Teknologi yang tidak bermanfaat yang pernah diciptakan manusia


Seperti yang kita tahu bahwa teknologi itu merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, dengan menggunakan teknologi pekerjaan yang sulit dan mustahil dilakukan oleh umat manusia, ternyata bisa dilakukan dengan lebih mudah. Walaupun jumlahnya sedikit ternyata ada teknologi yang tidak bermanfaat untuk manusia. Berikut ini adalah teknologi yang tidak bermanfaat untuk manusia yang pernah diciptakan oleh manusia:

1. Rubato clock

Setiap orang pasti memiliki jam, baik jam tangan maupun jam dinding. Dengan menggunakan jam seseorang bisa meningkatkan produktivitas pekerjaannya. Teknologi jam pada saat ini beraneka ragam, mulai dari jam yang menggunakan elektronik atau di charger, maupun jam yang menggunakan baterai. Bahkan ada jam yang menggunakan tenaga alternatif seperti menggunakan tenaga Surya ataupun tenaga alternatif lainnya. Tapi bagaimana pun jenisnya jam tangan tetap memiliki satu tujuan yaitu untuk menunjukkan waktu. Tanpa jam tangan, kita tidak bisa memanage waktu dengan tepat. Kita tidak bisa tepat janji jika kita tidak memiliki jam. Oleh karenanya jam merupakan suatu kebutuhan juga.

Jam rubato clock ini adalah jam yang memiliki cara kerja yang berbeda dengan jam pada umumnya. Dengan menggunakan jam ini kita bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan kita dengan membuat jam ini melaju lebih cepat dari pada jam pada umumnya. Pada awalnya jam ini bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan orang-orang yang memiliki jam ini. Tapi lama kelamaan, jam ini ternyata tidak bermanfaat lagi untuk orang-orang karena orang-orang sudah terbiasa dengan kecepatan laju dari jam ini, hal ini menyebabkan meskipun jam ini melaju lebih cepat dari pada jam pada umumnya, tetap saja pekerjaan orang lain tidak meningkat menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

2. Quitbit lighter


Rokok adalah sebuah produk yang cukup dinikmati oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan rokok itu membuat candu atau dengan kata lain membuat kecanduan. Sebenernya kalau kecanduan rokok, dan rokok bukan merupakan hal yang berbahaya untuk di hisap maka kecanduan rokok tidak lah apa-apa. Tapi yang menjadi masalah adalah rokok itu merusak kesehatan bagi para penghisapnya. Tapi sekarang muncul berbagai macam metode bagi pecandu rokok untuk menghentikan kecanduannya.

Bagi para pencandu rokok, hal yang terpenting dari rokok adalah api. Tanpa adanya api, tentu saja sebatang rokok tidak bisa dinikmati. Dengan kata lain rokok memerlukan korek untuk dapat menikmatinya. Oleh karenanya diciptakanlah sebuah ide untuk menghentikan kebiasaan rokok dengan menggunakan korek api khusus ini, korek api ini mempunyai penunjuk digital yang bertuliskan penggunaan terakhir dari korek api ini. Dengan demikian para perokok bisa mengetahui sudah berapa sering dia merokok. Hal ini bukannya malah membuat seorang perokok itu berhenti, tapi malah membuat perokok itu tergoda untuk menikmati sebatang rokok lagi, sehingga membuat alat ini menjadi salah satu alat yang gagal atau tidak berguna.

3. AromaCare


Pengharum ruangan adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengharumkan ruangan dengan cara menyemprotkan parfum. Dengan menggunakan pengharum ruangan, kita dapat membuat ruangan yang bau tidak sedap menjadi wangi dan lebih enak di cium. Sehingga jika ada orang yang bertamu kerumah kita, maka orang tersebut akan merasa nyaman. Dengan demikian pengharum ruangan merupakan peralatan yang dibutuhkan atau peralatan yang berguna.

