah mobil dan mengambil foto dalam beberapa interval tertentu. Foto tersebut dibuat menjadi gambar dua dimensi untuk dapat di eksplorasi seperti yang dilakukan oleh orang-orang​ pada saat ini ketika menggunakan Google Street View.

Teknologi VR ini sendiri menjadi populer di zaman sekarang dikarenakan banyak orang yang menggunakan teknologi ini untuk memainkan game menjadi lebih realistis dan lebih menyenangkan. Walaupun sebenarnya teknologi ini merupakan sebuah teknologi yang harganya masih mahal pada saat ini, namun tidak menutup kemungkinan bahwa alat VR ini akan semakin canggih dan lebih murah di masa yang akan mendatang.

4. Drone

Ternyata drone yang digunakan pada saat ini sudah ada konsepnya pada zaman dulu, tepatnya pada tahun 1916. Pada masa itu angkatan laut Amerika serikat membuat prototype pesawat bom nirawak. Meskipun hasil yang sempurna belum didapat pada saat itu, tapi tanda-tanda keberhasilan atau kesuksesan sudah mulai terlihat. Hingga akhirnya pada tahun 1973, seorang yang​ menyenangi pesawat John Stuart Foster membuat versi yang lebih baik dari pada sebelumnya. Keberhasilan yang diraih oleh John Stuart Foster tersebut ternyata disenangi oleh DARPA, sehingga kemudian terus berkembang sampai lahir sebuah pesawat yang saat ini dikenal sebagai pesawat drone.

5. Microwave


Peralatan yang sekarang populer untuk memasak dan menghangatkan makanan ini, adalah peralatan hasil dari perkembangan di zaman perang dunia ke dua dulu. Peralatan ini sebenarnya adalah peralatan yang ditemukan secara tidak sengaja oleh seseorang. Seorang ilmuwan atau penemu secara tidak sengaja menemukan coklat yang berada di kantongnya meleleh dikarenakan adanya gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh radio. Pengalaman ini dia dapatkan ketika dia melakukan percobaan dengan radio yang memancarkan gelombang elektromagnetik. Dia menjadi sadar bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh radio tersebut dapat memasak dan menghangatkan makanan. Hasil dari temuannya tersebut maka terus berkembang hingga akhirnya seperti saat ini yang di kenal dengan sebutan microwave.

6. Internet

Pada masa perang dunia pertama dan perang dunia ke dua, internet pada saat itu memang belum ditemukan. Tapi, gagasan atau ide tersebut sudah ada. J.C.R. Licklider mempunyai gagasan untuk membuat “Intergalactic Computing Network”. Teori yang dibuat olehnya ini menjadi sebuah landasan bagi ARPANET. Dengan ide untuk menghubungkan komputer di dunia agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Sehingga hidup bisa menjadi lebih berkualitas.

Teknologi internet sendiri merupakan teknologi yang sudah sangat populer pada saat ini. Bahkan banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa menggunakan teknologi internet ini. Banyak juga zaman sekarang pekerjaan yang bergantung dengan internet. Ide atau gagasan dari seorang bernama J.C.R Licklinder ini sangat bermanfaat untuk kita di masa sekarang. Tanpa ide ya tentu saja internet tidak ada pada zaman sekarang, atau internet tidak secanggih yang sekarang.

7. Kapal induk

Yang dimaksud dengan kapal induk adalah sebuah kapal perang yang dapat menampung banyak pesawat tempur yang dapat digunakan untuk meluncurkan pesawat tempur ataupun untuk mendaratkan pesawat tempur. Kapal induk ini adalah kapal yang mempunyai fleksibilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kapal tempur lainnya​. Kapal induk ini berfungsi bukan hanya untuk menyerang musuh tapi juga berfungsi untuk pengintaian, superioritas udara, dan memberikan bantuan kepada orang lain. Namun pada saat perang dunia pertama, kapal yang bisa mendarat di kapal yang sedang melaju belum bisa di ciptakan.

Setelah manusia berhasil meluncurkan pesawat pertama dari kapal yang melaju saat perang dunia pertama. Manusia terus berlomba-lomba untuk membuat inovasi di perang dunia yang pertama. Dan pada saat itu belum ada yang bisa mendaratkan pesawat pada sebuah kapal yang sedang melaju, dan sampai pada akhirnya negara Inggris berhasil membuat pesawat yang dapat mendarat di sebuah kapal yang sedang melaju. Penemuan tersebut lah yang menjadi cikal bakal dari kapal induk pada saat ini.

Negara Jepang melakukan eksperimen dengan meluncurkan kapal induk sederhana (berukuran sedang) yang didalamnya terdapat bermacam-macam pesawat tempur yang mematikan. Hal ini dilakukan negara Jepang pada saat penyerangan Pearl Harbour pada tanggal 9 Desember 1941. Pihak barat akhirnya menyadari bahwa ternyata kapal induk dapat menjadi serangan yang mematikan kepada pihak lawan. Pihak lawan kocar kacir pada saat penyerangan itu. Pihak Jepang berhasil menghancurkan kapal Pearl Harbour pada waktu itu, walaupun pada akhirnya pihak Jepang mengalami kekalahan karena di bom atom oleh pihak Amerika serikat. Tapi akhirnya Amerika serikat dan sekutunya lebih memanfaatkan teknologi kapal induk ini jika terjadi konflik setelah peristiwa Pearl Harbour ini.

Scroll To Top