Tapi ada alat pengharum ruangan yang bernama AromaCare yang dapat mengharumkan ruangan dengan terhubung ke handphone smartphone. Smartphone berfungsi untuk mengatur seberapa wangi parfum yang ingin di keluarkan, dan seberapa sering parfum dikeluarkan. Sebenarnya alat ini merupakan alat yang berguna jika memang harganya murah. Tapi yang​ menjadi masalah adalah harga dari alat ini yang kemahalan, sehingga menjadi salah satu alat yang tidak berguna. Harga satu alat AromaCare ini adalah 1,4 juta rupiah. Kalau kita berfikir dengan menggunakan akal sehat, tentunya harga seperti itu tidak layak untuk sebuah perfum saja. Sedangkan kalau kita membeli sebuah parfum, harganya jauh lebih murah. Jadi untuk apa membeli parfum seharga 1,4 juta?


4. Pause


Ada kalanya ketika kita menggunakan sebuah handphone atau smartphone, kita diharuskan untuk mematikan fitur wi-fi dan juga menghilangkan koneksi jaringan seluler, contohnya saja ketika kita berada di dalam pesawat. Oleh karenanya alat ini diciptakan. Alat ini merupakan alat yang berbentuk sebuah box metal yang dapat mematikan wi-fi ataupun koneksi jaringan seluler tanpa harus mematikan handphone tersebut. Lalu apa kelebihan dari alat ini selain untuk mematikan wi-fi dan untuk mematikan koneksi jaringan seluler? Tidak ada fungsi lainnya. Alat ini hanya berfungsi untuk demikian saja. Hal ini menjadikan alat ini merupakan alat yang tidak berguna, karena semua handphone smartphone sekarang memiliki fitur flight mode dimana dapat mematikan wi-fi dan juga koneksi jaringan seluler. Selain itu harga dari alat ini juga sangat mahal yaitu 40 dolar AS, sebuah harga yang mahal untuk sebuah alat yang tidak berguna.

5. NoPhone ZERO

Alat ini adalah alat berbentuk kotak yang terbuat dari bahan plastik berwarna hitam. Alat ini adalah plastik saja yang tidak memiliki fitur apa-apa. Harga dari NoPhone ini adalah 5 dollar AS. Meskipun tidak memiliki fitur apa-apa dan tidak dapat digunakan, NoPhone ini tetap diiklankan layaknya ponsel yang terkenal. Tapi jangan khawatir, ada NoPhone Selfie yang lebih berguna dari sebelumnya. NoPhone Selfie ini dibandrol dengan harga 15 dollar AS. NoPhone Selfie ini ditambahkan sebuah fitur cermin di di salah satu sisi plastiknya. Sehingga kamu dapat bercermin dengan menggunakan alat ini. Apa fungsi lain dari NoPhone Selfie ini? Tidak ada, alat ini hanya bisa digunakan untuk bercermin saja. Lalu pertanyaannya, apa bedanya dengan cermin saja? Produk nyeleneh ini dimaksudkan untuk mengkritik desain ponsel yang didewa-dewakan saat ini, karena saat ini desain dari ponsel hanya itu-itu saja.

6. Heatweed


Alat ini adalah alat yang digunakan untuk mencabut rumput dengan cara memanaskan rumput hingga ke akar tanpa menggunakan api. Waktu yang dibutuhkan untuk mencabut rumput tersebut sampai ke akar adalah 10-15 detik, hal itu dimaksudkan agar rumput tersebut tidak tumbuh lagi. Hal ini terlalu lama jika dibandingkan dengan menggunakan tangan sendiri. Karena jika kita menggunakan tangan sendiri, kita cuman memerlukan waktu hanya tiga detik untuk mencabut rumput sampai ke akar-akarnya.

7. Drowse Buster-E


Ketika kita menyetirkan sebuah kendaraan, tentunya kita harus terjaga penuh agar tidak terjadi kecelakan. Tapi banyak orang yang memaksakan diri ketika mengalami kantuk. Oleh karena itulah alat ini diciptakan, harga alat ini adalah 31 dollar, dan memang diciptakan untuk mencegah kantuk. Padahal rasa kantuk cukup dilawan dengan meminum kopi saja sudah cukup.
Scroll To Top